Canopy Bridge Hutan Wisata Bukit Bangkiray

Image

Berjalan diatas jembatan gantung setinggi 30 m ternyata perlu keberanian khusus, beruntung aku ga phobia ketinggian, jadi sangat menikmati tantangan jembatan gantung dengan pemandangan hutan Borneo dari Hutan Wisata Bukit Bangkiray – Balikpapan, Kalimantan TImur.

Saat kunjunganku ke Balikpapan penghujung 2012 lalu (beneran penghujung hari 2012, yaitu tanggal 31 Desember 2012) aku sudah request ke Addi yang tinggal di Balikpapan untuk mengantarku ke Bukit Bangkiray, demi mencoba menaiki Jembatan Gantung setinggi 30 m.

Dari Balikpapan kami menggunakan motor melalui jalan lintas Balikapapan – Samarinda dan berbelok ke arah Patuk, dan ikuti jalan yang cukup mulus hingga nanti menemukan petunjuk arah menuju Bukit Bangkiray. perjalanan dengan waktu tempuh sektiar 90 menit ini tidaklah membosankan, karena ada saja pemandangan menarik yang ku temukan, seperti lahan-lahan botak, pemandangan dari ketinggian yang indah hingga deretan pedagang sepanjang jalan.

ImageImage

Memasuki Hutan Wisata Bukit Bangkiray yang bersisian dengan jalur tambang, jalan tak lagi mulus, jalan berbatu yang saat musim hujan sepertinya akan sangat menyiksa pengendara motor, hingga akhirnya tibalah kami di gerbang Hutan Wisata Bukit Bangkiray.

Image

Image

Dari gerbang kami membayar tiket masuk Rp. 5000 / orang. DI halaman muka ternyata terdapat banyak penginapan yang sangat layak seperti halnya camping ground yang sering saya kunjungi di SUkabumi atau Bogor. rumah-rumah kayu dan aula yang sangat nyaman. selain itu juga terdapat camping ground untuk yang ingin berkemah. Dari sini kami parkir motor dan mulai berjalan menuju Canopy bridge.

Pertama kami menemukan jembatan gantung kecil, lalu mulai memasuki hutan sebagai trek pertama yang kita lalui. Bagiku yang baru pertama kali ke Borneo, kesempatan memasuki Hutan Borneo sangat merupakan pengalaman yang berbeda, walau ‘hanya’ hutan wisata bukan hutan Borneo yang sebenarnya, tapi cukup untuk memuaskan jiwa petualanganku (ceilee…petualang). ada beberapa trek yang ditawarkan di Hutan Wisata Bukit Bangkiray, dan tiap trek memiliki jarak tempuh dan tingkat kesulitan yang beda. kami hanya mengikuti dua trek saja, yaitu trek menuju Canopy Bridge, andai saja waktu kami lebih panjang, ingin juga merasakan petualangan di trek-trek lain yang ditawarkan.

ImageImageImageImage

Setelah lumayan pemanasan dengan trekking kurang dari 1000 m dengan kontur yang cukup bersahabat akhirnya kami tiba di area Canopy bridge. Pohon – pohon tinggi tampak menjulang. tampak Canopy bridge menghubungi 5 pohon besar dan tinggi di atas sana. disekitar area terdapat kursi-kursi kayu bagi pengunjung yang ingin beristirahat seperti kami, yang dengan sengaja ingin santai sejenak sambil menikmati bekal yang kami bawa dari rumah.

ImageImage

menaiki Canopy Bridge dikenakan biaya RP. 20.000/orang. ada persyaratan khusus saat berjalan di canopy bridge, yaitu jarak antar orang minimal 2 m, atau agar lebih aman sebaiknya menunggu tiap orang selesai meniti canopy bridge barulah orang berikutnya mengikuti. menaiki tangga yang melingkari pohon menuju ketinggian 30m lumayan mebuat ngos-ngosan…dasar gendut ya, hahahahaa…tapi begitu tiba di shelter atas…woooow..pemandangan dari ketinggian 30 meter dengan hamparan hijau di bawahnya begitu mempesona.ImageImageImage

Marilah kita mulai meniti Canopy Bridge yang sangat menggoda ini, satu demi satu kami berjalan, dan tak lupa walau dari ketinggian 30 m tetep aja selalu memanfaatkan momen spesial ini untuk berphoto-photo. ada empat jembatan yang menghubungkan 5 pohon besar dan ditiap pohonnya terdapat shelter yang cukup luas untuk menampung antrian pengunjung yang akan melewati jembatan. ImageImageImage

Pemandangan dari atas melihat hamparan hijau pohon-pohon sebenarnya tidak membosankan untuk dinikmati, apalagi bila menemukan hewan-hewan di atas pohon. Saking ga mau rugi, kita niat banget berlama-lama disini, warawiri mundarmandir bolakbalik mumpung sepi pengunjung.

ImageImage

Image

Kta baru turun setelah benar-benar puas dan sudah menikmati pemandangan. lagi pula kita masih punya destinasi lain yang harus di kunjungi. Kembali melalui trek yang sama, kita bersiap untuk kembali bermotor ria.

Cerita singkat pembangunan Canopy Bridge :

Dibangun tahun 1998 oleh enam orang yang tergabung dalam  Canopy Construction Asociated, kontraktor asal Amerika dalam waktu satu bulan. Seluruh material kecuali kayu diimpor langsung dari Amerika. Dan Umur rencana dari jembatan ini adalah 15 – 20 tahun, disesuaikan dengan umur pohon yang menyangganya. Jadi, Januari 2013 ini, Canopy Bridge tepat berumur 15 tahun, jadi berhati-hatilah. Beruntung kita sudah menaiki Canopy Bridge….yeeeiiii

history of canopy bridge
history of canopy bridge

-vii-

Iklan

11 pemikiran pada “Canopy Bridge Hutan Wisata Bukit Bangkiray

  1. Mbak, ke sana harus reservasi dulu atau bisa langsung datang? hari sabtu minggu tutup gak yah? atau malah hari biasa yg tutup? hehehe.. saya mau pulang ke Balikpapan sekalian mau main ke sana.. ^_^

    Salam kenal!
    Kyky

    1. Waktu ksana aku lgs datang aja, beli tiket d pintu masuk. Waktu bukanya kurang tau,tp sepertinya buka setiap saat. Menuju canopy bridge pun tak sulit, tinggal mengikuti petunjuk arah yg ada.
      Naik canopy bridge dikenakan biaya lagi, tp kl untuk.perawatan tak apa deh

      1. Kesananya gak ada angkutan umum yah, mbak? Kalo bawa mobil ada tempat parkirnya kah? biaya masuk sana totalnya berapa, mbak? maap banyak nanya, ahahaha

      2. iya, ga da angkutan umum. dari jalan raya yang tersedia angkutan umum masih lumayan jauh masuk ke dalamnya.
        untuk parkir lumayan luas kog area parkirnya.
        untuk biaya masuk, klo ga salah siy, masuk ke area hutan wisata RP. 5000 dan untuk naik ke canopy sekitar Rp. 20.000

      3. terima kasih, mbak… sebenarnya saya pingin main juga ke BOS buat liat orang utan dan beruang madu atau ke Sungai Wain, pengen ketemu orang utan sih sebenarnya,, tapi belum tau gimana akses kesana.. ini juga browsing2 dulu sebelum pergi, hihihi..

        terima kasih sekali lagi ya mbak.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s