Pengrajin stempel cap batik, ketekunan para sepuh menciptakan motif batik

Di sebuah kios kecil di dalam kampung Premulo , dekat dengan kawasan batik yang terkenal di kota Solo, Laweyan, tampak dua orang bapak sepuh yang terlihat tekun dengan tang kecil di tangan dan asik meliukliukkan lempengan tipis tembaga mengikuti pola yang tercetak di atas sebuah kertas. Pola tersebut berbentuk rimbunan bunga, tampaknya pola motif batik baru merupakan pesanan dari sebuah designer batik.

kios pembuat batik cap

pembuat cap batik
pembuat cap batik

Kedua sepuh ini adalah pengrajin cap batik. Pengrajin yang membuat pola untuk batik cap. Saya temui di suatu siang saat kebetulan mampir di rumah seorang sahabat di kota Solo. Melihat keasikan para sepuh ini membuat saya tertarik sehingga saya sempatkan mampir dan memperhatikan pekerjaan mereka.

2011-12-25 11.29.33 (Medium)

menuangkan gambar ke bantuk cap
menuangkan gambar ke bantuk cap

Salah seorang bapak tampak asik meliukkan tembaga mengikuti polanya, sementara seorang bapak lainnya, sedang membenahi sebuah cap yang sudah memasuki tahapan finishing untuk merapikan.

Menurut keterangan dari salah seorang bapak, alur pembuatan cap batik, dimulai dari pembuatan pola. Untuk pola, bisa sudah tergambar oleh pemesan atau bila kita iseng ingin coba menciptakan sebuah pola baru, bisa langsung mendesain dengan pendampingan seorang desainer pola batik, setelah mendapatkan pola, para pengrajin stempel batik cap ini, membuat dasar cetakan yang di sebut dasaran berupa kerangka berbentuk kotakkotak yang juga skalanya di sesuaikan dengan skala pada gambar pola batik. Langkah selanjutnya adalah membuat pola dari lempengan tembaga. Lempengan tembaga ini di lekukkan persis sesuai dengan lekukan gambar, dan di susun tegak sehingga keseluruhan pola berhasil di terjemahkan dalam lekukan-lekukan tembaga yang telah jadi di patri di atas dasaran. Setelah semua selesai, pola di frame untuk merapikan bentuk. Lalu memasuki finishing, yaitu perapihan, dengan pengikiran dan pengamplasan. Cetakan yang telah berbentuk pola di rendam dalam genangan gondorukem yang di panaskan dalam sebuah tungkukayu besar, hal ini dilakukan untuk mengunci serta menghaluskan cetakan. Cetakan yang telah melalui tahapan-tahapan ini siap untuk di kasi gagang untuk pegangan. Setelah melalui proses akhir yaitu perahpihan ujung-ujung tembaga, pengikiran dan pengampalasan untuk meyakinkan bahwa cetakan rata, maka cetakan batik telah selesai dan siap digunakan.

2011-12-25 11.32.12 (Medium)

sudah hampir jadi
sudah hampir jadi

Proses pembuatan cetakan batik untuk satu motif memakan waktu 10 hari dikerjakan dengan penuh ketelitian. Dan biaya pemesanannya sekitar Rp.600ribu, di luar biaya desain.

Ternyata kunjungan iseng hari minggu, malah memberikan pengetahuan baru buat saya, bahwa batik yang bagus selain di pola dengan menggunakan canting untuk batik tulis, proses pembuatan stempel untuk batik cap pun memerlukan keahlian khusus yang di kerjakan dengan tingkat ketelitian tinggi, yang sayangnya tidak ada pemuda yang berminat menjadi pengrajin stempel batikcap.

contoh kecil
contoh kecil

bannersolo

Iklan

22 pemikiran pada “Pengrajin stempel cap batik, ketekunan para sepuh menciptakan motif batik

    1. Kampung premulo, persis d pojoka dr p3an laweyan. Kl dr st. Purwosari lurus aja k arah kp. Batik laweyan, hingga p3an, bapak2 ini bs d temui d kampung seberang kanan.

      1. Daerahnya sdh saya jelaskan d atas, kampung pemula laweyan. Kl berkunjung k solo Di tanyakan saja d daerah laweyan

      1. Alamat tepatnya ga tau nama jalannya mbak, krn saya blusukan d sekitaran laweyan dan menemukan pengrajin stempel ini

  1. Halo Mbak.. saya Dita, penulis di engrasia.com, ecommerce untuk batik. Saya minta izin untuk menyadur poin-poin tulisan serta memakai foto yang relevan ke dalam artikel. Saya akan mencantumkan alamat blog Mbak sebagai sumber. Apakah Mbak tidak keberatan?

    Terima kasih sebelumnya, salam kenal 🙂

    1. Hai mbak Dita,
      silahkan menggunakan content tulisan dan foto yang ada diblog, dan tak lupa menuliskan blog saya sebagai sumber tulisan.
      semoga manfaat

  2. proses pembuatan kain batik cap dan tulis memliki tingkat kerumitan yang berbeda. Proses proses tersebut sama sama membutuhkan kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi dalam pembuatannya.
    Referensi macam macam motif kain batik cap bisa juga di lihat di http://www.kayamarabatik.com

  3. halo, bisa bagi info pengrajin yang bisa buatkan stempel batik seperti gambar diatas, alamat dan kontak yang bisa dihubungi.

    1. Mohon maaf saya tidak meminta contact pengrajinnya. lokasi workshop pembuatan stempel batik bisa dilihat di blog, karena kebetulan dekat dengan rumah teman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s