Soekarno…..sebuah film dari Hanung

image

Seluruh penonton diharap berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lampu studio yang sebelumnya gelap kembali terang, bendera merah putih berkibar d layar dan iringan musik lagu Indonesia Raya mulai berkumandang. Segera saya berdiri, dan mulai bernyanyi ‘Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku, disanalah aku berdiri…… ‘

Surprise yang menyenangkan, baru kali ini menonton film dimana penonton diminta untuk berinteraksi langsung untuk menmbangun emosi sesaat begitu film dimulai.
Film Soekarno dimulai dengan aksi penyergapan tentara pada sekelompok pejuang untuk menangkap Soekarno.
Siapa Soekarno yang bernama kecil kusno ? Soekarno seorang inlander yang tidak hanya diam ketika bangsanya d tindas, diinjak, dan terjajah d tanahnya sendiri. Soekarno yang berjuang demi kemerdekaan bangsanya, dipenjara, diasingkan, dan dianggap penghianat. Soekarno adalah bapak bangsa indonesia, proklamator kemerdekaan negeri ini, walau diakhir usianya begitu tragis.
Film ini mengisahkan bagaimana Soekarno tergerak hatinya untuk melawan ketidakadilan yang diterimanya, kehidupan diasingkan, perjuangan-perjuangannya untuk melindungi rakyat dan memperjuangkan kemerdekaan. dikisahkan juga kehidupan cinta Soekarno yang begitu mesra dengan Ibu Inggit yang sayangnya tak diberi keturunan, hingga perkenalan dengan ibu Fatmawati yang memberikannya seorang putra bernama Guntur.
Beberapa bagian berhasil menarik emosi, ketika Soekarno membacakan pidato Pancasila, spontan saya turut bertepuktangan seiring tepuk tangan yang membahana dari film yang berlangsung. Setitik airmata turut meleleh ketika ibu inggit meninggalkan rumah, dan saat Proklamasi dibacakan dengan suara asli Bung Karno dan layarpun berubah hitam pekat hanya bertuliskan naskah Proklamasi. Diakhir film saya masih terpana menonton layar yang bertuliskan nama pemain, seiring dengan tepuk tangan yang saya lakukan.
Bagi saya film ini berhasil, mengenalkan Soekarno dengan cara yang ringan serta tokoh-tokoh yang tak asing namanya tapi kenalkah kita siapa mereka, selain Soekarno ada Hatta, sjahrir, dan tokoh lainnya muncul disini. Semoga insan perfilman tergerak untuk menggali tokoh-tokoh lainnya untuk dikenalkan dengan cara yang berbeda. Menggali sejarah dan menyampaikan dengan cara yang ringan tanpa melenceng dari sejarah yang sebenarnya.

#pagi hari sebelum menontin film Soekarno, saya sempatkan untum mengajak keponakan berkunjung k Museum Perumusan Naskah Proklamasi, sebagai prologue sebelum menonton film

image

image

image

Iklan

11 pemikiran pada “Soekarno…..sebuah film dari Hanung

  1. Aku belum nonton… 😦
    waktu di Madura kemarin sempat ngobrol lama sama seorang sejarawan. Dia bilang secara sinematografi filmnya bagus, penggarapannya bagus. sayangnya film ini banyak cacat sejarahnya. artinya, Hanung berhasil mendekonstruksi Soekarno sesuai bayangannya tanpa patuh pada fakta sejarah yang sebenarnya..

    gak heran kalau banyak juga yang bersuara sumbang sama film ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s