Meet Our Guide in FLores

Image

Beberapa tempat di Flores yang kami kunjungi, kami didampingi guide yang telah disiapkan untuk mengawal perjalanan kami. Berikut kesan yang kami dapat dari mereka.

 

Jimy

Image

Our lovely driver.  Mengantar kami menikmati Flores mulai dari Labuan Bajo hingga Maumere. Kecekatan menyetirnya cukup handal mengarungi jalan berliku sepanjang jalan lintas Flores. Pengetahuan Jimy mengenai tempat wisata, sejarah dan cerita-cerita lucunya menjadi hiburan kami sepanjang perjalanan(termasuk romansa kisah cinta kakak jimy dan sayang shinta…hahahahahaa). Sebagai driver dan merangkap sebagai guide perjalanan, jimy memiliki jaringan yang baik antar driver dan tempat menginap di sepanjang Flores, sehingga kami diberikan rekomendasi penginapan yang baik dengan harga terjangkau, dan nyaman untuk rehat setelah perjalanan panjang yang kami tempuh. Untuk menghubungi Jimmy, silahkan contact ke 082342096969 atau bisa menyapa jimmy di akun fesbuknya Jimy Flores

 

Asgar

Image

Dragon Guardian.  Asgar Ipank, 19 th,  menyambut rombongan kami di dermaga pulau Rinca, dan mengantarkan kami untuk masuk dan registrasi ke kantor Taman Nasional. Rombongan kami yang didominasi bule, mengharuskan guide mampu berbahasa inggris dengan baik, dan Asgar maju memberikan pengarahan awal bagi kami, perihal komodo, pulau rinca, pilihan rute serta do n don’t di pulau Rinca. Rombongan kami terdiri dari 25 orang, dan didampingi 4 penjaga, salah satunya Asgar. Sebagai ‘pawang komodo’ Asgar berbekal tongkat cagak, berupa bilah kayu bercabang untuk menghalau komodo bila kami berjumpa. Untuk janjian dengan Asgar di pulau Rinca, bisa menghubungi 085338824600 dan email asgar_iphank@yahoo.com

 

Sipri

Image

Bernama lengkap Siprianus, Siswa kelas 3 SMK Pariwisata di kota Ruteng ini sebenarnya bukan guide resmi di Tempat wisata Goa Batu  Cermin, tapi dalam rangka PKL dan mengisi liburan sekolah. Goa Batu Cermin yang telah memiliki manajemen wisata yang baik, mewajibkan pengunjung untuk didampingi guide, dengan biaya masuk sudah termasuk harga guide, pengunjung sudah mendapatkan perlengkapan helm dan senter untuk keamanan pengunjung menjelajah goa. Didampingi Sipri, kami mulai memasuki goa. Penjelasan-penjelasan dari sipri cukup menarik, mengajak kami melihat fosil2 yang masih melekat di dinding goa. Bahkan saat harus jalan jongkok melalui celah sempit simpri memberi arahan yang aman bagi kami. Selain mengajak blusukan didalam goa, sipri juga mengajak kami untuk menikmati panorama indah dari atas goa. Dengan memanjat bebatuan goa, dan lorong sempit akhirnya kami tiba di puncak. Selain menjadi guide kami, sipri juga bisa cukup piawai ketika diminta untuk memotret, sehingga banyaklah photo2 kami yang diabadikan oleh sipri.

 

Timu

Image

Timutius mengantar kami trekking 4 jam dari desa dintor hingga tiba di Wae Rebo. Timu adalah pemuda desa kombo yang merupakan pemekaran dari kampung Wae Rebo. Timu diperkenalkan kepada kami oleh om Martin pemilik penginapan Wae Rebo Lodge di desa Dintor. Timu siswa kelas 2 SMK Pariwisata di Ruteng,menjadi guide ke Wae Rebo  dimasa liburan akhir tahun, merupakan kesempatan bagi timu untuk menambah uang saku. Sesuai dengan tugasnya, Timu akan membantu untuk membawakan tas dan minuman bagi pengunjung yang kepayahan untuk mendaki trek menuju kampung Wae Rebo, dan menemani langkah-langkah manja yang jarang jalan kaki menanjak sejauh 9 km (menemnin aku niy maksudnya…heheehehehheee). Sebagai teman perjalanan, Timu mempunyai banyak cerita untuk mengisi keheningan, dan lumayan bisa mengalihkan pegelnya jalan.

Setibanya di desa Wae Rebo, Timu mengantar kami untuk berjumpa dengan tetua desa, membantu kami untuk berkomunikasi dalam bahasa manggarai barat sebagai bahasa penghubung di upacara penerimaan tamu di desa Wae Rebo. 

Iklan

8 pemikiran pada “Meet Our Guide in FLores

    1. Haiii…..salaman dulu biar resmi kenalannya….
      Timu itu masih sekolah, jd ceritanya dia magang selama liburan sekolah jadi guide, karena kebetulan sekolahnya jurusan pariwisata d kota ruteng.
      Tapi siapapun guide nya d flores pasti akan sangat membantu, karena masyarakat flores sangat baik dan sdh sadar wisata.
      Selamat menikmati flores….pulau bunga yang cantik

  1. hi mba salam kenal, aku mau tanya untuk sewa kendaraan itu belum termasuk makan dan oenginapan drivernya ya? untuk menginap drivernya gmn mba pas kesana?

    1. Hai Ella,

      untuk driver biasanya mereka sudah ada kerjasama dengan penginapan, jadi ada kamar driver. beberapa penginapan memberikan gratis ada juga yang bayar tapi murah kog. untuk makan siy saya prinsipnya saya makan driver juga makan bareng, bahkan minum dan cemilan pun kita siapkan

  2. sungguh indah rasanya bernostalgia kembali ke masa-masa saat masih bekerja di Taman Nasional Komodo dulu, saya ucapkan terimakasih kepada Bandanaku yang telah mempost saya dalam blognya, walaupun sudah tealt saya melihatnya. hehehhe

    1. Terima kasih berhasil mampir di blog saya Asgar, karena pelayanan yang sangat berkesan sehingga saya ingat dengan Asgar dan teman2 guide lainnya selama perjalanan ke Flores. Sukses untuk tempat kerjanya sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s