Sehari mengajar Kelas Inspirasi yang menginspirasi

image

Menjadi guru sehari sebenarnya bukan pengalaman pertama, semasa kuliah jaman dahulu kala hingga masa jadi pengangguran banyak kerjaan pernah juga jadi volunteer mengajar pendidikan lingkungan d beberapa SD d Jakarta.
Pengalaman mengajar lainnya adalah menjadi guru d Akademi Berbagi Semarang, cerita mengenai hobby traveling berbagi tip n trik memepersiapkan jalan-jalan (liburan jg perlu persiapan), tapi kalo ini siy santai bangeed.
Lama tak berkecimpung dengan belajar mengajar membuat saya agak ‘gatal’ untuk mencoba bergabung dengan Kelas Inpirasi, mengajar sehari untuk share profesi, latar belakang pekerjaan. Sebenarnya sesuatu yang dekat dan d lakukan sehari-hari siy. Akhirnya dikirimlah aplikasi pengajuan diri sebagai pengajar…..Dan sebulan kemudian..pengumumannya keluar donk, dan yaaaiii… saya 1 dari 900an relawan pengajar d Jakarta…. can’t be more excited than this.
D suatu hari sabtu seluruh relawan berkumpul untuk briefing, dan wooow…ini briefing paling ceria yang pernah saya alami, d sambut dengan suka cita oleh kakak facilitator, di ‘paksa’ senam SKJ d siang-siang (beruntung indoor dengan AC yang yaaaah…gitu deh) dan pemberi materi yang begitu bersemangat. Kami d kelompokkan dalam 67 kelompok sekolah yang akan d sebar d seluruh Jakarta, dan aku bergabung dengan kelompok 27 dengan penempatan sekolah d SDN 07 Kenari – Salemba (sujud syukur sekolahnya deket rumah).
Setelah briefing tiap kelompok menyiapkan materi, d beri kesempatan 10 hari untuk mem
persiapkannya. Secara Jakarta kota maha sibuk, kesempatan untuk berjumpa sulit sekali, thanks to technology yang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat #eeh….jadilah semua komunikasi d lakukan dengan memanfaatkan email group dan watsap group.

image

image

H-2 mulai terasa ni keramaian persiapan. Jangan sampe pas ngajar jadi basi ga d dengerin ma siswa. Perlengkapan mengajar yang kusiapkan sesuai dengan profesiku sebagai ‘kuli bangunan eeeh…insinyur bangunan…kerennya civil engineer adalah Helm Proyek warisan Proyek d Semarang, beberapa photo2 pekerjaan konstruksi yang berhasil kukumpulkan dari annual report kantor (uupps…semoga ga ketahuan sama juragan). Dan sebagai penutup sesi membuat ‘house of inspiration yang d huni orang2 imut warna warni.
24 April 2014
Its the day….yeeeiiii….
Bangun jam 5 subuh, dan bergegas menuju sekolah. Anak sekolah masuk 6.30 jadi kita harus tiba d sekolah sebelum mereka masuk, karena harus breifing dulu dengan guru.
Tak berlama-lama mengatur personil dan bincang2 dengan guru…here we are in action, masuk dan menyapa anak-anak yang d sambut dengan suka cita demi sehari ga belajar tapi akan diisi dengan materi-materi kelas inspirasi. Setiap relawan punya cara masing-masing untuk memikat kelasnya, dan dari seluruh relawan d SDN 07, favoritku adalah Andre, dengan gerak dan lagu ‘High and Low’ untuk mengenalkan Fluktuasi…jadi kalo ada kesempatanku mengajar d kelas setelah Andre, akan mencontek dengan…mana High and Low nya….hahahhaa…..

Satu demi satu seluruh kelas kami singgahi, tak terasa dari jam 6.30 hingga 11.45 kita sudah berinteraksi dengan siswa kelas 1 hingga 6, dari yang imuts dan polos banget d kelas 1 sampe yang bangor d kelas enam, dari yang semangat memperhatikan sampai yang cuek ngobrol dengan  teman sebangkunya, dari yang diem aja sampe berantem di kelas dan berakhir dengan berurai air mata, dari yang ngambek karena ga d tunjuk sampai yang over acting d kelas. Serulah anak2 itu, dan karena ini kelas d Jakarta, jadi mereka sudah sangat apdet dengan gadget, dengan perkembangan kota dengan aplikasi-aplikasi games.
Kegiatan Kelas Inspirasi d SDN 07 Kenari d tutup dengan photo bersama d lapangan, dengan membawa bendera kecil bertuliskan aneka profesi.

Afer the class
Afer the class

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sehari ini memang capek, berkegiatan dengan anak-anak, bersuara lebih keras dari biasanya (ehem..ehem) bergerak lebih banyak daripada seharian duduk depan komputer. Tapi menyenangkan. Anak-anak jadi menambah pengetahuan mengenai profesi kita, jadi tau kalo mau jadi insinyur bangunan harus pinter matematika, dan sekolahnya d teknik sipil.

Kelas Inspirasi….membangun mimpi anak Indonesia

image

Iklan

8 pemikiran pada “Sehari mengajar Kelas Inspirasi yang menginspirasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s