Xplore Lombok – part 2 : Snorkeling seputar Gili Meno n Air, dan Sunset di Malimbu

Jumat, 3 Juni 2011

Hari ini jadwal kita adalah snorkeling, secara kita termasuk wisatawan malas jadi rencana buat ngejar sunrise subuh tadi terlewatkan dengan bobo nyenyak, hahahahaaaa…dan saat bangun tidurpun ga langsung bergegas, tapi leyeh-leyeh santai sambil packing dan bersiap-siap untuk snorkeling siang ini. Jam 9 kita check out dari penginapan untuk sarapan pagi di warung nasi tak jauh dari penginapan kita, warung nasinya belum buka sebenarnya, tapi masakannya sudah siap, jadi kita langsung melayani diri sendiri di dapur, heheheheeee….ada banyak masakan si ibu pagi ini, semua terlihat lezat dan masih hangat. Makan pagi yang santai dan kita juga bungkus nasi untuk makan siang nanti di Gili Air usai snorkeling.

Jam 10.30 kita dah berkumpul di meeting point yang telah di tentukan dan ternyata peserta snorkelingnya ramai, jadi kita terbagi dalam beberapa perahu yanh masing-masing perahu berisi 25 -30 penumpang. Dari keseluruhan peserta, wisatawan lokal hanya beberapa, di perahu kita hanya ada 10 orang saja. Ada kejadian unik waktu lagi nunggu2 perahu, aku menemukan 3 orang yang salah satunya mengenakan baju sebuah group yang ku kenal, Langkah kaki, langsung aja colek, sok2 akrab ngobrol2, dan tiba2 kita jadi bergabung dalam satu group, heheheee…itulah hebatnya dunia traveling, baru kenal langsung akrab. Mereka adalah si imut neng ndah, ali dan masrur.

Di dalam perahu kita langsung di bagikan snorkel gear, dan perahu yang kita gunakan ada glass bottom-nya jadi bisa kelihatan biru dan beningnya laut di bawah sana.

Spot pertama kita adalah dekat Gili Meno, karena ini merupakan spot pertama, semua masih riang gembira, loncat dari samping perahu dan byuur …….. semua nyebur ke laut, baru mulai berenang dan penyesuaian dengan snorkel gearnya aku dah keselekan, haduuuuh nyebelin jadi musti melipir dulu deket perahu, ngatur napas dan ngepasin lagi snorkelnya baru deh bisa berenang kesana kemari nyari pemandangan indah di bawah sana….ada banyak schooling fish berkeliaran kesana kemari, dan sekelompok terumbu terumbu karang, tapi sayang banyak terumbu karang yang mati sehingga warnanya tidak mencolok terangbenderang tapi monochrome saja. Tak terasa sudah 1/2 jam berkeliaran kesana kemari dan pesertapun sudah kembali mengerubungi perahu untuk naik dan kitapun pindah spot.

Selanjutnya masih di dekat Gili Meno, kali ini adalah turtle hunting, jadi kita akan nyebur di laut yang agak dalam dan mengikuti instrukturnya untuk melihat penyu, duuuh rada menantang juga niy, secara harus berenang jauh sekitar 500m katanya, sempat ragu-ragu tapi nekad deh dari pada rugi ga liat penyu-penyu berenang. Karena kapok terjun bebas dan keselekan aku memilih untuk turun lewat belakang yang lebih smooth, dan pas mo turun sama pemilik perahu, snorkel gear ku di ganti dengan yang lebih baik dan di pasangkan dengan lebih pas di muka, katanya karena mukaku yang tembem jadi snorkelnya ga pas, hehehehehehe, ndud siy :p dan baru mo nyebur dan berenang sebentar rasanya kog aku ketinggalan jauh ya sama peserta bule lainnya yang langsung ngebut haduuuh cape juga ngejarnya, akhirnya kembali melipir ke perahu, dan minta life jacket aja biar santai dan ga terlalu cape’ walau kecepatan renang jadi melambat. Saat berhasil berkumpul dengan peserta lainnya si instruktur tiba-tiba menyelam dan saat di perhatikan ternyata ada seekor penyu di bawah sana, waaah asiknya, trus saat berenang kembali ke kapal seekor penyu dewasa melintas tepat di mukaku, berenang menuju permukaan dan bernapas sebentar lalu kembali menyelam, waaah beruntungnya diriku 😀

Kembali ke perahu semua peserta sudah berkumpul dan haduuuh lelah juga ternyata.

Spot terakhir kita menuju Gili Air, disini kita akan istirahat makan siang, dan boleh di lanjut snorkel di perairan dangkal gili Air. Mendarat di pantai Gili Air yang berpasir putih dan lembut langsung di dekat sebuah tempat makan yang nyaman, maka kitapun leyeh-leyeh sambil memesan makan siang. Karena kita dah bawa bekal jadi pesan minum hangat saja, dan makan siang sambil leyeh-leyeh nikmat.

Selesai makan siang dan dengan rekomendasi seorang teman yang mewajibkan untuk snorkel di gili Air, akhirnya aku kembali ke perahu untuk mengambil snorkel gearku dan kembali nyemplung ke laut, melalui pantai perlahan tapi pasti menyusuri perairan dangkal dan tibalah di kumpulan terumbukarang bagus masih utuh berbentuk kembang rose besar-besar, banyak ikan warna warni berkeliaran, wah ternyata beneran bagus snorkeling disini, dibanding spot pertama tadi. Tanpa sadar mundarmandir berenang ternyata tiba di ujung kumpulan karang dan tiba-tiba berubah menjadi tebing curam dan warna air juga berubah menjadi biru pekat bukan lagi hijau muda..hiiiiy…langsung balik ke arah kumpulan karang saja dan ga tau deh berapa lama berenang-renangnya tapi pemandangan indah di bawah airnya benar-benar mempesona karena karangnya masih utuh dan bagus walau tidak berwarnawarni tapi lumayan pengobat kecewa di spot pertama tadi. Aku kembali ke pantai, maksudnya mau mengajak yang lain snorkeling karena sayang di lewatkan,tapi apa daya ternyata waktu kita di gili Air sudah habis, jadi semua penghuni perahu kembali ke perahu, yaaa sayang sekali yang lain tak sempat snorkeling.

Kembali ke perahu dan saking penasarannya aku Cuma bisa pamer ke teman-teman lainnya lewat glass bottom di perahu yang memperlihatkan kecantikan kumpulan terumbu karang berbentuk rose besar-besar.

Kembali ke Gili Trawangan akhirnya kelompok kita jadi ber6, aku , addi, Nita, neng Ndah, ali dan masrur. Kita Cuma ganti baju sebentar dan langsung menunggu keberangkata perahu, karena kita janjian untuk bareng ke Bangsal.

Meninggalkan pulau cantik di baratlaut pulau Lombok ini, dengan senyum puas karena berhasil eksplore secara menyeluruh, tapi lain waktu pengen kembali tapi dengan budget beda kali yaaaa, secara iri ngliat penginapan-penginapan cantik di sepanjang pantai Gili trawangan :p

Setibanya di Bangsal ternyata rombongan neng ndah, ali dan masrur sudah di jemput, jadi kita di ajak serta oleh mereka, hoooreee..alhamdulillah, jadi tak perlu susahpayah nunggu angkutan umum *gembira pengen loncat2 kegirangan*. Yang menjemput mereka namanya om Agus, seorang bapak yang ternyata sangat giat di hari tuanya, jadi menyewakan mobilnya sekedar hobi jalan-jalan daripada iseng dirumah, hebat sekali bapak ini.

Perjalanan pulang kita melewati sisi pantai menuju Senggigi, dan ternyata pemandangannya spektakuler, kita diajak untuk menikmati sunset dari tebing tinggi yang memiliki pemandangan indah ke laut, kalo ga salah namanya ‘Panorama Malimbu’kita bisa liat 3 gili dari atas sini, dan lagi-lagi beruntungnya kita sunset sore ini pun jernih sekali, tanpa awan yang menghalangi.

Usai menikmati sunset kita langsung blas pulang ke Mataram, kita bertiga diantar langsung ke rumah Nita yang ternyata tak seberapa jauh dengan rumah om Agus, senangnya, terimakasih yaaaa..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s