Jumpa Soekarno di Ende

image

Di kota ini kutemukan lima mutiara, di bawah pohon sukun ini kurenungkan nilai-nilai luhur Pancasila – Soekarno

Kota Ende merupakan salah satu kota yg kami lalui saat overland Flores dari Labuan Bajo hingga Maumere. Kota Ende langsung mengingatkanku pada Soekarno, di kota ini Bapak Negeri pernah d asingkan oleh pemerintah Belanda demi meredam perjuangan beliau untuk memerdekakan Indonesia.
Kota Ende merupakan kota pesisir d selatan pulau Flores. Sesaat sebelum mamasuki kota dari arah barat, mata kami sudah d manjakan dengan pemandangan pantai yang indah, diawali dengan cantiknya pantai batu hijau yang mempesona kami dengan hamparan butir-butir batu berwarna hijau cemerlang. Jalan berliku menyusuri pantai mengantar kami memasuki kota Ende.

image

Hari sudah sore saat itu, perjalanan panjang dari Bajawa ternyata memakan waktu yang cukup lama. Diantar Jimmy, kami langsung mencari Soekarno, dan menemukannya duduk termenung d sebuah taman. Kami langsung menghampirinya, dan meyapa ‘Kami datang berkunjung bung, semoga apa yang menginspirasimu saat itu juga menginspirasi kami untuk lebih mencintai negeri ini’.

image

Sesosok patung soekarno duduk menyilangkan kaki diatas kursi taman di bawah pohon sukun di sebuah taman yang teduh (yang saat ini sedang dalam tahap renovasi). Disanalah ku temukan Soekarno, dengan muka seriusnya, tampak berfikir keras, merenungkan lima mutiara cikal bakal PANCASILA.
Setelah menyapa bung karno di Taman Renungan Soekarno, kamipun menyambangi rumah yang bung Karno diami selama di Ende. Tak terlalu jauh jaraknya, dengan berjalan kaki santai kamipun tiba.

image

Sebuah rumah mungil berwarna putih, dengan bendera merah putih berkibar di halaman. Di pagarnya terdapat tulisan ‘Rumah Pengasingan Soekarno d Ende’. Kamipun menghampirinya. Bermaksud untuk masuk dan  berkunjung, tapi ternyata pintu terkunci dan penjaga sudah pulang.
Sayang sekali sebenarnya kami tidak bisa masuk,  kesempatan ini harus hilang.

image

Akhirnya kami hanya melihat dari luar pagar saja, mengabadikan tampak muka rumahnya, lalu kamipun beranjak pergi.
Kota Ende terbilang ramai sebagai kota kabupaten, ada bandara yang melayani penerbangan ke Kupang dan Bali. Jikalau teman ada rencana ke Ende sempatkan jumpa denga  Bung Karno.
Sore itu kami melanjutkan perjalanan, untuk melihat sunrise di kelimutu pagi besok.

image

-vii-

Iklan

7 pemikiran pada “Jumpa Soekarno di Ende

    1. aku blm pernah ke kupang, karena beda pulau dengan flores. pernah baca referensi wisata, tak jauh dari kupang ada pantai dengan batu-batu warnawarna, mungkin seperti pantai di dintor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s