wayang slomot inovasi pembuatan wayang

image

Mendengar kata wayang pasti tersirat beberapa jenis wayang dan yang terpopuler ada wayang kulit. untuk jenis wayang kulit pastilah wayang tersebut terbuat dari kulit,kulit sapi yg biasanya digunakan. Tapi yang saya temukan di gedung kesenian sobokarti, semarang adalah wayang slomot,yang penampakannya bagi orang awam seperti saya tak terlihat bedanya. jdi apakah wayang slomot? ?

Slomot merupakan aktivitas membentuk dengan menggunakan pemanas smacam solder dengan model / sketsa yang telah ditentukan. untuk hal ini adalah wayang. media yang digunakan adalah fiber. sehingga, bila simpulkan wayang slomot adalah Inovasi pbuatan wayang mgunakan fiber dan tatah detail wayang mgunakan solder pemanas sehingga menghasilkan detail wayang yg bgitu halus.
Mas bagus namanya,saya temui ketika menonton ptunjukan wayang di gedung budaya sobokarti,semarang. Mas yg begitu sederhana penampakannya menggelar wayang hasil karyanya. Untuk orang awam wayang spti saya hasilnya tak nampak berbeda dg wayang kulit dibandingkan dengan material fiber yg digunakan cat sablon.

image

image

Menurut penuturan mas Bagus, proses  pembuatan wayang slomot biasanya skitar 5 – 7 hr, mulai dr membuat sketsa tokoh wayang dari bahan dasar hingga finalsasi berupa pewarnaan.
proses pembuatan tokoh wayang, diawali dengan riset lakon dan bentuk tokoh wayang. karakteristik wayang d Indonesia begitu beragam namun hampir semuanya berkiblat pada corak dan.karakteristik wayang yogyakarta dan surakarta.
Mas Reza yang juga mulai.mahir membuat wayang slomot memiliki buku tokoh wayang Yogyakarta dan Surakarta sebagai referensi pembuatan wayang. Berdasarkan penuturan mas Reza detail tiap tokoh memiliki kekhasan masing-masing, seperti tokoh lawan yang memiliki taring kecil dan d beri warna muka merah atau butho yang tergambarkan berbadan besar dan bermuka seram.
Pembentukan detail tokoh dapat terbentuk dengan lebih rapi dan halus dengan menggunakan slomot d banding di tatah pada kulit. warna yang d gunakan pada fiber menggunakan cat poster sehingga memberikan warna yang lebih menarik.

image

Walau inovasi pembuatan wayang dengan menggunakan fiber dan slomot merupakan inovasi baru dalam pembuatan wayang, tapi sedikitpun tak.menyimpang dari wayang yang telah ada. dan sebagai inovator mas Bagus belum memikirkan untuk mendaftarkan temuannya untuk.mendapatkan paten.

-vii-

Iklan

Satu pemikiran pada “wayang slomot inovasi pembuatan wayang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s