Ta Prohm – Angelina Jolie was here, so do I

Image

 

Dari keseluruhan candi yang ada di Angkor Archeology Park, ada satu candi yang sangat ngetop yaitu Ta Phrom atau dikenal juga dengan Jungle Tample. Adalah Angelina Jolie yang membuat candi ini menjadi salah satu wajib kunjung diantara candi-candi lainnya di Angkor Archeology park, dan daya pikat itu juga yang membuat kami me’highlight’ candi ini dalam itenerary kami.

Siang itu begitu terik, dan tuktuk kami melaju pelan melalui jalan yang rindang dengan pohon-pohon besar. Sudah beberapa candi besar kami masuki di Angkor Archeology Park. Tiap candi memiliki keunikan, kecantikan dan tingkat kehancuran yang berbeda *kukira Cuma candi di Indonesia saja banyak yang sekarat dan di curi, ternyata candi di sini pun tak jauh berbeda kondisinya*. Entah karena panasnya hari atau memang kami sudah lelah sedari subuh tadi sudah berada di Angkor Archeology park untuk mengejar sunrise di Angkor Wat dan dilanjutkan dengan mengunjungi candi-candi lainnya, disisa hari ini setiap tuk-tuk berhenti menghampiri halaman muka candi yang labih kecil kami tak lagi bersemangat, kecuali saat tuktuk berhenti di muka halaman Ta Phrom dan dia menyebutkan ‘Angelina Jolie – Tomb Rider’, baiklah kami akan turun disini.

ImageImage

Memasuki Ta Phrom melalui jalan setapak yang rindang, sesuai namanya the Jungle Tample, suasana memasuki candi sangat teduh, beda dengan candi-candi sebelumnya yang sangat terik dan sumuk. Di Pintu Gerbang Ta Phrom kami langsung di suguhi kekhasan dari candi ini, yaitu pohon-pohon besar yang ‘memakan’ bangunan candi, sangat menakjubkan dan mengerikan membayangkannya seperti pada adegan film ‘Lord of the Ring’ saat pohon-pohon raksasa menjadi hidup.

ImageImage

Ta Phrom seakan tunduk pada kedigdayaan pohon-pohon besar yang tumbuh di sekitarnya. Bangunan kokoh candi di telan dan takluk dikangkangi pohon-pohon besar. Pemandangannya jadi menakjubkan tapi prihatin juga bila pohon-pohon itu terus membesar dan meluluhlantahkan batu-batu candi.

Memasuki Ta Phrom kami langsung terpesona pada dinding pagar yang miring terkalahkan pohon besar, semakin masuk ke dalam kami menumukan bangunan lainnya yang bentuk pohonnya lebih sadis lagi, bahkan ada salah satu pintu masuk candi yang diatasnya tumbuh pohon sangat besar.

ImageImage

Ta Phrom memiliki lorong-lorong yang tak terlalu lebar, setiap lorong mengantar kami menuju ruang-ruang lapang diluar ruang. Di setiap pojok pohon-pohon besar tumbuh merajalela. Dan karena pojokan candi tersebut sering dijadikan objek photo, oleh pengelola candi di sediakan panggung kecil bagi wisatawan yang hendak berpotong berlatar belakang pohon besar yang melahap bangunan candi.

Selama kami di candi di Kawasan Angkor Archeology park, kami tak menyewa guide untuk menerangkan perihal sejarah candi, namun bila kesempatannya memungkinkan aku sering mencuri dengar saat guide yang menggunakan bahasa inggris menjelaskan sesuatu, jadi sok-sok merapat gitu deh usaha. Ada hal unik yang kutemukan dari penjelasan dari guide di Ta Phrom, yaitu penjelasan yang di bumbui dengan ‘Angelina Jolie dan Tomb Rider’. Seperti di salah satu sudut dengan pohon raksasa sebagai latar, lalu guidenya menjelaskan ‘you know angeilna Jolie in the movie of Tomb Rider?? Here is the place where she’s reading the book, under that tree. I can take the photo for you ‘ di tempat lainnya, lagi-lagi aku mencuri dengar seorang guide menjelaskan suatu tempat dengan embel-embel ‘ Angelina Jolie and Tomb Rider’.ImageImageImage

Karena kepopuleran Angelina Jolie di T a Phrom pada film Tomb Rider, sehingga akupun merasa perlu untuk mengabadikan diri di beberapa spot yang di tunjuk oleh guide tersebut yang merupakan lokasi-lokasi shooting, sehingga saat ada yang menjelaskan ‘Angelina Jollie was here’ maka aku bisa menjawab ‘ so do I’.

Sekelumit penjelasan dan sejarah dari Ta Prohm dari wikipedia :

Ta Prohm (Khmer: ប្រាសាទតាព្រហ្ម)  originally called Rajavihara (in Khmer: រាជវិហារ)  it was founded by the KhmerKing Jayavarman VII as a Mahayana Buddhist monastery and university. Jayavarman VII constructed Rajavihara in honor of his family.

The temple’s main image, representing Prajnaparamita, the personification of wisdom, was modelled on the king’s mother. The northern and southern satellite temples in the third enclosure were dedicated to the king’s guru and his elder brother respectively. As such, Ta Prohm formed a complementary pair with the temple monastery of Preah Khan, dedicated in 1191 A.D., the main image of which represented the Bodhisattvaof compassion Lokesvara and was modelled on the king’s father.[3]

The temple of Ta Prohm was used as a location in the film Tomb Raider. Although the film took visual liberties with other Angkoriantemples, its scenes of Ta Prohm were quite faithful to the temple’s actual appearance, and made use of its eerie qualities

-vii-

Iklan

2 pemikiran pada “Ta Prohm – Angelina Jolie was here, so do I

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s