Berburu ubur-ubur ala spongebob di Danau Kakaban

Image

Kenal Sponge Bob? Si kuning berbahan sponge yang selalu ceria dan iseng tinggal di dasar laut ? Kalo masih belum kenal monggo di googling deh, karena sponge bob adalah salah satu animasi kegemaranku.  Sponge bob yang selalu gembira ini memiliki hobby berburu ubur-ubur, dan terlihat begitu bahagianya berlarian diantara ubur-ubur, awalnya kegiatan bahagia berburu ubur-ubur hanya kuanggap sebagai salah satu cerita fantasi pengarang Sponge Bob saja, ternyata aku salah, hal itu benar adanya.Image

Itulah yang kurasakan saat aku berenang di danau pulau Kakaban yang terdapat ribuan ubur-ubur tak berbisa / stingless jellyfish. Ubur-ubur berwarna peach berenang manja disekitarku dan begitu disentuh, ubur-bur ini begitu lembut dan bentuknya begitu menggemaskan. Berenang diantara ubur-ubur memberi sensasi yang luarbiasa, dan kesempatan ini hanya bisa dirasakan di danau pulau Kakaban yang terletak diKepulauan Derawan – Propinsi Kalimantan Timur.

Image

Pulau Kakaban adalah salah satu dari bebrapa pulau yang terdapat dalam gugusan kepulauan Derawan, Kabupaten Berau. Dari Pulau Derawan menggunakan speedboat memerlukan waktu hampir 1 jam untuk mencapai Pulau Kakaban. Begitu tiba, ada dermaga kayu dengan gapura kecil yang menyambut kedatangan kami. Dari arah laut saja pulau kakaban sudah terlihat cantik, dikelilingi terumbu karang yang terlihat langsung berkat jernihnya airlaut.

ImageImage

Memasuki pulau Kakaban kami harus mendaftarkan diri dan membayar registrasi Rp. 10.000, yang di kelola oleh masyarakat setempat utnuk membantu menjaga kelestarian flora dan fauna pulau Kakaban yang merupakan destinasi utama wisatawan di Kepulauan Derwan. Selain memiliki biota unik berupa ubur-ubur yang menggemaskan, terumbu karang di sekeliling pulau kakabanpun sangat layak untuk dinikmati karena terdapat aneka bentuk terumbu dilengkapi ikan-ikan cantik warnawarni.

Image

Dari dermaga kami harus menembus hutan pulau kakaban, tak seberapa jauh, hanya 10 – 15 menit berjalan santai tapi suasana hutan yang lebat dan rapat memberi kesan beda. Jembatan kayu yang disediakan memberi kemudahan bagi pengunjung untuk berjalan menuju Danau yan terletak di pusat pulau Kakaban.

ImageImage

Begitu tiba di dermaga danau, hanya kata ‘wooow’ yang bisa terucap, saking indahnya pemandangan. Dari atas kami belum terlalu terhipnotis dengan keindahan bawah lautnya, khususnya ubur-ubur, karena pemandangan hijau yang terbentang di sekeliling danau begitu indah.

ImageImage

Setelah kembali mengenakan snorkel gear byuuur, nyebur ke dalam danau yang airnya sejuk dan berwarna hijau emerlard. Tak perlu mencari – cari satu persatu ubur-ubur lucu datang menghampiri dari ukuran sebesar kelingking hingga setelapak tangan. Makin berenang ke tengah danau makin ramai ubur-ubur bermunculan dan makin senang aku bermain diantara mereka, sehingga tak sadar diri sudah berapa lama berenang. Ubur-ubur yang jinak dan imut yang bila disentuh gelembungnya sangat lembut dan lucunya bermain dengan ubur-ubur adalah membloking jalannya, seperti semut, yang saat berjalan terblokir sesuatu akan berbelok atau balik arah, demikian juga ubur-ubur.

ImageImageImageImageImageImageImage

Ada empat jenis ubur-ubur di Danau kakabang, diantaranya adalah yang berbentuk piring berwarna transparang – yang ini sulit di cari karena banyak di dasar dan warnanya transparan menyulitkan untuk mencarinya ;  ubur-ubur yang berukuran superkecil  -sempat ku kira anak ubur-ubur yang belum dewasa saat berpaspasan dengan jenis ubur-ubur ini ; ubur-ibur terbalik – banyak di temukan di dasar danau, ku kira ubur-ubur tidur / mati karena tak banyak bergerak dan berntuknya tengkurap didasar danau ; dan yang terakhir dan terbanyak jenis ubur-ubur berwarna peach yang berkeliaran kesana kemari dengan gembira. Bersama jenis yang terakhir inilah aku bermain di danau kakabang. Dikelilingi ubur-ubur, colek sanasini dan tos tiap ada ubur-ubur yang menghapiriku.

Image

Usai berenang di Danau Kakaban, dan sangat bahagia bermain bersama ubur-ubur, sekarang aku mengerti bahagianya spongebob berburu ubur-ubur.

 

-vii-

Iklan

3 pemikiran pada “Berburu ubur-ubur ala spongebob di Danau Kakaban

    1. Hahahaa…..pekerjaan ini demi membiayai traveling, jd hrs sabar.
      Rasa air danau kakaban? ? Asin…tp ga seasin air laut..hehehehee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s