Sailing Trip Lombok – Labuan Bajo (1)

Image

Nenek moyangku orang pelaut, Gemar mengarung luas samudra, Menerjang ombak tiada takut, Menempuh badai sudah biasa
Angin bertiup layar terkembang, Ombak berdebur di tepi pantai, Pemuda b’rani bangkit sekarang, Ke laut kita beramai-ramai.….. ‘

Ini adalah pengalaman pertama saya berlayar menggunakan kapal kayu jenis phinisi selama 4 hari. Sailing trip yang tenar disebut Live on Board (LOB), yaitu sailing trip yang akan mampir-mampir ke beberapa pulau, dan penumpangnya tinggal bareng, dari makan, tidur, mau berenang tinggal loncat, berbagi keseharian dengan teman baru diatas kapal.

Sebenarnya siy worthed to try karena sepanjang perjalanan pemandangan begitu indah, gugusan pulau mendominasi sejauh mata memandang, pulau-pulau kecil yang entah berpenghuni atau tidak, memberikan pemandangan yang menangkan jiwa raga, udara segar, yang bertiup sepoi dan fasilitas yang diberikan pun cukup memanjakan penumpang. Tapi hal itu bila kondisi normal, namun bila kondisi seperti yang saya alami selama 4 hari 3 malam di penghujung bulan Desember yang mana hampir setiap malam kami terguncang-guncang dahsyat akibat hujan deras, seakan naik kora-kora di Dufan tapi untuk waktu 4 hari, dan kalo ternyata jekpot….ga usah siapkan kresek silangkan langsung nyemplung ke laut, selamatlah, berarti anda layak punya nenek moyang seorang pelaut…..

Berlayar mengarungi laut utara Sumbawa selama empat hari adalah ide tergila buat saya, terinspirasi dari cerita beberapa blog yang sepertinya asik bisa mengunjungi beberapa pulau yang akan disinggahi, maka saat liburan akhir tahun tiba, langsung saja cari info paket Live On Board dan berteguh hati untuk mendaftarkan diri (sebenarnya banyak berdoa semoga cuaca mendukung, mengingat belakangan dijakarta hujan deras disertai angin sering terjadi).

Setelah browsing sekian banyak paket yang menawarkan LOB, saya pilih Kencana Tour, ada beberapa rekomendasi baik dan yang termurah untuk sailing dengan mengunjungi beberapa pulau dalam perjalanannya. Untuk pendaftaran ini, lagi-lagi keberuntungan berpihak, seorang teman baik menawarkan diskon RP. 100rb dari harga yang tertera pada website Kencana Adventour, sepertinya awal yang baik niy. Dan menurut info dari pihak kencana, untuk sailing kali ini mereka menggunakan kapal phinisi baru dengan kapasitas lebih dari 50 orang, karena semakin banyaknya minat untuk mencoba sailing.

 

D1 – Boarding….

Menjelang siang Kami dijemput dengan menggnakan minibus dari pihak Kencana Tour untuk mengikuti briefing di daerah Senggigi yang merupakan basecamp dan meeting point seluruh penumpang sebelum berlayar. Pada briefing ini dijelaskan rute pelayaran, pulau-pulau yang akan kami kunjungi, fasilitas apa saja yang akan kami dapatkan selama perjalanan, dan yang terakhir adalah untuk pemesanan minuman, semacam bir bisa dilakukan disini, sehingga nanti di kapal, tinggal ambil saja minuman dingin yang tersedia sesuai jumlah pesanan. Kami juga diminta untuk melengkapi data diri, seperti no. KTP atau Passport dan contact person in case of emergency, yang harus kami kumpulkan kepada pihak Kencana. Disinilah untuk pertama kali kami berjumpa dengan orang-orang yang akan berbagi kapal dengan kami selama 4 hari, sepertinya akan seru niy. Peserta pelayaran ini adalah 50 orang, terdiri dari 25 orang lokal grup sebuah komunitas traveling (sepertinya mereka sudah solid deh), 10 orang grup guru EF dari Inggris (membuat suasana kapal bagai kelas di hogward dengan aksen british yang kental), sisanya adalah yang mendaftar mandiri seperti kami, sekitar 15 orang, tiga lokal (including me) dan lainnya mancanegara dari Australi, Spanyol, Swedia, Jerman.

Dari basecamp di Senggigi kami diantar menggunakan minibus menuju Labuhan timur untuk naik kapal yang telah sandar disana. Sebuah kapal kayu berwarna coklat tua, bersandar di pinggir dermaga, terlihat ramai lalu lalang orang hilir mudik memasuki kapal. satu persatu kami memasuki kapal, mengumpulkan tas-tas besar kami untuk disimpan di bawah agar tak menghabiskan ruang di dek tengah, tempat kami berkumpul. 

Image

Sore itu hujan, dan kamipun mulai berlayar. Mulai dari kapal berangkat sore itu ombak sudah menyapa kami dengan gembira, sehingga perjalanan perdana kami langsung dibuat bergoyang. Sore ini kapal menuju gili bola untuk sandar. Seiring dengan hujan yang tidak kunjung berhenti. Masing-masing penumpang menyamankan diri masing-masing dengan beragam kegiatan, sekelompok bule meriung di tengah, membuat semacam games seru, aku mojok di tempat yang nyaman sambil baca buku yang ga kunjung habis di baca.
image

Teh hangat dan kopi tersedia sebagai pembuka di sore yang berangin disertai rintik hujan. kapal kami terus melaju. Hari semakin gelap hingga akhirnya makan malampun dihidangkan.  Makan malam pertama dikapal, ikan asam manis, sayur oseng, buah dan nasi putih hangat mengepul, menggugah perut yang sudah mulai dingin dan keroncongan. Serta merta semua antri dengan tertib untuk mengambil nasi berserta lauk, sayur dan buah. lalu kami kembali ke posisi nyaman masing-masing dan menikmati makan malam sederhana namun nikmat. Asik ni makan bersama dan masakan yang dibuat oleh awak kapal inipun cukup lezat.

Usai makan malam, matras+bantal dan selimut dibagikan dan siap digelar. Karena tidak kebagian kamar yang sudah lebih dahulu di penuhi oleh grup yang pertama datang, kamipun gelar matras di dek, berbagi ruang dengan penumpang lainnya yang sebagaian besar touris asing. Hujan masih tak kunjung reda, kapal makin bergoyang kiri kanan semakin miring, hingga beberapa barang menggelinding, dan angin pun menambah dingin malam. walau terlihat porak poranda tapi kami semua berusaha tidur. dingin angin berhasil di halau dengan selimut yang hangat, dan semakin malam lampu tengah dek dimatikan dan semua penumpang terlelap dalam ayunan kapal yang diterjang badai malam itu.
image

Iklan

3 pemikiran pada “Sailing Trip Lombok – Labuan Bajo (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s