Silly guide to Prepare/Manage travel for silly (female) traveler

Hal yang kadang di sepelekan orang saat akan melakukan travelling adalah persiapan, padahal persiapan ini banyak banget printilan yang harus dikemas, tapi karena ga disiapkan jauh-jauh hari malah jadi ribet saat hari keberangkatan mulai dekat.

Seperti yang terjadi terhadap gw,saat akan ke Phuket – Bangkok – Sin Bulan Mei lalu. Karena saat ini sedang tugas luar kota, jadi bingung gimana mo persiapan. Beberapa barang ada di Jakarta dan sebagian lainnya bisa di siapkan di Semarang (kota gw bertugas sekarang). Jadi geregetan sendiri, karena yang bisa di lakukan adalah ‘half pack’, padahal ini adalah jalan-jalan pertama gw keluar negeri dengan mengatur segala persiapannya sendiri.

Untuk perjalanan ke luarnegeri (masih ASEAN aja, baru belajar) ini kita dah book tiket dari bulan November awal. Selama dari November – Mei ga ada hal2 yang secara khusus dipersiapakan, kecuali browsing informasi2 mengenai tempat tujuan dan membaca beberapa blog mengenai tempat yang rencananya akan di kunjungi.

Biasanya gw cukup rajin untuk buat itenerary, dan detail mengenai persiapan yang harus di lakukan dan dikumpulkan beberapa saat sebelum keberangkatan, bahkan kalo waktunya memungkinkan, biasanya kita yang akan berangkat bareng akan kumpul dan rembukan mengenai rencana perjalanan kita, serta saling mengingatkan mengenai hal-hal yang khususnya bersifat perijinan dan lainnya. Tapi kalo kondisinya seperti sekarang, kita ga ada waktu cukup untuk kumpul, yang bisa dilakukan hanya email2an aja, untuk share info dah saling mengingatkan.

Berdasarkan pengalaman travelling local alias dalam negeri dan dikombinasikan dengan rencana untuk keluar negeri ini (ASEAN yang tidak memerlukan pengajuan visa kunjungan), beberapa persiapan yang harus dilakukan adalah :

    1. Booking tiket

Dah pasti ini adalah hal pertama yang dilakukan. Booking tiket biasanya dicari saat ada promo dari sebuah maskapai penerbangan, dan langsung menyesuaikan dengan jadwal libur nasional, supaya ga kena cuti terlalu lama. Saat booking harus diperhatikan nama penumpang, harus sesuai dengan no. KTP atau passport.

    1. Cek KTP dan Passport expired date

Ini juga hal sepele tapi perlu dilakukan, sebelum berpergian ada baiknya untuk melihat kembali apakah KTP, Passort, NPWP, dan kartu2 lain yang kemungkinan nanti di perlukan masih berlaku saat kita akan berangkat nanti.

Untuk KTP sebulan sebelum masa berlakunya habis, harus sudah diurus.

Masa berlaku Passport adalah 6 bulan menjelang habis masa berlaku. Segera buat Passport baru atau bila nekat akan mendapatkan masalah, hal terburuknya adalah tidak bisa berangkat atau di deportasi dan kembali dengan biaya sendiri saat itu juga (mampyus d!!!)

    1. Cari info tempat yang akan di kunjungi

Supaya liburan bisa maksimal, ada baiknya kita cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat yang akan kita kunjungi, tempat menarik apa saja, pemandangan alam atau museum, candi dll, berapa jauh dari kota, harga tiket masuk, apakah ada ketentuan berpakaian (seperti saat di Grand Palace di Bangkok yang harus berpakaian rapi, seperti hal nya masuk ke Istana Negara dan juga saat mengunjungiPura di Bali dan Candi Borobudur).

Dengan bantuan om google, pencarian ini akan terasa sangat mudah, tinggal tulis kota tujuan di kolom search, maka akan ada banyak informasi yang bisa di dapatkan.

    1. Bikin itenerary

Ini yang kadang malas di lakukan banyak orang, khususnya yang biasa travel dengan komunitas atau tour package,karena biasanya ada yang dah bikinin…heheheee….

Tapi ada baiknya untuk belajar membuat sendiri itenerary, karena kita bisa menyesuaikan tempat tujuan, budget, waktu kunjungan dan aktifitas yang akan dilakukan.

Dengan membuat itenerary ini, kita akan di ‘paksa’ untuk patuh dengan apa yang telah di rencanakan, sehingga perjalanan akan lebih maksimal dan tujuan dapat tercapai.

Untuk membuat itenerary ini memang di perlukan pengetahuan lebih mengenai tempat yang akan di kunjungi, dan itu semua bisa didapatkan dari info2 yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Dalam itenerary ini, selain membuat waktu, tempat tujuan bisa juga di tambahkan info2 pendukung seperti regulasi suatu tempat yang akan di kunjungi, persiapan tambahan misalnya membawa swim suit+sunblock+sunglass saat ke pantai dan lain sebagainya.

Bisa di bilang itenerary ini bisa di jadikan ‘guidance’ saat di perjalanan kita, yang setiap waktu bisa di contek dan di jadikan reminder

    1. Booking penginapan

Sebaiknya booking penginapan ini dilakukan jauh-jauh hari, sehingga memudahkan saat nanti kita tiba di tempat tujuan, atau untuk perjalanan ke luarnegeri, akan ada pertanyaan di arrival card ‘where to live’ jadi kalo dah booking bisa diisi dengan alamat tempat menginap ini.

Salah satu baiknya dah booking penginapan adalah agar saat kita tiba di tempat tujuan, dengan badan yang dah rada pegel, pastinya lebih enak langsung ketemu kasur, jadi bisa agak leyeh2sebentar dan melepaskan barang bawaan berat sebelum melanjutkan aktivitas lagi. Jadi pastikan tempat menginap kita memiliki referensi yang baik.

Repotnya kalo belum booking penginapan adalah, kita harus nyari2 sewaktu tiba di kota tujuan, kalo memang dah ada referensi salah satu tempat lebih enak minimal satu kawasan yang memang sepanjang jalannya adalah penginapan semua seperti di jl Jaksa jakarta, sosrowijayan jogja, poppies lane Bali dan Khao san Road Bangkok, tapi kalo blank itu bahaya bener, karena saat badan masih cape akibat perjalanan, masih harus ngang
kut barang bawaan kesana kemari blasak blusuk nyari penginapan, dan sial kalo ternyata dah full book.

    1. Buat check list barang bawaan (disesuaikan dengan kebutuhan)

Check list ini termasuk yang paling penting, biasanya gw akan pisahkan dalam beberapa point, sehingga ga ada barang yang terlupa. Untuk persiapan keluar negeri ini ada beberapa tambahan di banding dengan dalam negri.

    1. Dokumen : tiket (print semua tiket), KTP, Passport, NPWP, ATM, Bukti booking (penginapan, dll), itenerary yang sudah disepakati, info2 yang sudah dirangkum, map tempat tujuan atau bahkan kalo punya kitab suci ‘lonely planet’, no. contact yang harus dihubungi atau yang bisa di hubungi in case of emergency, dll
    2. Uang : kalo akan keluar negri pastikan sudah menukar uang dengan mata uang setempat, karena biasanya nilai tukar Rp. Di luarnegeri nilainya jadi rendah. Atau kalo mo aman nilai currency-nya bawa USD. Pilihan lainnya adalah treveler chaque atau bahkan kalo sama sekali ga sempat tukar uang, siapain aja ATM yang memiliki merchan mastercard atau visa serta kartu kredit.
    3. Pakaian : sesuaikan dengan tempat tujuan dan lama waktu perjalanan,jangan kebanyakan atau bahkan jangan sampe saltum alias salah kostum, mo ke pantai malah bawa baju lengan panjang tebal (karena takut item) yang bikin gerah, atau mo trekking tapi pake sepatu cantik, dll. Sesuaikan juga baju dengan situasi misalnya pantai atau gunung, kota atau desa, dan tak lupa apakah tempat tertentu mewajibkan kita untuk mengenakan pakaian khusus (seperti ke Banda Aceh, harus berpakaian sopan dan jangan lupa bawa selendang atau jilbab kecil untuk menutup rambut)

Kalo di satu tempat untuk waktu yang lama bisa dihemat bajunya dengan asumsi bisa mencuci atau laundry baju kotor.

    1. Toiletries : segala perlengkapan mandi (sabun, shampoo, lotion, aftersun lotion, dan segala bentuk liquid di pack dalam botol kecil2 supaya lolos scan di bandara), kosmetikbiar tetep cantik walau saat travel (pelembab, bedak, blush on, lipstick, dll di pack yang rapi),hingga handuk (ga usah yang gede, tapi menyerap air dengan baik).

pakaian dalam khususnya celana dalam, bisa diakali dengan membawa celana dalam sekali pakai (panty) agar lebih hygienist (kl gw siy ga suka menyimpan celana dalam habis pakai yang kotor berhari2), tak lupa untuk membawa pembalut (walau belum jadwalmu, bawa aja 2 untuk jaga2)atau pantyliner

    1. Elektronik / gadget : HP (kalo ke luar negeri pastikan provider HP bisa terkoneksi dengan provider lokal), Kamera Digital (buat barbuk dan narsis), memory card yang cukup untuk menampung ratusan hingga ribuan foto2mu, charger serta baterai cadangan, Ipod,mp3 player,setrika mini, hingga hairdyer mini, laptop mini, pokoknya segala gadget yang perlu dibawa tapi ga merepotkan dan sesuai dengan kebutuhan aja, ga usah maksain demi apdet status, malah ribet.
    2. Lain-lain : buku bacaaan (buat killing time saat nunggu pesawat, di pesawat, atau lainnya yang perlu di kill), note kecil+pen, sendal simple atau sepatu gaya bila diperlukan, topi, sunglass, sunblock, payung, obat2an pribadi, vitamin C dan B kompleks, tetes mata, tolak angin, minyak kayu putih, tisu kering dan basah, antiseptik tangan, botol minum, tak lupa perlengkapan shalat (walau lagi traveling kudu tetep inget ma yang di atas biar selamat lahir batin),bahkan kalo mo bawa kecap dan saos sambel atau tomat sebaiknya pilih yang kemasan sachet aja,dll yang menurutmu harus dibawa serta.
    3. Konfirmasi

Seminggu sebelum keberangkatan, konfirmasikan kembali semua bookingan. Tiket pesawat kembali di cek, apakah nama dan no. Id (KTP atau Passport) sudah benar, penginapan apakah sudah oke (karena ada pengalaman seorang teman yang sudah konfirm tapi tetep pas nyampe di penginapan, ternyata full…sial d), bahkan kalo pesan mobil sewaan/jemputan di pastikan apakah mobil tersebut akan jemput dimana jam berapa.

Kalo ke luar negeri pastikan juga bahwa kita sudah mendaftarkan diri ke KBRI, sehingga kehadiran kita di negera tersebut di ketahui oleh KBRI dan bila ada hal2 yang buruk (seperti situasi gawat saat ke Bangkok), KBRI dapat mengetahui keberadaan dan kondisi kita.

    1. Ready to go

Kalo semua hal diatas sudah dipenuhi dan lengkap, artinya you are ready to go

Pastikan bahwa kondisi kesehatan dalam keadaan baik, jangan dipaksa untuk melakukan kegiatan berat sebelum travel, karena badan bisa lelah dan ga semangat saat traveling

….yup,everything is check, sooo…… pack well, and enjoy your holiday…

-vi-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s