Jumpa siswi, orang utan dari camp leakey

DSC02059a
siswi, orang utan betina dari camp leakey

Kapal kayu kami belayar tenang memasuki sungai hitam di padalaman kalimantan tengah. Sungai hitam bukan sekedar nama, air sungai yang mengalir benar-benar berwarna hitam, tapi bukan hitam seperti kali-kali yang melintasi ibukota jakarta yang penuh polusi, tapi hitam akibat pengasaman lahan gambut. Sungai hitam walau berwarna hitam, tapi berair jernih dan tak berbau. Sungai hitam malah memberikan warna unik pada air, apalagi saat air hitamnya berpedar terkena cahaya matahari, akan memberikan warna-warni unik yang tak biasa ditemukan.

20150516_125132
mengarungi sungai hitam

Kami menuju Camp Leakey, sebuah tempat rehabilitasi orang utan yang terdapat dipedalaman kalimantan tengah. Camp Leakey didirikan oleh pasangan by Dr. Biruté Galdikas dan Rod Brindamour pada tahun 1971, hingga saat ini menjadi pusat penelitian dan rehabilitasi Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting. info lengkap mengenai camp leakey bisa dibaca disini .

Setelah berlayar di sungai hitam, kapal kami bertambat di dermaga Camp Leakey. sebuah dermaga kayu berdasar sungai hitam dengan air yang jernih. Telah tambat beberapa kapal kayu lainnya, terlihat penumpangnya masih tampak bersantai di atas kapal. pengunjung belum banyak yang turun, karena jadwal feeding bagi orang utan masih beberapa jam lagi.

Kami yang telah menyelesaikan makan siang diatas kapal, bergegas untuk memasuki Camp Leakey ketika kapal sudah stabil menambatkan dirinya. Jembatan kayu yang sangat terawat kondisinya menyambut kami begitu kami menjejakkan kaki diatas dermaga. dilindungi rimbunnya pepohonan di sepanjang jembatan kayu, perjalanan menjadi begitu nyaman. air bening berdasar hitam dibawah sana benar-benar menambah sejuk, tapi jangan sesekali tergoda untuk berenang, karena ada peringatan tanda bahaya diserang buaya yang banyak menghuni sepanjang sungai di Taman Nasional Tanjung Puting.

Dermaga Camp Leakey
Dermaga Camp Leakey
jembatan masuk camp leakey
baca dulu peraturannya sebelum masuk
DSC02036
jembatan kayu dan sungai hitam

DSC02054

DSC02045
gerbang camp leakey

Begitu memasuki kawasan camp, kami melihat beberapa pengunjung yang berkerumun, bergegas kami bergabung dalam kerumunan, ternyata kami menemukan seekor orang utan dewasa yang dengan santainya duduk-duduk di jalan setapak, seakan menyambut kedatangan para tamu yang berkunjung ke camp leakey. Dari bisik-bisik seorang guide, aku jadi tau nama orang utan itu ; siswi, nama yang unik ya…. siswi merupakan orang utan binaan yang cukup lama hidup di camp leakey. dia memang selalu mencari perhatian dari pangunjung yang ramai datang setiap harinya pada jadwal feeding orang utan di camp leakey. walaupun siswi menunjukkan keramahannya, bukan berarti pengunjung dapat bercengkrama dengan akrab dan berphoto bersama siswi, karena ada larangan bagi pengunjung untuk menyentuh orang utan dan tidak memberi makan. Sebelum berkunjung ke Camp Leackey, seorang teman sudah memberi tau bahwa saat berkunjung akan ada sambutan dari seekor orang utan bernama siswi, biasanya dia akan langsung memeluk kaki seseorang terdekat darinya, sambil merogoh2 saku celana mencari ponsel yang biasanya diselipkan. sehingga ketika kami menemukan siswi duduk manis di sisi jalan setapak, kami sudah menjaga jarak aman agar tak terjangkau oleh siswi.

DSC02053 DSC02057

Camp Leakey merupakan camp terbesar dari ketiga camp yang kami kunjungi. disini terdapat fasilitas yang lebih lengkap untuk mendukung penelitian, rehabilitasi bahkan klinik bagi orang utan. Disini pengunjung dapat mempelajari lebih banyak mengenai rehabilitasi orang utan, karena tersedia sebuah bangunan kayu yang berfungsi sebagai pusat informasi orang utan. disini kita dapat melihat silsilah orang utan yang telah direhabilitasi hingga berkembang biak. seperti siswi, yang memiliki ibu bernama siswoyo. family tree dari seekor orang utan binaan dapat dilihat dari namanya, bila dari ibu berawalan huruf ‘S’ maka anak-anaknya juga bernama ‘S’, seperti Siswi, Siswa, Sugiharto, baby S. Beberapa nama dapat diliat di family tree yang dipasang lengkap dengan foto-foto orang utan, coba di perhatikan, siapa tau kamu punya nama yang sama dengan orang utan disini, dan saudara-saudara yang memiliki nama depan sama 😉

Selain silsilah keluarga orang utan, ada juga informasi mengenai perbedaan tengkorak kepala manusia dan orang utan, informasi kehidupan orang utan, dan lainnya yang diperlukan sebagai dasar pengetahuan mengenai orang utan.

DSC02060

Menjelang jam tiga sore kami berombongan berjalan menuju feeding area, seperti pada camp sebelumnya, kami pengunjung diberi pembatas untuk melihat orang utan diberi makan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Usai feeding session, kami langsung bergerak menuju kapal di dermaga, diperjalanan kami menuju dermaga, kami dihadang siswi di jembatan kayu, rupanya siswi ingin mengantar kami ke dermaga. kehadiran siswi di jembatan kayu sempat membuat kehebohan diantara pengunjung, antara takut dan senang. Takut bila tiba-tiba siswi bertindak diluar dugaan; seperti menghampiri pengunjung atau berlari di jembatan yang sempit, dan senang karena kami diantar hingga ke dermaga.

karena siswi sudah berusia 40 tahun, cukup tua untuk orang utan, perjalanan pengunjung di jembatan kayu jadi terhambat. Sesekali siswi perlu istirahat karena dia memaksakan diri untuk berjalan. seorang guide perempuan dengan berisiknya terus mengusik siswi agar terus berjalan. setiap siswi berhenti lelah, si guide perempuan akan memerintah dengan berisiknya ‘ SISWI…BANGUN SISWI, JANGAN DUDUK DI JALAN, AYO SISWI, JALAN LAGI’ duh mbak, berisik banget siy. parahnya si mbak, selain memberisiki siswi, dia juga berhasil menakut-nakuti kami pengunjung yang mengantri di belakang siswi, ketika tiba-tiba simbaknya teriak….’BACK…BACK’ komando bagi kami untuk berjalan mundur, yang mengakibatkan sebagian pengunjung bergegas setengah berlari diatas jembatan kayu, dikiranya siswi akan berjalan kembali ke camp. Sementara mbak guide dengan berisiknya kasi komando ke siswi, sambil ngumpet dibalik pengunjung (NGUMPET YA….), guide kami ‘Ari dengan baiknya menghampiri siswi dan berbungkuk membujuk siswi untuk melanjutkan perjalanan diatas jembatan kayu. Dengan tenang Ari berhasil membujuk siswi dan menenangkan kami pengunjung yang berjalan di belakang siswi.Ketika setibanya di dermaga, siswi kembali duduk kelelahan, dan kami harus melewatinya satu persatu tanpa diganggu oleh siswi.

DSC02077

DSC02075a

Perjalanan panjang dari dalam camp hingga dermaga benar-benar membuat siswi lelah dan gerah. Setelah cukup beristirahat, siswi kembali bergerak, kali ini siswi menuju ujung dermaga, kami yang melihatnya keheranan, hendak kemana siswi di ujung dermaga….. rupanya, dia menuju tangga dan duduk merendam kakinya di air sungai yang sejuk. rupanya kesejukan air membuat siswi ingin mandi, dan perlahan-lahan siswi merendam tubuhnya ke dalam sungai, dengan tetap berpegangan erat pada sisi dermaga. Orang utan adalah jenis ‘Ape’ yang tidak bisa berenang, sehingga untuk berendam disungai, orang utan harus mengamankan dirinya dengan berpegangan agar tak tenggelam atau terbawa arus.

20150516_164747 20150516_164831

setelah segar mandi, siswi kembali menyapa pengunjung yang mulai meninggalkan camp leakey. kapal kami adalah kapal yang tambatnya terdekat dari siswi, sehingga diapun menghampiri kapal kami, seakan minta diajak ikut, dia terus memegangi tali kapal, hingga akhirnya ketika kapal mulai bergerak siswipun melepaskan talinya.

Tinggallah siswi sendiri, menatapi kapal-kapal yang mulai meninggalkan camp leakey. Camp Leakey kembali sunyi, dan siswi ditinggal sendiri di dermaga. raut muka siswi tampak sedih, berbeda ketika pertama kami melihatnya, ada senyum gembira di wajahnya melihat pengunjung yang berdatangan meramaikan camp leakey.

20150516_165317

siswi...orang utan betina yang akrab dengan pengunjung
siswi…orang utan betina yang akrab dengan pengunjung
Iklan

8 pemikiran pada “Jumpa siswi, orang utan dari camp leakey

      1. iya…krn d TN TJ.PUTING orangutan diajarkan untuk kembali ke hutan dan mjauh dr manusia…beda dg d Taman Safari yg kt bs poto2 sambil gendong orangutan

  1. Kmren baca postingan seseorang juga tentang siswi, trus jd kepo apakah kalian kesana bareng? Atau memang siswinya aja yang terkenal? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s