Romantisme Mahacinta Rahwana

image

Mahacinta rahwana
Rahwana, seperti apa kamu mengenalnya ? raksasa buruk rupa, sosok jahat, penculik wanita; seorang istri, penguasa alengka dan sederet kesan negatif menempel pada rahwana, itu yang saya kenal mengenai rahwana dari beberapa cerita wayang ramayana yang pernah saya baca.

Namun malam ini semua kesan negatif itu luruh, sosok rahwana berubah, cara pandang saya terhadap rahwana seperti terjungkir balik.
Adalah pertunjukan konser #mahacintarahwana persembahan dalang kondang Sudjiwotejo yang melakukannya. Pertunjukan yang d olah dengan apik, tajuk konser namun tak hanya serangkaian lagu-lagu apik karya sudjiwotejo namun  juga dirangkai secara indah dengan wayang, dan tari juga tak tertinggal sentilan dan guyon cerdas yang berhasil memberikan tontonan yang begitu hidup, tanpa kehilangan romantisme kisah cinta rahwana yang begitu indah d sampaikan oleh sang dalang.
Konser yang d dukung penyanyi romantis Glenn Fredly menyanyikan lagu utama mahacinta rahwana, syahrani dengan jenis musin jazz nya yang khas, Sruti Respati menyanyikan beberapa lagu dengan lagam jawa dan iringan piano tya subiakto yang begitu indah mendampingi lagu suatu ketika, membuat penutup konser ini begitu indah.

image

Kehadiran trio GAM dan Butet Kertaredjasa juga berhasil membuat penonton riuh dengan banyolan dan sentilan politik yang disusupi dalam dialog yang terlantun bebas dan tak ketinggalab penampilan Sitok Srengenge.

image

Bagi saya, penuturan cerita sisi lain rahwana yang d sampaikan sudjiwotedjo, berhasil merubah cara pandang saya terhadap rahwana, si dasamuka yang menyeramkan. Diceritakan bahwa rahwana bersemadi ribuan tahun, dan setiap seribu rahwana memenggal kepalanya (pengorbanan luar biasa untuk seorang tokoh berkarakter jahat, rela memenggal kepalanya satu demi satu hingga tersisa satu kepala). Dibabak cerita lainnya d kisahkan mengenai saat menyanderaan sinta d Alengka, Rahwana tak pernah menyentuh sinta dan kehidupan sinta d taman asoka d gambarkan begitu indah. Demikian cintanya rahwana pada sinta sehingga menjaga kesucian sinta, hingga percakapan antara Rahwana dan sita d buat layaknya sepasang kekasih yang harus menghadapi cinta tak sampai. Penonton begitu terbuai dengan adegan romantisme.

image

Secara keseluruhan Konser Mahacinta Rahwana begitu memukau, selama 2, 5 jam penonton d sajikan  pertunjukan yang berbeda setiap babaknya, dibuka dengan tarian jawa, dan ditutup dengan dentingan piano yang merdu.

image

Iklan

4 pemikiran pada “Romantisme Mahacinta Rahwana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s