Menuju Wae Rebo – trekking 4 jam

image

Perjalanan mnuju kampung Wae rebo dimulai dari desa Denge melalui jalan tanah berbatu. Diketinggian 425 mdpl sebagai titik start dan Begitu mulai berjalan d jalan tanah yang sepertinya masih bisa d lalui modil 4wd ini, kami langsung dsuguhi tanjakan tak berujung. Seperti pengalaman nanjak yang sebelumnya, perlahan tapi pasti sampai. Untuk perempuan gendud seperti saya, perjuangan mendaki harus d lalui lebih lambat, layaknya tronton gandeng penuh muatan mnanjak alas roban. Baru skitar 20 menit jalan, seekor sapi tergolek manis d tengah jalan bersama anaknya, haduuuh gimana caranya melewati si sapi ini, om doni dan timu ada d seberang sana. Sementara si sapi terus menatap gerak gerikku. Coba teriak-teriak panggil timu dan om doni tapi mereka santai-santai saja bilang ‘lewat aja ga papa’ tapi ga berani…huhuhuww…baru kemudian si sapi bangkit dan minggir memberi jalan, dan dengan takut-takut gimana gitu berhasil juga kita melewati si sapi…dasar anak kota, sama induk sapi aja ngeri….
Melanjutkan perjalanan, sepanjang satu jam perjalanan harus d lalui dengan penuh kesabaran karena jalan berliku dan tanjakan tak terputus. Terik matahari pagi ini sukses bikin cepet haus, jalan tak berpohon ini berakhir di sebuah sengai jernih yang segar…enak ni untuk rehat.
image

Kami tiba d pos satu Wae Lomba di 765 mdpl, melintasi sungai berair jenih dan segar sekali saat mencuci muka dan melihat timu meminumnya, akupun ikutan dan segaaar banget. Saat beristirahat Kami berjumpa dengan mama juliana beserta ketiga anaknya yang juga menuju wae rebo dengan membawa hasil belanja beras. Istirahat bersama keluarga mama juliana sambil nyemil penganan kecil yang kami bawa untuk bekal perjalanan.

mama juliana dan anak2nya

IMG_0663 (Small)
Perjalanan berlanjut. Keluarga mama juliana menemani kami berjalan. Kali ini kami berjalan d dalam hutan. Dibandingkan sebelumnya kami berjalan d bawah terpaan sinar matahari, kali ini terlindung dalam rimbunan pepohonan dan sejuknya angin menerpa. Mulai dari pos 1, ada tanggul-tanggul jarak setiap 100m, di mulai dari 4000, dan dihitung mundur, sehingga kami dapat mengukur berapa jauh lagi wae rebo dari tiap-tiap tempat kami beristirahat. Perjalanan lebih kurang satu jam ini mengantarkan kami d Pocoroko d ketinggian 1100 mdpl. Pemandangan d pocoroko ini indah sekali, terbentang hingga kelaut. Konon d pocoroko ini bila beruntung signal untuk HP bisa didapat, tapi kami sedang tak ingin berkomunikasi dengan dunia luar, sehingga tak terlalu mencari signal.

pemandangan pocoroko

Istirahat cukup untuk meredakan jalan napas dan ketegangan otot kaki, kami terus berjalan. Selanjutnya tujuan kami adalah
Pos 3 nampe bako 1600 m, dari pocoroko, tanjakan akan berakhir sekitar 500m, dan perjalanan selanjutnya adalah jalan yang lebih landai dan mulai menurun. Dari nampe bako, rumah kerucut wae rebo mulai nampak, kecil sekali tapi penampakan pertama ini langsung mengisi ulang semangat, padahal jaraknya masih lumayan jauh, sekitar 1 jam perjalanan menurun menuju kampung Wae Rebo d ketinggian 1200 mdpl.
image

Sesaat sebelum memasuki kampung wae rebo, terdapat semacam pos pemandangan, yang d beri nama ‘Rumah Kasih Ibu’. Disini kuta dapat membaca peraturan bagi tamu selama berkunjung ke kampung Wae Rebo. Dan d tempat ini terdapat kentongan bambu yang harus d bunyikan sebanyak tiga kali yang akan menjadi petanda bahwa tamu akan datang.
image

Mulai dari rumah kasih ibu hingga memasuki kampung wae rebo, kami sudah tidak boleh memotret, harus menunggu hingga nanti kami d terima oleh pemuka adat, dan memperoleh kebebasan berinteraksi dengan masyarakat wae rebo secara bebas.
Trek terakhir memasuki kampung wae rebo, kami mendapati perkebunan kopi yang tumbuh subur. Masih tersisa beberapa buah kopi yang matang, tak banyak memang karena baru saja panen besar. Kami berjumpa dengan beberapa bapak yang sedang berkebun dan menyapa kami dengan ramah.
image

Memasuki desa kami langsung menuju rumah utama, dimana sudah menunggu para tetua adat menyambut kedatangan kami.

Iklan

7 pemikiran pada “Menuju Wae Rebo – trekking 4 jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s