LaPer Garut D1

Laporan Perjalanan Garut

17 – 19 Agustus 2006

Libur panjang 17an Agustus tidak boleh dilewatkan niiy……..vi nyaris nda ada kegiatan, (gawats beneeer…) untungnya bigeps and the genk mengusulkan untuk ikutan ‘trip Garut’ yang diadain oleh ‘Odissey club-Al Azhar’……dan atas kerja keras Olive nglobi panitia….akhirnya dengan H2C gw berhasil mendaftar, padahal sebelumnya sempat pesimis juga niiy……soalnya pesertanya terbatas, Cuma untuk 20 orang dan dah full, juga waiting list-nya panjang…tapi atas usaha Olive….akhirnya vi berhasil lolos dan pas tau bisa ikut, langsung transfer Rp. 485.000 ke bank Mandiri, lunassss…..horeeee……

Rabu, 16 Agustus 2006

Sebenernya dah 2 minggu ini vi batuk, dan jadinya rada2 ga enak badan….soalnya tiap wikend ada aja acaranya……jadi sakitnya nda sembuh-sembuh…..dan hari ini kayanya raga gawat…..badan raga deman, batuknya parah banget, sampe temen kantor nyuruh pulang cepat…..akhirnya sekitar jam 2an vi pulang, langsung naik bajaj ke rumah……

Gawats niiiy…..secara besok kudu berangkat ke Garut……vi belum packing, ditambah pula vi sakit……sempet ngeri juga kalo ternyata besok sakitnya tambah parah……bisa batal brangkat ke Garut……huhuhu….rugiiii……

Sampe rumah langsung minum obat dan bobo aja, biar enakan badannya….

Malemnya bebenah, ngitung baju yang mo dibawa, jangan sampe kurang, tidak lupa memasukkan sweater (menurut gossip yang beredar tempat kita nginep rada dingin)…….blanja obat2 untuk dibawa, cemilan, cepuluh,cebelas untuk diperjalanan…..dan bobo rada cepet, soalnya besok kudu bangun pagi…(kumpul jam 7….gawat—gawat…)

Kamis, 17 Agustus 2006

Tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia…..mer…de…ka….sekali merdeka tetap merdeka……

Hari ini 17 Agustus, seharusnya orang2 pada siap2 upacara bendera, vi malah sibuk persiapan ke Garut ma temen di Batmus, yaitu = Endang, Endah/Ndul, Mary, Adel, Olive, Kak Mida (temennya Ndul)……sama sekali ga ada nuansa perjuangannya….Cuma partisipasi aja kita janjian pake kaos merah….dasaaar……

Bangun pagi……mandi aer anget…dan untungnya badan rada enakan, walau masih batuk, pake konstum ‘plesiran merah’ (dah janjian niiy ma yang lain)….sarapan, minum obat, pesen taksi…..coba telp bluebird…..maaf anda telah masuk dalam daftar antrian kami, mohon tunggu sebentar……alaaah lama niiiy…….coba telp. Express…..tutututtutut……laaaah….kog sibuk….coba lagi…..masih tutututtt…..aaaah…sebel….coba gamya…..sibhuk juga…..aaagggrh…BT kog semua menolak ‘order’an taxi gw siiiy…….ya sudahlah….setelah ‘download’ dengan bahagia…….akhirnya dengan langkah pasti nekat mo cari taksi di jalanan aja….

Sampe di jalan raya terdekat…..melongo-melongo….5 menit….10 menit….15 menit….mana taksinya yaaa…kog sepi….pada upacara semua yaaa……akhirnya diputuskan untuk naik angkot dulu ke Salemba, yang jalannya lebih besar dan lebih rame…..pasti banyak taksi nniiiy…..1 menit….buzz taksi penuh semua……2 menit….nda ada yaaa……5 menit…akhinya ada taksi kosong, biarlah taksi apapun yang penting kosong, akhirnya vi naik taksi Kosti yangberwarna ijo-orange, yang telah punya reputasi cukup ‘buruk’ sebenarnya, tapi apadaya….vi sudah terlambat……

Ngeeeng……pas lagi di taksi sekitar duku atas bigboss ‘Bigep’ – Endang telp = alu…..gi dmana vi….dah pada kumpul yaa, lg di sudirman niy…tunggu bentar yaaa…okeh deeh…..

sampe di Al-azhar ternyata macet…adaaaa aja…udah gw telat, masih aja ada hambatannya….turun taksi, langsung di panggil ‘ndul ma temennya (kak Mida) yang baru slese sarapan, kenalan ma ‘kak Mida……trus langsung bgabung ma yang lainnya, cipika-cipiki dan terlihat kekompakan kita yang berseragam kaos
merah, kita ber-4 pake kaos Plesiran Merah, adel pake ‘polo’ merah…..hihiihi…seru…..trus kita absen, dibagiin itinerary, pembagian kelompok mobil dan kamar dah tercantum di itinerary, dan ada beberapa dari kita yang terpisah (vi, ending, endul, dan mary di mobil 2, Adel, olive dan kak Mida di mobil 3) dan sedikit perkenalan serta wejangan dari panitia…….trusss….langsung menuju mobil masing2…

mobil yang digunakan untuk trip ini enak, dan nyaman (dikasi jempol untuk mobil yang enak dan nyaman…..), kita naik mobil L300 (katanya siy biasa untuk travel lintas jateng), kapasitas 8 orang (3-3-2+supir), kursi recycling, ac dingin, kaki bisa ‘selonjoran’….sip deeh pokoknya…perjalanan jadi nda’ pegal linu…..mobil ijo ini dihuni oleh 9 orang dengan pembagian alur : depan = pak Sigit (driver spanjaang jalan), Ndul (diatas mesin…panas booo….) dan Bang Napi (sang panitia), dibaris kedua = Endang, LV, Mary, selanjutnya dibaris terakhir = Dona, Ita, Leni (ketiganya satu gank yang akhirnya terkontaminasi segala kejailan kita)

perjalanan dimulai…..jeng-jeng-jeng…..

pertama-tama isi solar dulu….trus melaju menuju tol Cipularang – Padalenyi……selama perjalanan pertama aman…pada nerusin bobo….bengong-bengong meratiin jalan…..setelah sekitar 2 jam-an jalan kita berenti di stopan tol (dah mo pintu keluar cileunyi), seperti biasa langsung antri pipis, blaja2 minum di Alfamart dan poto2 (tetep…..dimana pun kudu ada barbuknya)……sekitar 30an menit kita istirahat, menggembungkan kembali pantat yang mulai tepos klamaan duduk…….

Perjalanan dilanjutkan kembali……keluar pintu tol Cileunyi…..menuju kearah Garut…..tapi kog macet yaaa…..ada apakah…???ternyata ada pawai 17an dan pasar, tapi setelah melewati keramaian itu…selanjutnya lancaaaar…..

Pemberhentian pertama kita adalah Candi Cangkuang….setelah parkir, langsung panik, cepet2 turut memboyong kamera masing2….celingukan kiri-kanan, pintu masuknya yang mana yaaaa….akhirnya ketemu juga gerbangnya…..langsung masuk….terlihatlah danau yang indah dan teduh (masih banyak pohon soalnya)….mulai cepret sana sini….trus mulai nyobain rakit….sampai akhirnya kita digiring masuk, dan menuju rakit yang akan membawa kita nyebrang…tapi pas naik rakit, dah ngatur duduk manis, eeeh…..disuruh pidah ke rakit sebelah soalnya ternyata kebanyakan….ga cukup, maka berpindahlah 24 orang kerakit disebelah, dan ngatur posisi lagi biar muat…..di rakit poto2 lagi, dan secara danaunya gw lebar, jadi Cuma sebentar aja kita dah mendarat di depan candi Cangkuang tersebut…….setelah rakit mendarat dengan rapi, maka dengan teratur kita turun (kalo ga teratur…..bisa ada yang kecebur…..)dan langsung disambut ma pedagang souvernir yang menjajakan dagangannya di sekitardanau…beberapa dah ada yang napsu untuk beli….tapi kita bersabar….ditahan yaaa….ini baru pemberhentian pertama, masih ada beberapa pemberhentian lagi……lalu kita langsung menuju pintu gerbang Candi Cangkuang…candinya siy kecil, tapi ternyata candi ini satu-satunya candi yang ditemukan di Jawa barat, dan sampai sekarang belum diketahui kerajaan mana yang membangun candi ini…..mulai hunting pojogan2 yang indah dan poto keluarga…..tapi ada kejadian yang nyebelin di Candi ini…..kehadiran 3 orang ABG penunggu candi yang ‘gatel’ banget ikutan poto2 bareng…sampe2 ndul kbagian ‘keakraban’ pas poto bareng (lirik ndul yang panik pas bahunya di pegang salah satu ABG yang ‘akrab’)….dan yang bikin sebel niiy…. ke-3 ABG itu ‘nangkring’ di tempat yang jadi ‘idaman’ semua orang untuk berpoto disana….hhhhuuuuhhhh….secara gw juga sbenernya ngarep pengen poto disana, akhirnya dialihkan di sisi lain candi……ya sudahlah…..bagus juga kooog….

Kita sempetin mampir ke ‘kampung Pulo’ yang terletak pas didepan lokasi Candi yang menurut info setempat dikampung ini masih ada keturunan asli ‘penjaga’ candi tersebut……rumah di kampung Pulo ini Cuma ada 7 rumah yang seragam dan saling berhadapan….dan ada 1 mushalla ditengahnya…..

Selesai poto2 narsis, istirahat….ada yang beli minuman segar…..duduk-duduk di teras, dan kita duduk di gazebo yang penuh dengan bunga bugenville…..trus kita kembali ke rakit dan….nyebrang danau…..dan kembali ke bisss…..untuk perjalanan berikutnya….

Hari sudah menunjukkan waktu Indonesia bagian makan siang…….tapi kog tidak ada tanda2 mo makan siang yaaa…..hallloooow…..laper niiiy……tapi perjalanan tetap dilanjutkan…..secara kita tetep lirik2 tempat makan yang bertebaran di sepanjang jalan, dan berusaha mendiamkan cacing2 yang dah pada demo dan nyaris chaos di perut kita……sabar yaaa….dikit lagi makan koog….tetap berharap dapat makan siang yang layak, secara waktu terus berjalan……dengan santainya ‘Bang Napi (Panitia yang menghuni mobil kita)…bilang makannya sekalian aja di Situ Bagendit yaaa…..ada banyak tempat makan disana……

Yaaa paaak…..(menjawab dengan pasrah walau dah kelaparan…..)….keluh….

Next destination…….Situ Bagendit……seharusnya siyy…danaunya bagus….tapi kog….jelek yaaa…..surut…..bedebu…dan panas….kalo menurut info lagi niiy…..lagi kemarau, makanya airnya surut, mninggalkan delta-delta ditengah danaunya…..pokoknya kalo mnurut vi ga bagus……

Sampai ditujuan, parkir mobil, dengan rada2 males kita turun (kalo bukan karena mo makanmalas juga kali….panas nda nahaaan), dan langsung menuju tempat makan, yang
katanya banyak…..tapi lagi-lagi kecewa….secara yang terlihat Cuma warung-warung yang kosong, dan tempatnya rada2 kotor gtu……akhirnya kita memutuskan untuk makan ‘lotek’ disuatu warung dan ternyata diikuti oleh banyak teman2 lainnya….padahal rasanya siy biasa, dan pedasnya…OMG….vi jadi nda napsu makan (jarang-jarang vi nda napsu makan, biasanya selalu napsu makan apapun….berarti ini parah skali…) Cuma maka 5 potong lontong dan masih menyisakan sepiring lotek yang tak tersentuh……sungguh saya kuciwa sekali…….

Untungnya (tetep ada untung…) ada kereta yang nda jelas juga, karena lingkaran lintasannya Cuma kecil sekali, maka kita beramai-ramai dengan sangat norak dan bahagianya naik kereta muter2, dikenakan ongkos Rp. 3000/orang, dan pas mo jalan rada mengkhawatirkan karena ada letupan2 yang mencurigakan….tapi untungnya jalan juga….lap I masih senang…..dada-dada kesana kemari sambil mendendangkan ‘Theme song Istana Boneka”, lap II sudah mulai bosan……dah mulali cuek…..lap 2,5…..keratanya mogok……hahahahaaaaa…….maka turunlah kita dengan tergopoh-gopoh, secara itu kereta tinggi juga…..

Turun kereta kita langsung keluar, bergabung ma temen2 lainnya yang ternyata dah nunggu diluar….ada beberapa yang ngajakin berakit ke tengah danau…tapi melihat airnya yang surut, jadi nda napsu, walaupun diiming-iming poto nan ciamik…..tetep nda napsu…..lalu kita kembali ke mobil masing2 yang adem…..pas mo jalan ada lagi yang ketinggalan, dicari2 ternyata dia lagi shalat, tapi kog nda bilang2 yaaaa……siapa ya itu…????entahlah lupa namanya…..

Perjalanan dilanjutkan menuju penginapan di Cipanas….diperjalanan kita dah teller…pertama karena masih laper, kedua dah capek juga kali……

Akhirnya selama diperjalanan mnuju Cipanas, kita ga terlalu exciting, cma bngong2 aja, ada yang bobo lagi malahan…..sekitar sejaman kita akhirnya sampai juga di Cipanas….nama penginapannya apa yaaa….(saking malunya ma penginapan itu, jadi sengaja dilupakan…..dah minder ma penginapan di depan penginapan kita yang indah banget, Sumber Alam)

Trus pembagian kamar…..setelah berbinun-binun, akhirnya kita dapat satu kamar ber-9…gileee…rame amat yaaa….penghuninya yaitu = LV, Endang, Adel, Mary, Olive, Kak Mida, Leni, Ita dan Dona…..jadi dari kita ber-7 Cuma Ndul aja yang kamarnya terpisah dari kita…..tapi untung ada yang terpisah, soalnya kamar mandinya Cuma 1, jadi berasa banget ngantrinya…….dengan terpisahnya Ndul, kita bisa enak kalo mo numpang-numpang……hehehehee……

Selesai urusan pembagian kamar, kita langsung ngabur keluar….cari makan….lapeeeer……pertama kita mampir dulu di warung depan penginapan…..langsung pada bli macem2…vi bli shampoo, ada yang beli sendal jepit, dll……selesai bli2….kita jalan lagi kebawah….celingukan kiri kanan…kog nda ada tempat makan ya…..binun juga ditempat yang katanya tempat wisata gni kog nda ada tempat makan yangbuka yaaaa…..akhirnya kita Tanya-tanya…..dan akhirnya kita naik angkot aja…bayar Rp. 2000 saja…..di angkot kita celingukan lagi, harap-harap cemas liat tempat makan, akhirnya kita menemukan suatu tempat makan rumahan yang dari luar siy kelihatan enak..(maklum dah sangat kelapan, jadinya apapun terlihat enak…..) dan dengan penuh napsu membara kita langsung serbu itu tempat makan, liat menu yang masih tersisa, dan mulai menentukan pilihan masing, dan secara kita dah nyerbu dengan sangat buas, si ibu pemilik tempat langsung memasrahkan kita untuk ambil nasi beserta lauk pauknya masing2, maka mulai beraneka makanan kita santap, sebagai balasan atas ketidaknyamanan makan siang yang telah kita lalui…..vi makan pake pepes tahu, oseng kentang, sayur kacang tanah, dan ayam yang keeraaas….sampai ga tega makannya…ada yang pesan sop buntut, sop kikil, ikan kecil2, dan lain-lain sesuai selera masing2….nyamnyamnyam….

Selesai makan mulai ngantri buat pengakuan dosa tadi makannya apa aja…..ada yang mulai berkeluh ‘wah kita makannya ditembak niiy….’ Ada yang Cuma makan Rp. 5000 (soalnya mang porsi irit, kalo vi makan) Rp. 12.000an aja….lmayan kenyang mpe malaam……

Trus kita balik ke penginapan naik angkot lagi…sampe penginapan, ambil nomor antrian kamar mandi, secara itu kamar ber-9 dan 1 kmr mandi, maka kudu bergantian…..vi akhirnya mandi di kamar lain, yang kebetulan penghuni kamarnya dikit, dan blum pada mo mandi….

Kamar mandinya sebenarnya enak, karena berbentuk kolam rendam, tapiii….berhubung disini semua kudu mandi, jadi nda mungkin brendam kleee…..jadi mandinya kudu duduk di lantai dan aernya……paaanaaaas…..gawat….secara sore itu blum tlalu dingin…..mnurut saran beberapa temn airnya ditiup dulu, atau didiamkan sebentar, jangan langsung diguyur (gawat-gawat….kapan mo slesainya niiy urusan mandi)…

Setelah semua warga kita selesai mandi….kita duduk-duduk ngrumpi dan hinamenghina penuh keriaan….soalnya malam ini nda ada acara, maka kita berinisiatif untuk mengisi kegiatan malam ini untuk mengunjungi penginapan nan indah yang ada di depan penginapan kita…Sumber Alam…masuk dengan sangat PD….pelongok sanasini…dan terpampanglah pemandangan dan indah menawan hati (aalaaah…bahasa apaan siiy yang gw pake…) pelayan hotelnya lmayan baik, dengan membiarkan kita masuk untuk melakukan sedikit kerusuhan…karena ada yang langsung panik penuh kekaguman secara lanscape n exterior hotel itu keren n bagus banget…..nuansanya ndusun skaleee…ditambah dengan penerangan dari lentera2 dan cottege di atau danau teratainya…waaaah keeereeen…..dan kita juga langsung inisiatip poto2, walaupun gelap nda klihatan apa2tetep usaha bgaya dan senyum2….dasar banci poto….

Puas keliling2 dan poto2 kita keluar dengan tertib, dan dengan ‘noraknya’ kita lewati jalur ‘batu refleksi’..heheheheee

Selanjutnya kita balik ke penginapan, tapi kog sepi yaa, akhirnya kita coba jalan ke’atas’. Ternyata itu tempat terminal dan parkiran gtu, tapi lebih hidup
dan banyak warung2 makan….(tau gtu tadi siang ksini aja ya…), kita akhirnya memutuskan untuk memasuki sebuah warung dan pesan minuman anget, beberapa ada yang pesan makan lagi….tapi lumayanlah disini makanannya lmayan enak, tapi kog tetap sekali proses pembuatan makanannya….

Diwarung ini kita kenalan ma 3 cwe yang lagi nekat jalan2 ke garut, dan jadi tanya2 tentang BatMus…jadi rame aja .

Dah abis semua minuman anget dan makan2 serta ngobrol2 kita balik ke penginapan, di kamar ternyata kak Mida ngeglar tempat bobonya dan dah bebaring dengan nikmat….jadi mau….dan malam itu temn2 yang lain ngajakin muter2 garut dimalam hari, tapi kayanya vi dah ga mood, maka vi putuskan untuk ikutan bobo, dan mulailah ritual menjelang bobo; sikat gigi, cuci muka, cuci kaki, ganti celana bobo, pake sweater dan menuju tempat tidur….berdoa….dan bobo…..zzzzzz


div.itemactions a, div.ritemactions div.addthis_toolbox a { text-decoration: none !important; border: 0 !important; -moz-box-shadow: none !important; -webkit-box-shadow: none !important; box-shadow: none !important;; padding: 0px !important; background: none !important; }

Blog Entry cirebon – Linggarjti Jun 28, ’06 12:28 AM
for everyone

PTD with batmus ke Cirebon-Linggarjati

sabtu – minggu 24-25 Juni 2006

PTD kali ini vi ngajakin mama ikut PTD luar kota, secara mama jarang banget jalan keluar kota dan kalo jalan ma BatMus, kenyamanan rada terjamin, jadi enak juga ngajakin mama,

pagi-pagi dah bangun niy….soalnya kudu kumpul di parkir timur (sebelah hilton). untungnya malem dah beres packing, jadi pagi ini dah ga buru-buru lagi. tapi berhubung bersama mama, jadi tetep kudu ngliat bawaannya yang ga bisa dikit…….akhirnya sekitar jam 6an kita berangkat dianterin ma papa ke Parkir timur Senayan……..

sampe Senayan…..ternyata dah pada kumpul…..langsung bersapa-sapa, setor muka, cipikicipika, daftar, ambil nametag, sarapan nasi uduk + aqua botolkecil…..mulai poto-poto….celacelaan……trus ada sedikit pembukaan dari panitia BatMus…berdoa bersama….menuju Bis yang terbagi dua (ada bis kecil dan bis besar) vi bergabung di bis besar dan duduk di bangku kedua dari depan, secara mama suka ‘mabuk2an’ kalo diperjalanan, makanya pilih duduk depan aja, demi kesehatan dan kesenangan bersama….hehhee……

akhirnya dimulailah perjalanan yang panjaaaang……..awal perjalanan dibuka dengan membaca komik…..hehehe……karena tau perjalanannya bakalan lama dan ngbosenin, maka dah siap dengan komik dan buku ‘Nayla” – Djenar M A…….selesai baca komik….koq garink yaaa…..bengong-bengong…..sebagian dah ada yang tidur……akhirnya mulai niy ekspansi ke belakang, bergabung ma tiwi, ninta, dll untuk ngobrol2 ga jelas, becanda-becanda, dll……sampai akhirnya kita mampir di ‘toilet VIP’ untuk pipis bareng……hehhehee……sehabis pipis….masih istirahat (katanya siy….glurusin kaki…..) plus masih poto2……(ga ada matinya kalo dah urusan poto2…..) perjalanan dilanjutkan langsung menuju Cirebon…..

sesampainya di Cirebon kita langsung makan di “Kang kabayan”….mmmhmm nyummiee…..secara gw orang perama yang ngatri makan…..jadi bisa puas2sin ngabil yang gw suka…..(gimana ga gembul…..)……kita makan di saung sambil lesehan, sementara beberapa orang tua lebih milih makan di meja+kursi……selesai makan, sholat, truuusss…..poto-poto lagi…..

lanjut niy abis makan kita ke Linggar jati ke rumah perundingan LInggar jati (masih inget ga siy….jaman sekolah dulu kudu ngapalin isi perjanjian linggar jari + siapa saja yang mengikuti perundingan….keluh……)…..sesampainya di rumah Linggarjati yang indah ini…..langsung pada ga sabar mo poto2, padahal ada ‘guide’nya yang dengan bersabar ngejelasin perihal rumah ini…..setiap sudut rumah ga boleh terlewatkan dari ‘jepretan’ kamera……sampai di halaman, tangga, hingga akhirnya kita semua poto bareng di halaman muka dengan spanduk ‘BatMus’….pas mo pulang masih ada yang belanja oleh2…..mama juga beli siy….beli ‘tape ketan’ yang dibungkus daun (jati mungkin……ga tau juga daun apaan……) dan rasanya enak….(teteaup….urusan makanan enak……gw banget…..)

tujuan selanjutnya kita mampir di rumah ‘jadul’ juga yang dulunya di tempatin ‘Sutan Syahrir’ waktu perjanjian linggar jati…..dan tetep poto-poto lagi……padahal rumahnya siy kecil dan ruangannya juga cuma dikit kalo dibanding ma rumah pertama tadi…..tapi tetep ada pada sibuk mengabadikan diri dengan sejuta gaya……

selesai kunjungan siang ini, kita menuju ke hotel, ceritanya siy mo istirahat menjelang dinner……kita nginep di ‘Hotel Santika’…….dan kamar dah dibagi-bagi, jadi vi dan mama terdampar di lantai 2 paling pojok no 224 dan ternyata di lantai ini tempat berkumpulnya ‘oma-oma dan yang bawa keluarga’ seperti gw contoh mudahnya……

selesai taro tas n nganter mama kekamar, cek ini itu….akhirnya vi turun lagi ke lobi, depan lift ketemu adep, bang joe dan bang ican trus bergabung dengan ninta, tiwi, deedee dan anne…mulai lagi ngobrol2 dan cerita-cerita lucu…….sebelum naik ke atas, kita mampir duluke swimming pool mo liat sapa aja yang berenang, dan lagi ngobrol2 tiba2 muncul bang Ican yang dengan tampang…….(ga jelas juga niy tampangnya antara kesakitan, sebel) dan bilang “waah kayanya gigi gw patah niiy…..” dan dengan kadar keprihatinan kita (vi, tiwi, dan anne) yang dikit, bukannya kasian malah langsung ngetawain dan menghina-hina bang ican yang gigi depannya patah setengah jadi kalo nyengir bolong……(masih inget………maaf ya bang icaaan…….semoga dimaafkan….) tapi kita tetep perhatian karena langsung nyariin es batu, karena sepertinya dagunya bang ican memar…
…trus temen2 yang tadi berenang juga kumpul, trus buat pernyataan kalo ternyata bang ican tuh salah ‘nyebur’ ke tempat yang ‘kurang dalam’ jadi ‘kepentok’ ma lantai kolam………bang ican yang malang……(hehehehe…..) akhirnya bang ican ga jadi berenang deh…..dan karena dia dilantai yang sama ma tiwi dan anne akhirnya kita bareng2 naik…….dan vi mampir ke kamar tiwi dan anne di lt. 4….depan lift ketemu ma adep dan dia binun karena bang ican lagi ngompres dagunya, dan bertanya2 ma kita, lalu kita menjawab…..bang Ican ‘injure’ sambil tetep ngloyor ke kamar…..

Abis maghrib kita kumpul lagi….pas di lobby ketemu ma bang Ican dan bukannya berusaha menunjukkan tampang prohatin malah cengengesan, dan nanya2 masalah gigi……sambil diketawain……sekali lagi maaf ya bang Ican……Malam nya kita makan malam di istana negaranya kota cirebon. Namanya Gedung Negara. Wah serasa tamu kehormatan deh, soalnya disambut segala, mana tim penerima tamunya pakai seragam batik semua… he he he…sementara kita dengan pakaian yang aneh2…..ada yang pake seragam basket segala….(lirik tiwi….)….serasa orang penting nih. Gedung nya mirip sama istana negara
kita makan malam dengan ’empal gentong dan nasi jamblang’ katanya siy makanan khas Cirebon……dan ada hiburan penyanyi segala…..jadi senaaang…..selama makan masih aja poto-poto dan ketawaketiwi……selesai makan ada sedikit sambutan dan cerita sejarah gedung Negara ini, tapi ga nyimak tuh….(dah siap terima kiriman cerita lengkap dari Irma…..yang super lengkap……) sibuk ngobrol ajah…….palagi bang Joe dan Ican ikut bergabung di meja kita, tambah ramai deeh……….trus ada ‘ice breaking’ dari panitia….maka meriung lah kita semua…….

setelah poto bareng di depan ‘Gedung Negara’ kita kembali ke hotel…..pas masuk kamar kog ga dingin yaaa.akhirnya telp orang hotel, dan ternyata AC kamar vi rusak, jadi kudu dibenerin….keluh……sementara tiwi dll ngajakin jalan2, terpaksa ngeburuin teknisinya ngeresin AC baru bisa pergi…..

malam ini kita pintong ga jelas, awalnya ‘mas Adi dari Tamasya’ yang mo ngasi tau jalan, tapi akhirnya kita carter angkot (kali ini Deedee yang jadi ‘preman nawar angkot……) dan kita diturunkan di sekumpulan warung di daerah ‘kasepuhan’…..langsung ambil tempat….pesan minumanan anget….(vi pesan teh poci dan roti bakar……) obrolan malam ini ga jelas, garink-garingan…….ketawa-ketawa ga jelas…..dan akhirnya kita buat predikat garingk (garink 2 niy gw……) soalnya mang garink banget…..tapi yang paling heboh tetep masalah giginya bang Ican…..sampai kita buat gaya poto ala ‘gigi bang Ican’………heheheheeee…….pulangnya niy yang binun…….sempet jalan bentar, mo nyari angkot koq nda ada yaaa…..akhirnya kita naik beca deh……

sesampainya di hotel….kita memaksakan diri untuk poto depan tulisan ‘Hotel Santika’…..dan baru deh masuk ke dalam…..(dah jam 1 niiiy…)……balik ke kamar, bersih-bersih, shalat, dan baik ke kamar tiwi niatnya mo nonton bola, tapi ga lama, trus balik ke kamar dan bobo…..

pagi2 mama dah ribut ngbangunin shalat subuh, trus ada ‘morning call’ dari hotel (gw pikir sapa pagi2 dah telp….dah mo maraah….masih ngatukkk….) akhirnya jam 6 kurang bangun, shalat subuh, mandi, bebenah, dan turun sarapan……akhirnya berkumpul lagi…….sebelum berangkat kita poto2 bareng dulu di depan lobi hote, tetep dengan spanduk……

tujuan pertama pagi ini adalah Keraton Kasepuhan (yang ternyata letaknya tepat di belakang warung kita pintong semalam….) dan mulai lagi aktivitas poto-poto….tapi gawat niy….ternyata batere vi sekarat…..waduh…mana hari ini masih banyak tempat yang mo dikunjungin…….gawaaatssss…….di keraton ini kita liat ‘kereta kencana singa barong’ yang konon udah berumur 500th dan legendaris…..trus kita masuk kedalam keratonnya…..ga besar kaya keraton di jogja, tapi lmayan masih rapi…..

keraton selanjutnya adalah Keraton Kanomanan…….katanya adeknya kasepuhan…..disana kita masuk dari pintu belakang dan langsung disambut ma penjaga bebaju item2, sempat takut juga niy, dikirain nda boleh masuk…..trus kita liat-liat lagi…..disini ada sebuah pintu gerbang (mirip ma gerbang yang terkenal di paris itu lha….gw lupa namanya……tapi berwarna teracota dan kecil) kraton ini menurut vi kurang terawat jadi rada kumuh…….dan sewaktu kita liat di ruang pamer kereta….duuuuh debunya…….tapi di keraton ini nuansa adat china nya sangat kental. Dinding2 tembok kraton nya dihiasi piring2 keramik antik dari china yang umurnya sudah ratusan tahun. Tapi ada juga bagian tembok yang hiasan keramik nya adalah
tiles antik dari jaman belanda. Koq gue tahu? Karena gambarnya kincir angin gitu loh! Oh iya, pangeran dan putri dari kraton Kanoman ini juga menyempatkan diri foto bareng kita. Tapi pangeran nya sedang sakit gitu… tangan nya bergetar terus, kelihatan nya sih penderita
Parkinson. Kasihan deh.

keraton terakhir adalah keraton Kacirebonan……di sini lebih menyenangkan……pas bis kita masuk langsung disambut ma penjaga pintu dengan pakaian jawanya, trus dah ada yangmain gending……dan kita langsung disambut ma pangerannya keraton ini, langsung cerita2 dan baik sekali……kita diajak langsung masuk ke dalam yang sekarang sudah difungsikan juga sebagai rumah tinggal……dan lucunya niy…..ternyata kita punya kembaran sang pangeran…..yaitu mas Agung…..maka didaulatlah meraka berdua untuk poto bareng
siang ini kita makan siang nasi timbel di …..(lupa nama tempat makannya,,,) disini kita nonton rekaman ‘adep’ yang suting di trans di acara…..(lupa juga nama acaranya, pokoknya ada Indra bekti dan okky…).

next destination…….Balai Kota Cirebon……sebenarnya dah ga semangat niy….soalnya panas banget…….tapi the show must go on…..disini ada kejadian seru……ada 1 peserta menghilang…..paniklah panitia….dicari kesana kemari, dipanggilin pake toa, GA NEMU JUGA…..di telp ga aktif (ternyata pake flexy jakarta…plis deh….di cirebon gitu loooh) dan akhirnya Ninta dan Bang Joe keluar dan tampaklah di kerjauhan……..ternyata……dia dengan santainya ke ATM (nda bilang2…..)…….pas sampe langsung di marahin ma ‘Ibu Wisda’ – anak nakal….pergi nda bilang2……..masih ada 2 tempat lagi niiiiy…….yuuuuk……

Perjalan terakhir ke Gua Sunyaragi. Gua2 karang ini adalah buatan manusia. Jaman dahulu dibuat untuk keperluan semedi dan melakukan tapa. tapi di sini panaaas…..sekliii…..mana guanya semppit…..secara gw rada gembul, jadi ga nyaman aja berbungkuk2 masuk……kalo secara keseluruhan tempat ini jadi ngingetin ma film ‘tomb rider I yang di Angkor Wat’ cuma ini versi keciiil……..

akhirnya kita ketempat kunjungan terakhir…..yaitu pengrajin baik Trusmi……berburu baju batik……mulai dari daster, celana pendek/panjang, kain baik (mulai dari 50rb – tustus ribu…..)….seru-seruan aja belanjanya…….

selesai belanja…….akhirnya selesai juga perjalanan ini…..tinggal pulang niiiy……duuuh masih 5 jam yaaaa….perjalanannya……tapi……..kita akan makan malam di….kalo ga salah siy pesona laut……..tempatnya enak….masakannya enaak……dan masih ada PR dari panitia yang kudu diisi…..(kayanya setiap ngisi angket ini jawabannya selalu sama yaaa…….)

kita berhasil mendarat di Senayan lagi sekitar jam 11 malam…….dan uni deedee langsung pesan 21 taxi untuk mengantar kepulangan para BatMuser…..yang dah ngantuk dan lelah……

senangnya……bisa jalan-jalan………


div.itemactions a, div.ritemactions div.addthis_toolbox a { text-decoration: none !important; border: 0 !important; -moz-box-shadow: none !important; -webkit-box-shadow: none !important; box-shadow: none !important;; padding: 0px !important; background: none !important; }

Blog Entry Jalan-Jalan ke Curug Cileumbeur – Cibodas Jun 7, ’06 2:05 AM
for everyone

Jalan – Jalan ke Curug Cileumbeur – Cibodas,

bersama para selir (Shella, Nurul, Surmi dan Dewi)

rencana perjalanan ini sebenarnya rada dadakan, tapi respons dari para selir ini lumayan bagus, dan sebelumnya vi dah imel tentang kenyataan “beratnya medan” perjalanan yang harus ditempuh, dan banyak tempat-tempat yang ciamik (kata-kata andalan gw niiy) buat poto-poto…semoga para selir tidak mogok….ga bawa porter soalnya…..hihiiihihihiii…

janjian pagi jam 7 (katanya, kenyataanya gw baru nyampe ma Nurul jam7-an lewat……heeheheh) di p4an Cocacola (yang angker itu….) trus kita niatnya mo naik bis yang langsung lewat puncak, tapi apadaya akhirnya naik bis yang kebogor dulu……sepanjang jalan rameee….aja celotehan ini itu…..sampe bogor, setoran “pipis” dulu di belakang PizzaHut…(cari yang gratisan dan bersih…)trus hunting angkutan, nawar2, akhirnya kita mendapatkan angkot yang mo langsung anter kita sampe “gerbang cibodas” dengan biaya 15 rebu….

sampe depan gerbang kita langsung ditodong bayar retribusi Rp. 2.000…..dan sepanjang jalan menuju gerbang TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) dah banyak pedagang yangmenjajakan dagangannya. mulai dari wortel, sampai kelinci yang lucu-lucu dan para selir langsung buat list oleh2………akhirnya kita beli ubi “Cilembut” yang konon nikmat sekali kalo dimakan panas2 buat bekal kita dijalan, biar ga kelaperan…….

dari jalan raya kita berbelok menuju gerbang, dah mulai nanjak niy….di gerbang TNGP kita bayar lagi retribusi R. 2.500 trus poto-poto di gerbang dan peraturan buat “barbuk”…...selesai poto langsung dihadapkan pada tangga batu yang terus menanjak seakan ga ada abisnya….hikksss…….tapi sepanjang perjalanan teuteup poto-poto, alasan aja siy biar istirahat…peugeul banget soalnya di tamba napas yang udah tersegal-segal, sempet juga para selir ini berdiskusi gimana cara buatnya tangga batu itu, siapa yang buat, batunya darimana, cara ngebelah-belah batunya……segala dibahas deh pokoknya……

dijalan kita ketemu dg Oma sekeluarga (3 generasi, bayi, dewasa, oma), dan 3 cowo yang mo naek ke Gn. Pangrango, yang satu bawaannya segede “menhir”nya obelix, dan kita minta potoin juga……sampe di Telaga Warna, yang saat itu berwarna “ijo..(kayanya beberapa kali gw kesana air telaganya ijo melulu….) kita pose-pose lagi….trus melanjutkan perjalanan sampai ketemu pertigaan airterjun dan jalur pendakian Gede-Pangrango…..kita sempet istirahat di “jembatan kayu untuk makan “ubi cilebut”………senangnyaaa….

akhirnya tibalah kita diair Terjun yangindah itu…horeee…...langsung pose-pose segala pose……beruntungnya kita pas sampe air terjun cuaca lagi cerah-cerahnya, jadi dijamin poto-potonya bakalan ‘ciamik’ abis…dan kalo di liat pembiasan yang terjadi di “cipratan” air terjunnya, akan terbentuk ‘pelangi’ , indah bangettt……

sekitar jam 3 kurang kita dah turun kembali….enaknya turun ga sesusah pas naik…..tapi sialnya…..pas nyampee….telaga kita kehujanan, lumayan lebat, alhasil langsung ngeluarin raincoat, payung dan rada berjalan cepat biar bisa buru2 berteduh dan ganti baju….dingiiin…..

sampae bawah langsung menuju “warung Umi” biar bisa ganti baju dan pesan makan….lapar…..trus seleai makan para selir mo blanja oleh2 dulu, tapi vi nunggu di warung aja….

sekitar jam 5an kita puang, kali ini kita nunggu di Cipanas aja biar bisa naik bis yang langsung ke Kp. Ramputan……

sampe di rumah sekitar jam 1/2 10, langsung makan malam, istirahat, soalnya besok ,mo ada acara lagi niiy…….


div.itemactions a, div.ritemactions div.addthis_toolbox a { text-decoration: none !important; border: 0 !important; -moz-box-shadow: none !important; -webkit-box-shadow: none !important; box-shadow: none !important;; padding: 0px !important; background: none !important; }

Peringatan Hari LIngkungan Hidup, 4 Juni 2006, Suaka Margasatwa Muara Angke

sebenarnya hari Lingkungan Hidup diperingati tanggal 5 Juni 2006, tapi karena tgal. 4 tuh hari minggu, jadi KPAI dan FFI menyelenggarakannya hari ini, dan vi seperti biasa kalo KPAI yang di pimpin mba’ Aulia punya acara, vi pastinya ngbantu dan pastinya juga vi ajak temen2 lainnya jadi volunteer.

pagi2 dah bangun, shalat, mandi dan order taxi, sambil bebenah+dandan dikit biar cantik (hari ni kudu jadi MC soalnya dan menurut gosip yangberedar, bakalan ada “Nickolas Saputra” yang nmenin MC….asikk……hope it is not just gossip…..) sekitar jam 6.30 cecen dan goyang dah setor muka di depan rumah……tapi koq taxinya belum datang juga….sambil nunggu mimi dan agus yang mo kumpul di rumah juga, vi masih bebenah….trus mimi dan rheno dah datang, tapi kog taxinya blum datang juga, di telp juga sibuk banget…nyebelin, ga lama setelah beberapa kali mencoba berhasil dihubungi juga operator taxinya, dan ternyata masih belum dapat taxi….(berarti hampir 1 jam, dan belum kebagian taxi…huuuh) akhirnya para pria itumencarikan taxi buat kita, maka berangkatlah kita menuju Suaka Margasatwa Muara Angke.

sampe di lokasi langsung cari mba’ Aulia, tanya2, dan sedikit berkoordinasi, langsung menyibukkan diri, ngatur2 peserta lomba, ngatur temen2 volunteer, ngeberesin display barang2 hasil kreatifitas dari barang bekas (bagus banget hasilnya, ada yang bikin jaket dari karung goni, maket rumah gadang yang ternyata celengan…..goodie bag, dll) pokoknya menyibukkan diri deh….yang nyebelin terlalu banyak yang lalu lalang, seakan mereka juga pada sibuk, padahal ngrecokin dwoang……hhuuuh…..

kegiatan hari ini dibagi 4 mulai dari lomba menggambar buat anak SD, detektif lingkungan dengan menyusuri kali Angke buat SMP, lomba kreatifitas barang bekas untuk anak SMA dan Bird Race buat kalangan mahasiswa…….lumayan rame, total semua peserta hampir 200an orang…..

sekitar jam 10 kurang vi mulai jadi MC, buat ngisi kekkosongan kegiatan peserta lomba sementara hasilnya sedang dinilai oleh para juri…..mulai cerita2, ngasi kuis, bagi2 hadiah…..dan lagi seru2nya niy…(sok seru banget siiy…) datanglah sesosok bening dan ganteng sekali…….Nickolas Saputra………..beneran datang……bener2 bersinar diantara wajah2 yang ada di sekeliling gw….hehehheee…..dan dengan manisnya dia langsung dengan sukarela berdiri di sisi gw (soalnya gw MC…..asiiik)….dan antara sadar ga sadar gw sempet rada tergagap-gagap ngomong (semoga ga ada yang sadar kalo gw gagap…..) but…..the show must go on, dengan segala ke-PD-an gw ngelanjutin acara bersama “Nicko”…..

acara pengumuman pemenang berlangsung di depan, jadi peserta kudu di pindah kedepan, dan “Nicko” juga kudu nyobain “susur Kali Angke” yang item dan kotor itu (tapi dia rela dan mau koq…) jadi gw kudu “single fighter”, mulai lagi dengan ceremonial sambutan2 sponsor dll, dilanjutin dengan pengumuman pemenang lomba, ga lama kemudian “Nicko” balik lagi, dan kembali bersama gw mengumumkan pemenang lomba, tapi yang nyebelinnya lagi….banyak wartawan yang ngrubung di belakang gw, nyolong2 mo wawancara ma “Nicko”……until the end of the show……………..

acara selesai dengan poto bareng nicko….(gw juga ikutan poto bareng….heheheheee….), mulai bebenah, dan makan siang bareng….senangnya hari ini, walaupun panas dan capek banget tapi riang gembira apalagi ditambah ma kehadiaran Nickolas Saputra……senangnyaaa…..

Iklan

2 pemikiran pada “LaPer Garut D1

  1. bandanaku said: dan atas kerja keras Olive nglobi panitia….akhirnya dengan H2C gw berhasil mendaftar, padahal sebelumnya sempat pesimis juga niiy……soalnya pesertanya terbatas, Cuma untuk 20 orang dan dah full, juga waiting list-nya panjang…tapi atas usaha Olive….akhirnya vi berhasil lolos

    cuiiiwuiiiittt :ppanitianya kan tak panasin, kalo yg satu ini gak ikut yg 6 org mundur he …he…gak dink, ur lucky day vi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s