Akhirnyaaaa…….Jayapura

Di depan kantor gubernur  papua di Jayapura

Dari lima pulau besar di Indonesia, hanya papua yang belum terinjak olehku. Sumatera, jelas tanah kelahiran; Jawa tempat tumbuh hingga sekarang; Kalimantan walau baru ujung-ujungnya di Balikpapan dan Pangkalan Bun; dan Sulawesi di beberapa propinsinya. Jadi ketika ada tawaran untuk ke Jayapura walau dalam rangka kerja dan hanya sehari saja, tawaran itu tentu tidak akan di tolak dan dengan riang gembira dan sukacita akan diterima.

Maka dimulailah pekerjaan itu, begitu nama proyek di Papua muncul di daftar pekerjaan, sertamerta dokumennya aku bereskan, dari persiapan dokumen di Jakarta,hingga akhirnya memenuhi panggilan panitia untuk penyerahan dokumen di Abepura.

Mengingat penerbangan ke Jayapura akan menjadi penerbangan terpanjang yang kualami, maka memilih penerbangan yang nyaman wajib hukumnya, beruntung BatikAir membuat rute penerbangan Jakarta – Jayapura direct flight tanpa transit yang menjadi pilihan kami. terbang jam 23.50 dari bandara Soetta tiba jam 08.00 di bandara Sentani (selisih waktu Jakarta – Jayapura +2 Jam). Mulai dari terbang landas pemandangan di balik jendela hanya gelap gulita, dan akupun berusaha untuk tidur, seiring perjalanan, langit diluar sana mulai menampakkan sinarnya dan mendekati tujuan, langit telah terang benderang dan pesawat terbang rendah, dibawah sana terlihat rerimbunan hijau mendominasi dan sebuah danau besar di kelilingi pegunungan tampak dibalik rerimbunan. pesawat kami semakin terbang rendah dan ternyata bandaranya persis di tepi danau sentani….indah sekali pemandangannya

Danau Sentani
Danau Sentani

20150506_085349

Bandara Sentani cukup riuh di pagi hari, terdengar pengumuman tujuan penerbangan yang sangat asing ; Merauke, Oksibil, Nabire, Sorong, dll nyaring di kumandangkan. Suasanapun langsung terasa berbeda, warna kulit yang lebih gelap dengan rambut keriting mendominasi, bahasa indonesia dengan logat lokal pun ramai terdengar…oooh…tanah papua….pengen sujud syukur akhirnya kakiku mendarat dengan sempurna dan selamat di tanah indah ini. kehadiran kami disambut dengan keriuhan di pintu keluar penumpang, sepertinya ada penjemput yang tak sabar ingin menyongsong keluarganya yang baru tiba, aku dan temanku yang bersiap untuk keluar jadi menunda hingga keriuhan antara petugas keamanan dan penjemput di luar sana reda.

Selamat Datang di Papua
Selamat Datang di Papua

Rekan kerja di Papua sudah menjemput di bandara Sentani, dan sebelum memulai pekerjaan, kami sempatkan mandi dan bersiap-siap di mess proyek yang tak jauh dari bandara sentani. Urusan pekerjaan hanya diperlukan setengah hari saja, sehingga kami punya waktu banyak waktu untuk berkesempatan menikmati sisa hari dengan berkunjung ke Jayapura.

Jayapura, ibukota Provinsi paling timur Indonesia, Papua, bila banyak orang yang kurang informasi dan suka sekali mendeskriminasi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di timur Indonesia, pasti tak menyangka bahwa di kota ini kehidupan hampir sama majunya dengan wilayah lain di barat Indonesia. Mungkin dikira kehidupan disini sangat primitif, nyatanya, mobil dan kendaraan lainya ramai hilir mudik sepanjang jalan Sentani – Jayapura yang kami lalui, jalan mulus berliku melewati perbukitan (bahkan jalanan di jakarta banyak yang bolong).

Tujuan pertama kami di kota Jayapura adalah makan siang, dan sebagai hidangan wajib yang kami cari adalah papeda dan ikan kuah kuning…sedap banget ini. kami diantar ke sebuah rumah makan tak jauh dari pelabuhan, persis di pesisir teluk cendrawasih. indah betul pemandangan dari rumah makan ini, dihadapan kami terdapat tebing yang tinggi,yang diatasnya ada tulisan ‘JAYAPURA CITY’

20150505_144804
Papeda dan ikan kuah kuning…sedaaaap
20150505_151915
bukit bertuliskan ‘JAYAPURA CITY’
pemandangan teluk cendrawasih dari tempat makan kami
pemandangan teluk cendrawasih dari tempat makan kami

Usai makan siang kami berencana untuk keliling kota saja, karena hari pun semakin sore. Tujuan kami adalah kantor gubernur papua, untuk selfie sebagai bukti sudah sampai di propinsi paling timur Indonesia (penting banget yaa….hahahahaaha). Kantor gubernur papua tepat berhadapan dengan teluk cendrawasih, dan pantainya sangat tenang. pantai di depan kantor gubernur ini sangat bersih, dengan pasir putih dan ombak yang sangat tenang. di sepanjang pantai sudah di beri pagar dan dapat dijadikan tempat duduk santai untuk menikmati sore di pantai, jadi asik banget ini sebagai pereda setress.

20150505_154724
gerbang kantor gubernur
20150505_155053
pantai di depan kantor gubernur
20150505_155100
pantai di seberang kantor gubernur….bersih ya
20150505_155409
bisa duduk santai-santai menikmati pantai disini

Selanjutnya kami berhenti di depan lapangan sepakbola Persipura, walau ternyata lapangannya berada dibawah kami, tapi tetep aja kita usaha untuk bisa berphoto dengan berlatar lapangan sepakbola kebanggaan masyarakat papua.

20150505_161129

Lapangan Persipura
Lapangan Persipura

Menghabiskan sore itu kita diajak ke menara TVRI di sebuah bukit, yang ternyata disanalah tulisan ‘JAYAPURA CITY’ tertancap, waaah…padahal sewaktu makan tadi sempat membatin, gimana caranya ke atas bukit yang ada tulisannya itu. dari tempat ini kita dapat menikmati kota Jayapura secara utuh.

Pos Pandang Menara TVRI ini bukanlah daerah umum untuk dikunjungi, karena lahannya dimiliki oleh TVRI, tapi selain kami ada beberapa pengunjung lokal lain yang datang kesini untuk sekedar santai menikmati pemandangan. dari tempat ini kami dapat memantau seluruh kota Jayapura, teluk cendrawasih dan bukit-bukit yang mengelilingi teluk cendrawasih.

20150505_173531 20150505_171531 20150505_163610 20150505_163603

Walau hanya sehari saja, tapi cukup memberi kesan. lain kali pasti akan lebih lama lagi untuk berkunjung kesini

Iklan

10 pemikiran pada “Akhirnyaaaa…….Jayapura

    1. dari beberapa kota yang saya kunjungi, kantor gubernur selalu di tengah kota dengan jalan paling lebar…ga ada view cantik seperti di jayapura

    2. belum sempat explore lebih om, karena kmrn cuma dalam rangka kerja saja. tapi ada banyak referensi tempat bagus siy, seperti pantainya bagus-bagus

  1. Uni, caption gambarnyo salah, laut di jayapura itu bukan teluk cenderawasih, mohon dilihat peta. Kalau di jayapura itu menghadap ke teluk yotefa, kalau masih sempat jalan2lah ke nabire, disana teluk cenderawasih terkenal dengan hiu pausnya yang mendunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s