Phuket Town – Kuliner Malam dan Menikmati pasar malam

Tiba di Phuket town hari sudah sangat sore sepulangnya kita dari Phiphi island. Masih dengan menggunakan fasilitas paket tour phiphi, kita diantar menuju Hotel Tavorn di pusat kota Phuket. Memasuki hotel Tavorn rada minder juga,kerena ni hotelnya gede bener, terlihat seperti hotel berbintang mahal.Saat kita tiba di loby, sudah di sambut hangat oleh doorman yang membawakan tas2 kita langsung tiba di receptionist.

Hotel Tavorn sangat direferensikan oleh banyak traveller yang mampir di phuket, karena hotel mewah ini, selain memiliki kamar2 standart hotel dengan berbagai kelasnya, juga menyediakan dorm bagi budget traveller sperti kita. Dorm adalah kamar yang bisa dihuni secara beramai-ramai, mulai dari 4 hingga puluhan orang. Untuk kamar dorm berisi 4 orang yang disediakan oleh hotel Thavorn, masing-masing kita dikenakan Bt 250, dan kita boleh menikmati fasilitas hotel secara keseluruhan, free wifi di living room, dan lainnya. Kita juga diberi peta kota yang simple oleh petugas hotel, lmayan niy, bisa dipake untuk panduan jalan-jalan sejenak di Phuket.

Memasuki kamar kita yang terletak di lantai 5, beneran bikin kagum. Hotel mewah ini ternyatasangat memperhatikan kenyaman bagi pengunjungnya. Walau kita hanya penghuni dorm, tapi fasilitas kamar pun tetap dengan standart hotel,kamar bersih kinclong ber-AC, kamar mandi bathtub + shower dengan standart hotel yang bersih,kasur, bantal empuk dilapis sarung dan selimut bersih, serta cermin besar untuk dandan…heheheheee….

Karna sore ini di Phuket town hujan, jadi kita Cuma bisa di kamar aja. Sambil nunggu hujan reda, kita bergantian mandi dan siap2 untuk makan malam.

Ternyata tak jauh dari hotel kita menginap ada pusat kuliner, seperti warung semawis di semarang. Bertempat di pasar tradisional yang beroperasi di pagi hingga siang hari, malam harinya di manfaatkan sebagai pusat kuliner. Kios2 penjual makanan terlihat berjejer rapi di sepanjang jalan, mempertontonkan makanan2 khas, mulai dari kue2 manis dan kecil, hingga makan malam yang mengenyangkan.

Kita mulai perburuan makan kita dengan merubungi penjual kue2 kecil manis, di sebelahnya terdapat penjual bubur manis serta semacam wedang tapi dengan susu kedelai yang berjahe. Lalu kita mulai explore untuk makan malam. Untuk makanan berat ternyata terdapat 2 pilihan, yang halal dan tidak halal. Untuk makanan yang tidak halal memang lebih dominan lebih banyak, tapi saat menelusuri sisi lain jalan (deretan pedagang terdapat di hook jalan) ternyata terdapat berderet makanan halal, dimulai dengan kebab, mie baso, nasi campur/rames, steak, dll…akhirnya kita pun bergeser ke kumpulan pedagang makanan halal tersebut.

Karena malam ini hujan, kita memilih untuk makan baso aja, sepertinya enak makan hangat. Kebetulan si ibu penjual yang muslim, dapat berbahasa melayu, sehingga agak memudahkan untuk kita tanya2 mengenai jualannya, dan yang bikin tambah enak adalah pelayanan yang diberikan, sangat memperhatikan pembeli 🙂

Usai makan yang kenyang dan di tutup dengan teh tarik, kita mo lanjut jalan2 lagi, walau dah malam, tapi tetep semangat.

Selanjutnya kita mo ke pasar, dipojokan jalan sebrang hotel tavorn, pasarnya siy ga gede, tapi bersih banget, sekilas mirip mall blok m yang di bawah terminal blok m. dagangan berupa baju2, tas, sepatu dan benda kering lainnya terhampar. Karena memang kita berkunjung dah malam, jadi ga lama kita datang, beberapa pedagang dah mulai menutup dagangannya. Cara tutupnya lumyan unik. Kalo di beberapa pasar kita kan biasanya di tutup pake terpal trus diikat. Kalo di pasar ini, cukup di tutup dengan gorden kain (tiap pedagang beda warna) dan diikat di tepinya aja. Saat semua pedagang tutup, bentuk pasarnya jadi unik, seperti kamar2 dengan kelambu warnawarni. Setelah semua pedagang dan pengunjung keluar, pasar ditutup dari luar, sehingga pedagang bisa yakin aman menyimpan barangnya didalam. Bagus juga tuh ide pasar kering seperti itu, bersih, nyaman dan aman.

Waktu menunjukkan jam 11 PM ,tapi Phuket town dah sepi banget seperti kota mati, akhirnya kita kembali ke hotel. Saat masuk kita sempatkan untuk booking taksi ke bandara besok pagi, karena kita akan lanjut ke Bangkok. Penerbangan jam 06.55