Karimun Jawa is a paradise- swimming, snorkeling, island hoping and dancing with shark

Itulah kata yang terucap dari seorang ‘tante asal slovakia’ saat bertemu dengan saya di Karimun Jawa. Dengan muka yang sangat exciting, si tante menceritakan pengalaman yang baru saja di alaminya. Ga salah kalo si tante bule begitu gembiranya menikmati Karimun Jawa, karena itu juga yang terjadi pada saya saat beberapa saat lalu berkesempatan mengunjungi Kepulauan Karimun Jawa.

Karimun Jawa merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terdapat di utara Kota Jepara dan masih termasuk dalam Kabupaten Jepara. Karimun Jawa di tetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1999. Luasan TN. Karimun Jawa adalah 111.625 Ha dan sebagian besarnya terdiri dari perairan laut dengan luasan 110.117 Ha yang di jadikan kawasan Pelestarian Alam Perairan. Luasan Daratan adalah 1.500 Ha yang merupakan gabungan dari luasan pulau-pulau yang terdapat di kepulauan karimun Jawa yang berjumah 27 Pulau, dan hanya 5 pulau saja yang berpenghuni.

Berkunjung ke Karimun Jawa dapat di lakukan dengan menyebrang menggunakan kapal Feri KMP Muria dari pelabuhan Kartini – Jepara dengan ongkos tiket seharga RP. 30rb. Hari keberangkatan dari Jepara adalah hari sabtu, senin dan rabu jam 09.00 dan kembali ke jeparakeesokan harinya. Waktu tempuh yang diperlukan untuk jarak +/- 70 km inisekitar 6 jam perjalanan laut….jadi siap-siap aja untuk garink bin bosan. Siapkan amunisi untuk melawan kebosanan perjalanan laut yang lama ini, bisa ngobrol sampe ga jelas juntrungan, bikin games, baca buku, tidur sepanjang jalan, atau Cuma bangong2 aja memandang laut – kalo beruntung akan ada sekawanan lumba-lumba menyembul dan memberikan atraksi terbaiknya sebagai hadiah bengong…heheheehee. Ada baiknya untuk memperhatikan cuaca, karena saat ombak besar, perjalanan laut akan menjadi sangat menyiksa dengan terombangambing di atas kapal bakalan bikin kepala pening dan perut mual. Kalo akan menggunakan feri ada baiknya datang sepagi mungkin agar dapat tempat duduk yang nyaman di feri, dan bila ga kebagian duduk, bisa juga ngampar2 beralas matras yang di sewa atau bawa tikar dan koran sebagai alas duduk lesehan di bawah. Karena kalo terlambat dan kapal sudah penuh, maka tempat yang tersedia adalah di bagian atas kapal yang jelas2 tak beratap, jadi kebayang panasnya saat matahari senyum-senyum manis di atas sana.

Alternative lainnya adalah dengan menggunakan kapal cepat kartini dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan ongkos Rp. 150rb dan perjalanan selama 3 jam.

Atau kalo memang punya dana yang sangat lebih, bisa juga naik pesawat charter dari bandara A. Yani, hanya 30 menit saja untuk tiba di Bandara Karimun jawa, menyenangkan bukan….*bahagianya punya dana lebih…hiks*

Setibanya di pelabuhan karimun jawa, kita langsung di suguhkan pemandangan jernih air laut yang langsung memperlihatkan hamparan padang lamun di bawah dermaga.Bila menggunakan feri kita akan tiba jam 3 sore hari, dan bila menggunakan kapal cepat, sudah tiba jam 12 siang.

Bila datang ke karimun jawa tidak dengan group tak masalah, karena tepat di dekat dermaga terdapat ‘Touris Information Center’ yang di jaga seorang mas yang ramah, dan sangat informatif untuk membantu kitamencari penginapan ataupun paket wisata yang bisa kita nikmati selama di Karimun Jawa.

Tapi ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu, sehingga sudah booking penginapan, sehingga ga terlalu letih untuk mencari setibanya di karimun jawa. Ada beberapa pilihan penginapan di karimun jawa, untuk yang budget rada ketat, bisa numpang di rumah penduduk *cari kenalan atau referensi dari teman*, atau budget ketat juga bisa menginap di guest house. Ada banyak guest house yang di tawarkan, dan rata-rata memiliki kamar yang bersih dengan fan. Untuk guest house rata-rata kamar mandi di luar dan harganya sekitar Rp. 60rb – 80rb / malam. Bila mau rada private bisa nginap di hotel, ada yang memberi kamar lumayan murah, untuk kamar fan dengan kamar mandi dalam, harga yang di tawarkan sekitar Rp. 100rb – 150rb / malam atau kamar dengan AC Rp. 150rb – tak terhingga (saking mahalnya). Dengan kondisi di atas kembali ke kita d, mau menginap di tempat yang seperti apa karena di Karimun jawa menyediakan semuanya.

Saat kunjungan saya di karimun jawa tempo hari, saya menggunakan kapal feri, sehingga sesampainya dikarimun, saya langsung hunting penginapan, sempat ga jelas juntrungan, telp sana sini untuk menanyakan apakah masih tersedia kamar dan beruntung kita mendapat penginapan yang bagus tak jauh dari dermaga dengan harga yang menurut saya sangat bersahabat dengan fasilitas yang di berikan. Dan karena hari sudah sore dan badan pegal akibat perjalanan 6 jam, kita memilih untuk istirahat sejenak melepas lelah, lalu mandi dan leyeh-leyeh di kamar.

Untuk makan malam tak sulit di temukan, t
inggal jalan ke Alun-alun maka akan ada beberapa pilihan makanan tersedia dalam warung-warung di seputar alun alun. Di alun-alun ini tiap malam pasti ramai, sebagai tempat kongkow-kongkow dan santai menikmati malam sambil makan malam, atau Cuma ngeteh atau ngopi sambil ngobrol2. akan lebih ramai lagi saat malam minggu, karena masyarakat sekitar pun biasanya ikut meramaikan alun-alun. Kalau siang hari lapar, di dekat alunalun ada sebuah warung makan (the one n only sepertinya) yang lumayan murah meriah, warung bu ester namanya (sepertinya ni warung ngetop d karena semua orang tau) dan di jam makan siang akan ramai banget, jadi ada baiknya untuk datang setelah jam ramai makan siang. Saran saya untuk memilih lauk ikan atau makanan laut lainnya karena lebih murah di banding telur ataupun ayam karena harus di ekspor dari jepara..hehheheeheheee. Namun bila tidak mau repot mencari makan di luar dan hanya ingin di hotel saja, bisa juga pesan makan langsung dihotel, lebih santai tapi dengan harga yang jelas lebih mahal.

Apa aja yang bisa di lakukan di karimun jawa….??? Yang pasti adalah berenang….berenang…dan berenang…heheheheeee….puaskan diri dengan berbasah-basahan di Karimun jawa. Yang paling utama harus di lakukan di karimun jawa adalah menikmati pulau-pulau cantik yang ada di dekat pulau utama, di pulau-pulau ini kita bisa berenang di pantai yang bening, snorkeling menikmati terumbu karang…dan yang paling menggoda adalah berenang di kolam hiu…..hiu??shark?? Yaaa…beneran hiu…untuk semua ini kita bisa joint dalam group yang menyediakan fasilitas penyewaan kapal. Informasinya bisa kita dapatkan dengan bertanya pada pemilik penginapan atau jalan2 aja di dermaga barat, pasti ada aja yang menawarkan paket yang menggoda diatas.Karimun Jawa is a paradise- swimming, snorkeling, island hoping and dancing with shark

Iklan

2 pemikiran pada “Karimun Jawa is a paradise- swimming, snorkeling, island hoping and dancing with shark

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s