Pulau Samama yang cantik yang dilupakan

Image

Puas snorkeling dan berjumpa Mantaray, bermain di laut hari ini akan diakhiri dengan mengunjungi pulau Samama. Pulau Samama adalah salah satu pulau kecil yang ada di gugusan kepulauan Derawan. Dibanding pulau-pulau lainnya, pulau Samama tidak terkenal, hanya sering dilewati wisatawan. Secara posisi, pulau Samama terletak diantara Pulau Sangalaki dan Pulau Derawan sehingga pasti dilalui tapi tak pernah dikunjungi. Tapi mas Silo bersikeras untuk mengajak kami mengunjungi pulau Samama, kita lihat ada apa disana.

Image

Dari Pulau Sangalaki sudah terlihat seonggok hijau pulau Samama, air yang jenih menyambut kedatangan kita di Pulau Samama. Kita tidak akan singgah di pulau, tapi akan mengeliilngi pulau menggunakan boat, perlahan kita mulai memasuki rapatnya hutan batau yang mengepung pesisir Pulau Samama.

Pemandangan indah langsung menjerumuskan kita untuk terpikat menikmati keindahan yang berbeda. Bila sebelumnya kita terpesona keindahan bawah laut, biota laut yang unik, tapi kali ini pemandangan hijau hutan bakau berpadu dengan jernihnya air hingga kami bisa melihat langsung ke dasarnya yang putih. Ingin rasanya nyemplung main di air, tapi dilarang mas Silo karena dibalik pasir putih tersebut tersembunyi pari / stingray yang akan menciderai.

Image

ImageImageImageImage

Berkeliilng di pulau Samama mengingatkan kita akan film ‘Anaconda’, apalagi ternyata Anaconda asli berasal dari hutan Kalimantan bukan dari hutan amazon yang terkenal itu. Kita langsung berimajinasi dengan tambahan asap2 yang mengambang diatas air lalu ….WUUUUZZZ…Seekor Anaconda muncul dari balik pohon-pohon besar….. hahahahahaa… bukannya ketakutan kita malah ketawa-ketawa girang saling menambahi adegan seram berlatar film Anaconda.Image

Menikmati senja di Pulau Samama mebuat kita tambah terpesona akan keindahan pemandangan kepulauan Derawan. Sangat disayangkan sekali pulau Samama jarang dikunjungi dan sangat jarang operator travel menawarkan mampir di pulau Samama. Walau hanya menikmatinya dari atas boat yang berjalan lambat, tapi cukup memuaskan kami. Seakan memasuki dunia lain yang tak kami temukan sebelumnya.

IMG_0583 (Small) IMG_0593 (Small) IMG_0596 (Small) IMG_0605 (Small)

– vii –

Iklan

3 pemikiran pada “Pulau Samama yang cantik yang dilupakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s