Pulau Cantik di Teluk Padang

DSC_0281_1446293727642

Setiap mudik ke padang, pasti waktu banyak dihabiskan untuk silaturahmi ke keluarga besar,  tapi kali ini mumpung mudik ke Padang, disempatkan untuk main-main ke pulau-pulau tak jauh dari kota Padang. Beberapa pulau paling heitz menawarkan paket wisata sehari untuk hoping island,dengan biaya yang cukup terjangkau.Sekumpulan pulau yang ditawarkan untuk dinikmati tak jauh dari kota Padang adalah Pulau Sikuai, Pulau Pamutusan, Pulau Pagang, Pulau Pasumpahan. Karena rencana main ke pulaunya cukup dadakan, maka dari hasil googling dan telp operator penyelenggara, akhirnya Pulau Panggang dan Pulau Pamutusan yang akan dikunjungi, lumayan sebagai pelepas rindu main di air garam.

Meeting point untuk paket hoping island yang akan dikuti terletak di desa Bungus, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Padang. Patokannya Hotel Carlos. Jadi Hotel Calos adalah salah satu hotel yang cukup tenar di Bungus, dan juga menyediakan paket untuk hoping island. Karena saya daftar sendirian, jadi perjalanan kali ini digabung dengan serombongan besar anak-anak muda dari pekanbaru, dan karena saya telat tiba di Bungus, rombongan mereka sudah duluan berlayar. Tapi sial kadang membawa nikmat, berkat di tinggal, saya jadi berangkat bareng tim pembawa nasi dengan menggunakan speedboat, yeeeiiii…..

Menggunakan speedboat dari pantai bungus, perjalanan menjadi lebih cepat, cuma 30 menit saja. kami melewati pesisir bungus yang memiliki pantai cantik dan beberapa pulau yang terlihat menggoda untuk dikunjungi, seperti pulau Sikuai yang sempat tenar dimasa awal  hoping islands. Sayang sekali resort di pulau Sikuai sekarang kondisinya tidak terawat, terlihat mangkrak, padahal dulu sempat jadi destinasi andalan sebelum pulau lain dilirik untuk wisata bahari.

Tiba di Pulau Panggang, terlihat sudah ramai rombongan pendahulu yang bermain riang di pantai, karena saya sendirian, jadi bebas berkeliaran sambil potret-potret tempat cantik sekedar untuk share dimedia sosial. Dermaga kayu di pulau Pagang jadi incaran untuk berfoto, seperti biasanya, dermaga jadi spot andalan untuk potret-potret. Pantai pulau pagang sangat jernih dengan warna laut biru tosca pupus, kontras sekali dengan pasir putih yang terhampar dan jejeran pohon kelapa yang meneduhkan.

Sementara menunggu antrian bermain banana boat, saya memuaskan diri  jalan santai berkeliling menikmati pantai dan berpoto-poto, selanjutnya saya mau menikmati berenang-renang. Sayang sekali saya tidak membawa gogle sendiri, sehingga harus menggunakan google yang disediakan dan biasanya tidak cukup nyaman bagi saya. Seperti yang sudah diduga, gogle yang disediakan beneran tidak nyaman, selang nafasnya bocor, sehingga saat berenang-renang jadi tidak maksimal. Tapi underwater di pulau Pagang ternyata tidak menarik, tidak ada terumbu karang yang cantik, hanya beberapa onggok karang mati dan sekumpulan ikan yang berenang warawiri. walaupun ada sesi berfoto underwater, tapi dengan terumbu karang yang mati dan ikan tak terlalu berwarna, jadi saya tak tertarik untuk berfoto. Sesi berenang saya agak mengecewakan, tapi tak merusak kesenangan hati, karena selanjutnya saya santai leyeh-leyeh menikmati pemandangan indah.

Usai renang, makan siang nasi bungkus dengan lauk dendedng balado sudah tersedia, cukup nikmat sambil santai memandang pantai yang indah. Aktifitas terakhir kami di pulau ini adalah keliling pulau, ternyata ada sisi lain yang menarik untuk di explore di pulau ini. Kami jalan berombongan, menyusuri pantai berpasir putih. Pasir yang empuk berganti menjadi pecahan karang dan jalan kami di block karang batu besar, sehingga kami harus memutar melewati ilalang hijau, hingga tiba di sisi sebelahnya yang pantainya juga jernih dengan pasir lembut, tapi ombaknya jauh lebih kencang. Sebongkah karang besar mengingatkan saya akan karang besar di pantai tanjung layar belitong. kamipun langsung sibuk untuk berpotret sanasini. salah satu karang besar terlihat seperti kuda troya teronggok di sisi pantai, saya coba naik ke atasnya, untuk sekedar berfoto. beruntung ada crew kapal yang baik hati untuk membantu memotret sehingga saya cukup jadi model cantik saja.

 

 

Pulau selanjutnya yang kami kunjungi adalah pulau pamutusan yang berada persis di depan pulau pagang. cuma menyeberang sebentar saja, kami sudah tiba di pulau pamutusan dan langsung berlabuh di pasir putihnya. Nama Pamutusan diberikan karena dibagian tengah pulau akan terputus ketika pasang tinggi, air laut akan naik dan memutuskan pulau menjadi dua. Disini kami diajak untuk trekking menaiki point tertinggi di pulau Pamutusan, untuk melihat panorama. bukitnya tak seberapa tinggi, tapi begitu kami tiba di puncaknya, woooow … terpesona saya akan indahnya pemandangan.

DSC_0272_1446293911676

DSC_0274_1446293783223

sisa hari ini kami habisnya di pulau Pamutusan, menjelang sore kami kembali ke pantai bungus, berjalan pelan menyusuri pesisir pantai. Beberapa pulau berpasir putih menyapa dan perahu nelayan pun melawati kami. Tiba di pantai bungus dengan hati senang dan gembira. walau hanya trip singkat, menikmati pulau di teluk kota Padang, bisa menjadi pelarian singkat untuk bersenang-senang.

 

Iklan

4 pemikiran pada “Pulau Cantik di Teluk Padang

    1. lumayan asik niy hoping island. kemaren juga dadakan, baru cari info siang, langsung booking dan besok pagi-pagi langsung main ke pulau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s