SAPI SONOK saatnya sapi jadi model

Kalau melihat model berdandan cantik dan berlenganglenggok di carwalk pasti sudah biasa, tapi kalo liat sapi di dandani dan di berlengganglenggok untuk dinilai kecantikannya Cuma bisa di saksikan di Pamekasan, Madura, dalam Ajang Sapi Sonok.

Apa itu Sapi Sonok?? Merupakan acara unjuk sapi, semacam kontes kecantikan tapi khusus untuk sapi..heheheheeheee…pasti heran, sapi ada yang cantik…yup…beneran cantik sapinya karena yang boleh ikutan di ajang sapi Sonok Cuma sapi betina.Dan untuk ikutan kontes si sapi harus dalam kondisi prima, sehat dan bersih, bahkan bulunya pun berkilau.

Sapi Sonok merupakan salah satu rangkaian acara Final Karapan Sapi antar kabupaten di Pulau Madura yang di gelar di Pamekasan. Acara di mulai dari pagi hingga siang hari. Setiap sapi yang ikut kontes sudah siap dari pagi, dipajang untuk memamerkan kecantikannya sebelum secara bergantian memasuki arena ‘catwalk’ untuk dinilai oleh para juri.

Sapi Sonok harus berjalan berdampingan, tiap kontestan Sapi sonok terdiri dari 2 sapi betina, dengan assesories meriah yang di kalungkan di leher. Dalam rangkain 1 kontestan sapi sonok, terdiri dari 2 sapi betina, 1 orang penggiring sapi, serta serangkaian penabuh alat musik tradisional yang dilengkapi seorang nona manis yang berjoget-joget genit sambil mengumpulkan saweran yang di berikan.

Sonok dalam bahasa madura (katanya yaaa…..) berarti jalan merunduk di bawah meja/pintu/gerbang, nah disini si sapi pun demikian, harus masuk melalui gerbang yang telah di siapkan di garis finish, menapakkan kaki depan di atas sebuah papan dan di nilai oleh para juri.

Assesories yang dikenakan oleh si sapi mulai dari kuningan biasa, hingga emas 24 karat, berkilauan menambah kecantikan si sapi.saat saya mencoba mengelus, ternyata bulunya pun lembut, konon sebelum kontes, si sapi harus menjalani berbagai ritual kecantikan diri, sehingga kecantikan si sapi pun terpancar..hehehehee…ternyata bukan hanya para ‘putri kecantikan saja yang harus merawat tubuh dan kecantikan, sapi juga….

-vi-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s