Gunung Gede dan Lembah Indah Alun-alun Suryakencana

Prolog…

Dah sekitar 10 tahun ga menjejakkan kaki di Lembah Indah AlunalunSurya Kencana di Gunung Gede, tahun ini kembali ada ajakan untuk menikmati keindahan padang Edelweiss yang terhampar di Alun-alun Surya Kencana.

Awalnya memang ga terlalu pengen, karena sadar ma kemampuan diri yang dah terseokseok untuk mendaki gunung indah di Jawa Barat ini, tapi Aree dan keluarganya ternyata dah daftar ikut, dan Tejo juga dah daftarin vi ikut ma Jejak, padahal waktu itu vi masih di Padang sewaktu pendaftarannya tutup, alhasil bersiaplah vi untuk ikut pendakian Gunung Gede.

Seperti biasanya persiapan perjalanan, dimulai dengan buat list barang bawaan, list makanan dan menu yang mo dibuat selama pendakian, blanja2 logistik sampai pinjeman barang sanasini. Hasilnya setelah semua terkumpul ternyata banyak juga niiiy…beberapa vi titip di Tejo, yaitu sleeping bag, matras, tenda, kompor+2 tabung gas, nesting, dan 1 lt susu coklat, Digdo juga kebagian yaitu 1 kg apel, 1 botol jus, sayuran, 1 lt. Air, sisanya masuk ke dalam tas vi….ampyuuun beraaaatsszzz…

Kamis, 5 April 2007

Malam ini kudu berangkat menuju Gn. Putri niiy, kita kumpul di basecamp Jejak katanya siy sekitar jam 10an, jadi vi brangkat dari rumah sekitar jam ½ 9, dan sampai di Jejak sekitar jam 9an, dan Jejak ternyata masih sepi, padahal menurut kabar peserta+panitianya ada sekitar 70an orang, tapi kog sepertinya dikit yaaa…..

Seperti biasa di Jejak vi menyapa temen2 yang dah kenal, diantaranya Digdo dan temennya Dipo dan Reni, ada juga keluarga besar pimpinan Firman, para panitia Jejak, dan Wicenk + Ady…jadilah kita ngobrol2 sambil menunggu dalam ketidakpastian kapan kita akan berangkat…. L

Sekitar jam 12 akhirnya kita berangkat juga dengan menggunakan 1 truk tronton dan 1 bis sedang, dan demi kenyamanan kita para wanita yang secara jumlah sangat terbatas ini ditempatkan di bis (senangnya….) J awal perjalanan berjalan dengan lancar, setelah menjemput beberapa peserta tambahan di UKI-Cawang dan kita berusaha untuk tidur, secara nanti pagi bakalan nanjak tiada henti jadi kudu bobo dulu niiy

Jumat., 6 April 2007

Saat ngantuk2nya, tiba2 bisnya ngambek, ga kuat nanjak, waduuuh…jadi ngeri niiy, akhirnya kita diturunkan dari bis, dan dalam ketidakjelasan para peserta berkeliaran di jalan, ada yang mencoba jalan kaki menuju pos informasi (padahal tempatnya masih jauh, dan nanjak banget L ) dan vi bareng ma gerombolan firman, tejo, digdo dan Ook (kakak Ipar) jalan mencari warung yang dah berusaha buka di waktu subuh ini…awalnya kita duduk2 ga jelas gtu di depan kantor desa, ngobrol2 ga jelas, dan akhirnya setelah sedikit berjalan, kita berhasil menumukan gorengan hangat yang baru aja disiapkan seorang bapak penjual bubur ayam yang lagi menyiapkan dagangannya, sertamerta kita juga pesan the hangat dan kopi….senangnya, badan jadi hangat…ga lama kita dijemput pake angkot ma Rangga yang gi sweeping semua peserta yang masih tersisa dibawah (ternyata Cuma tinggal kita aja tuh, selebihnya dah diatas semua) setelah berkumpul ma peserta lainnya kita melanjutkan dengan angkot, dan pas mo nyampe kita mampir dulu di rumah penduduk, numpang pipis n shalat subuh, barulah kita kita sampe di Pos Pendaftaran Gn. Gede Pangrango di Gn. Putri tersebut, yang ternyata dah rame ma peserta lainnya….

Sesampainya di sana, kita cari barang2 kita yang tadinya tertumpuk pasrah di bis, dan setelah mengumpulkan seluruh barang, kita mulai pagi ini dengan sarapan pagi + the manis hangat…enaak…bahan bakar buat naik niiiy….

Sekitar jam 8 kita mulai pendakian, dengan melewati kebun sayuran yang indah walaupun udara masih dingin dan kabut masih tebal, tapi kita harus tetap berjalan, dan sialnya ternyata vi jalan paling terakhir…kog bisa ketinggalan padahal baru mo mulai jalan yaaa…tapi tak apa, temen barengannya cukup seru kog, ada Tejo, Wicenk, Ady dan Budi…ada juga grup lainnya dan ternyata ada beberapa yang kita kenal,misalnya Ari cewe yang dulu ikut ke Rinjani juga, jadi rame d

Perjalanan yang akan kita tempuh adalah 70 Hm menuju Puncak Gn, Gede dan 45 Hm menuju alun2 Suryakencana Timur dengan kontur nanjak ga ada ampun …. Terbagi dalam 5 pos, dengan jarak ± 10 HM tiap posnya, dan pos yang terakhir adalah pos SK timur (Jarak antara SK Timur-Barat ± 12 Hm. Tapi datar)capeee deeeeh L

Prestasi rata2 kecepatan jalan vi ± 10 Hm nanjak /1,5 jam …lambat banget yaaa….tapi tak apa yang penting sampe juga di atas dengan tertatihtatih (ga sadar diri dah uzur siiy ;p)

Secara semalam kita ga dapat tidur yang cukup, perjalanan jadi ngantug banget, setelah jalan 3,5 jam di 22 Hm kita sepakat untuk bobo siang dulu selama 1 jam, maka vi, tejo, Wicenk n Ady langsung cari posisi enak buat bobo, sementara Budi lanjut ga pake bobo.

Bangun tidur kita semua pada kedinginan, secara ternyata kabut mulai turun, jadi dingiin banget….kita mulai menlanjutkan perjalanan niy, tapi ga lama jalan kog sepertinya lapar yaaaa….wah dah waktunya makan, tapi karena malas bongkar2 tas untuk masak, kita b4 makan ‘cococrunch+susu’ lmayan buat ganjelan perut yang dah pada demo minta diisi…selesai makan kita jalan lagi…di sekitar pos 3 ternyata hujan turun lmayan deres, dan kita b4 memutuskan untuk berteduh aja, dengan modal 2 payung, lmayan lama niy hujannya, sekitar 1 jam, sampe pegel berdiri nunggu hujan reda…sekitar jam 3 barulah hujannya reda, dan kita bisa melanjutkan perjalanan…..

Secara hari dah semakin sore, dan perjalanan masih jauh, maka kita mulai bergegas…sekitar Hm32 kita ketemu ma Budi, tapi Wicenk ma Ady kog ga kelihatan yaaa….kita tunggu lmayan lama, tapi ga kelihatan juga, akhirnya kita lanjut jalan,secara mang vi jalannya lelet juga, jadi kita yakin pasti nanti Wicenk ma Ady ktemu ma kita…ga jauh dari kita sekitar Hm 38 ternyata ada Ano dan Mamang yang lagi bebenah, ternyata blum lama Rangga baru jalan ngbawa Yuli yang ngdrop karena kdinginan dan Anggra yang Asmanya kambuh dan Carriel nya ditinggal ditambah ma daypack, jadilah bertambah beban bawaan kita. Awalnya Budi ma Tejo mo nunggu, karena Mamang naik duluan dg bawa 2 daypack dan dia nanti mo manggil bala bantuan untuk ngbawain cariel Rangga, akhirnya vi jalan duluan ma Ano. Secara jalan nanjaknya ga kunjung abis,dan stamina makin ngdrop, udara makin dingin karena dah menjelang maghrib, vi nyaris ga bertenaga, untungnya Ano ngingetin vi untuk makan coklat dulu dan akhirnya v nyampe juga di Alun2 timur Suryakencana,dan dah ada 2 tenda yang berdiri di dekat situ, yang satu di isi ma cowo2,dan yang satu lagi ada anggra dan Yuli yang untungnya mereka ngdenger sahutannya Ano pas manggilin mereka. Jadilah vi numpang di tenda mereka sementara Ano kembali lagi nyusulin Tejo dan Budi yang dah estafet untuk ngbawa 3 Carriel besar2 tsb.

Di tenda bersama Yuli dan Anggra kita ngobrol2,dan ga lama Shendy sampe di tenda dengan membawa tas yang dah diisi air dan Shendy langsung pingsan, secara badannya langsung kaku….maka kitapun langsung ngbangunin Shendy, ngangetin badannya yang dingin banget (udara diluar mang dingin banget…) dan setelah dia berhasil sadar langsung di kasi obat tolak angin, biar rada anget.

Ga lama Ano, Budi dan Tejo sampe juga di Suryakenca, dan karena badan dah pada cape dan kabut lmyan tebel, jadi kita juga memutuskan untuk ga nyusul temen2 di Alun2 Barat, jadi kita cari lokasi yang enak untuk ngdiriin tenda ga jauh dari tendanya Rangga. Kita buat 2 tenda dan Pas lagi ngdiriin tenda tiba2 muncul Wicenk dan Ady…duuuh ternyata tadi pas kita ninggalin mreka di Pos 3, Wicenk langsung ngdrop, mungkin karena cuaca dingin pas hujan tadi, jadi mereka masak makanan hangat dulu sebelum nglanjutin perjalanan, untung banget mereka ngliat kita ngdiriin tenda, kalo ga pastinya mereka bakalan Cuma berdua malam ini.

Sementara para pria itu membereskan tenda mereka, vi nyiapin kompor dan mulai masak mie instant, secara kita dah sangat lapat dan kedinginan, jadi yang paling cepet jadi dulu, setelah itu baru mask yang lainnya.

Setelah semua beres, baru d vi bisa bebenah, ganti baju buat tidur, dan nyiapin perlengkapan tidur. Kita masih lanjut ngobrol2 dan goreng otak2 buat cemilan malam ini, sekitar jam 11an baru d kita bobo…zzzzz

Sabtu, 7 April 2007

Subuh2 dah rame ada yang dagang Nasi uduk, Nasi goreng dan teriak2 pas disamping tenda….duuuuh berisik, secara hari masih dingin banget kaliii. Keributan berikutnya Wicenk dan Ady yang dah bangun dan mulai masak, trus mulai ada keributan2 lainnya, secara masih pagi dan dingin,jadi males banget keluar dari tenda. Sekitar jam 7 barulah gw keluar dari tenda, dan dah disapa ma teh hangat…nikmatnya….trus vi mulai beredar ke sekeliling dan pas mo liat di sekeliling, ternyata ada Ichy dan Nyai yang ikut ma rombongannya Dio, dan tenda mereka ga jauh dari tempat kita..jadilah kita rumpi2 dan poto2 dulu (dasar narsis) tapi ga bisa lama2, secara tugas kenegaraan untuk masak menanti, maka vi kembali ke tenda dan mulai menyiapkan bahan2 untuk masak. Pagi ni vi masak nasi goreng teri dan sapo tahu….dan hasilnya….ueeenaaaak….nyamnyamnyam J

Selesai makan, kembali packing barang, secara siang ini kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju puncak Gn. Gede.

Kita mulai jalan jam 11, dan secara alun2 Suryakencana itu indah banget dengan hamparan padang pohon edelweiss, jadi vi bawaannya mo poto2 terus niiiy walaupun kabut tebal ga ada habisnya, jadi pemandangan rada tertutup putihnya kabut…..mungkin ini akan terakhir kalinya vi sanggup menjejakkan kaki di lembah indah ini, mengingat kesempatan, kekuatan danumur yang kian uzur, jadi vi menikmati banget jalan di sepanjang Alun2 Suryakencana dari timur menuju ke barat sepanjang lebih dari 1km.

Sampe di Alun2 Barat, ternyata dah berdiri tendanya Nyai dan Ichy, padahal tadi mereka sempat makan nasi goreng buatan vi , kog cepet banget pindah tempat yaaa….jadi vi mampir dulu niiy…

Jam ½ 1 baru d kita melanjutkan menuju puncak Gn. Gede, secara jarak siy kelihatan banget niy puncaknya, tapi yang vi bingung, kog ga lewat jalan yang biasanya siy…dulu (sekitar 10 th lalu) vi turun dari puncak Gn Gede menuju Alun2 Suryakencana jalannya rada lega dan berbatu2, tapi yang kita lewati seperti potong kompas gtu…jalannya ga jelas, dan lumutnya masih tebel banget, ditambah lagi musti nerabas2 diantara pohon yang sempit, secara badan vi ga ramping dan bawaan vi juga ga kecil, kesulitan lah gw, jadi kesel banget, knapa juga ga lewat
jalan yang biasa aja siiiy….kenapa juga musti nerabas2 jalan ga jelas gtu…duuuuh nyebelinnn….
L

Perjalanan menuju puncak vi bareng ma Tejo, sementara wicenk, Ady dan Ano di depan, saking pelannya vi jalan kita sampe kenalan ma orang2 dari Lampung dan jadi sempet ngobrol2 n bcanda2 dulu, saling menyemangati niy.

Sampe di puncak sekitar ½ 3 dan ditunggu ma Ano, Ady’punggawa dan Wicenk…kita poto2 dulu, trus secara vi masih punya coklat dan biscuit, jadi kita makan2 dulu d….30 mnt di puncak, sekitar jam 3 kita kembali kudu jalan menuju camp Kandang Badak.

Beruntung pas mo turun ada temennya Tejo yang bersukarela mo ngbawain tas vi turun, secara dia juga ngcamp di Kandang Badak, jadinya vi Cuma bawa tenda aja, senangnya….

Perjalanan menuju Kandang Badak ditempuh sekitar 2 jam, dan sesampainya disana kita dah disambut ma temen2 yang dah duluan, Digdo langsung ngasi teh hangat, Are dan keluarga besar Firman langsung rame, kita langsung buat keributan dengan cengcengan dan kita binun nyari tempat buat ngdiriin tenda kita, secara tempat yang tersisa untuk kedua tenda kita tempatnya rada miring, ada tempat yang rata, tapi ga bisa buat 2 tenda, scara kita keukeuh kedua tenda kita harus berdampingan, karena mo masak bareng kan…???

Setelah tenda berdiri dengan kemiringin yang aneh, kitapun nyiapin bahan2 untuk masak…lapeeer niiiy….seperti biasanya kita masak air hangat dulu, trus masak nasi, smentara vi ngracik bumbu2nya…malam ini kita makan orek tempe dan sup…enaknya…Are yang dari kmaren ga ketemu ma kita langsung nimburung dan ikutan makan juga pastinya, padahal dia juga makan pas firman masak…dasardasardasar….

Selesai makan, trus vi nimbrung di tendanya Aree, ngobrol2 dan becanda2 seru…tapi malam ini dingin banget…sekitar jam ½ 10 vi dah balik ke tenda ngantuk berat dan cape…

Minggu, 8 April 2007

Pagi ini lagi2 Wicenk dan Ady dah berisik…sampe2 radionya dikencengin, dan dideketin ke tenda vi, trus dia juga ngumpulin orang2 sampe berisik di depan tenda dan dia juga goyang2in tenda vi.…duuuh nyebelin banget, masih ngantuk niiiy L

Ady yang paling ribut manggil…’putri salju bangun…masak…’ akhirnya nyerah deh…jam 7 vi keluar tenda dan memang masih dingin, langsung menyapa semua hadirin, dan ada kakak ipar juga dah beredar…trus mulai melaksanakan tugas mulia bagi semua umat yang menantikan kehadiran ‘putri salju’ J hehehehee…..

Hari ini kita sarapan makan nasi goreng teri (again….secara mereka nagih lagi, katanya enak siiiy) pake kol, dan telur rebus balado…nyamnyamnyam…enakkk

Dan lagi2 selain kita berempat dah ada Aree dan Mala yang nungguin jatah makan kita dan ikutan girang pas kita mo makan….hehehehee J

Selesai makan, ritual berikutnya packing dan bersiap2, saatnya turun niy. Sebelum turun kita ikut doa bersama keluarga besar Firman, dan sekitar jam 11 mulailah kita turun dengan tertib. Belum lama jalan kita dah dihadang ma hujan, mulai deh ngluarin payung dan raincoat, trus pas di air terjun sempet ada macet panjang, ternyata ada pohon tumbang yang menghalangi jalan, jadi kudu pelan2 dan ada yang poto2 juga di air terjun, jadi menghalangi orang yang mo jalan….lama deeh

Dipos Air panas kita sempet istirahat dulu untuk poto2 ‘Prewedding’ Aree dan Tejo J telat niy, seharusnya poto2nya di Alun2 Suryakencana, tapi tak apalah, yang penting kesampean juga poto prewed…hehehe…..

Pas nglewatin air panas vi kesulitan banget, secara kacamata ga bisa dipake, dan airnya panas banget ditambah licin pula, jadi sepanjang nglewatin sungai air panas tersebut vi dipegangin ma Tejo dan dibelakang v ada Wicenk….kedua orang ini selalu mengawal vi jalan, mulai dari naik di Gn. Putri, ke Puncak, menuju kandang badak, bahkan saat turun menuju Cibodas ini…senangnya J

Setelah melewati air panas, jalan berikutnya panjang banget menuju pos Panyangcangan (P3an menuju air terjun)…kalo katanya Wicenk sampe terdengar 2 kali suara air hilang timbul, barulah kita sampe…dan secara hujan ga ada habisnya jalanan jadi licin banget, vi sampe 3x jatuh, dan Cuma di ketawain ma Tejo L dan kaki sakit banget karena jalannya turun, jadi jari-jari kaki sakit…duuuh….

Sesampainya di Pos Panyangcangan dahada Ano yang nunggu, jadi vi ma Tejo istirahat dulu, secara dah cape niiiy…trus ga lama muncul Elang ma Myway, Shendy dan Anggra…lmayan lama kita istirahat di Panyangcangan, sampe kaki vi nyaris kram karena dingin dan cape…1/2 ja
m kita istirahat, selanjutnya vi ma Tejo jalan lagi, secara dah deket niy…di jembatan kayu kita poto2 lagi, sampe ketemu ma Anggra dan Shendy yang ikutan poto2 juga, tempatnya mang indah banget siiy….

Sesampainya di pos ada pemeriksaan barang, tas vi di buka, dan dengan semangat mba’nya merogoh2 isi tas vi, tapi sebelum dia berhasil membuka semua barang bawaan, dia dah keburu putus asa, secara logistik makanan vi vi susun diatas, jadi mals d ngbongkarnya…yang kesian tuh Anggra, pas vi dah selesai, vi liat speaker MP3-nya di sita (untungnya ada yang ngurusin, jadi bisa balik lagi d) selanjutnya vi turun bareng Tejo, Ano dan Budi sampe di parkiran, dan akhirnya vi denger mala manggil2, terlihatlah keluarga besar firman lagi santai2 di warung…kebetulan deket kamarmandi, jadi vi ma tejo bisa beberes dan mandi sebelum pulang.

Setelah setoran carriel ke tronton, kita makan dulu niy…bareng ma Tejo, budi, Ano, Aree kita bcanda2 aja, trus Nita juga nimbrung, pas ada kakak ipar jadi lebih rame lagi, terlebih pas dia duduk bareng Aree, mukanya mirip banget…beda warna kulit aja..xaxaxaxa…

Kita semua tergabung dalam tronton 2, dan secara vi cape banget, jadi pas trontonnya mulai jalan, vi langsung tertidur niiy…senangnya…dan terbangun pas di sekitar ciawi, karena ada keributan baru…di pintu toll Cibubur kakak Ipar ma Myway dan Tika turun, dan di Uki gerombolannya ‘petoy ber-13 orang juga turun, jadilah tronton kita sepi sekali…enak niiy…

Mendarat di jejak sekitar jam 9 malam….secara adek vi lagi di Jakarta, jadi bisa minta jemput…senangnya J

Selesai niy Laporan Perjalanan ke Gn. Gede…senang, kesel, tapi bagaimanapun kesempatan melihat tempat yang indah kadang ga datang 2x…vi beruntung bisa 2 kali ke Puncak Gn. Gede dan Alun2 Suryakencana dengan padang pohn Edelweiss yang indah….semoga masih ada kesempatan menikmati tempat2 indah lainnya dan buat laporan perjalanannya….

Salam jalan-jalan yuuuk….

-eLVi-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s