Pulau – Pulau Cantik di Tobelo

pulauto11

Baru saja kami tiba di Tobelo, om yus langsung memboyong kami untuk menikmati keindahan bawah laut Tobelo, sebuah perahu lengkap sudah menunggu kami di tepi pantai yang sepi, kami pun sangat gembira sekali, akhirnya di hari yang sangat panas ceria ini kami bisa main air….cihuuy….

Kami akan diajak untuk menikmati keindahan tiga pulau dengan spot cantik untuk snorkeling, yaitu pulau kumo, Kakara dan Tagalaya. Kemanapun diajak kami siy pasrah. Dengan pengalaman om yus sebagai instruktur selam dan bekerjasama dengan salah satu operator selam di Tobelo, kami yakin pasti akan diajak untuk melihat spot snorkeling cantik.pulauto1

pulauto2

Cuaca yang sangat mendukung dengan langit biru dan laut yang tenang, membuat suasana menjadi sangat mendukung. Tak sampai 30 menit dari meninggalkan Tobelo, kami sudah tiba di spot pertama, kapal melepaskan jangkarnya. Dihadapan kami adalah pulau kumo. Air jernih tampak begitu menggoda. Pakai google dan snorkel lalu byuuur…..

Airnya segar dan sangat jernih. Tak terlalu banyak ikan berseliweran, tapi terumbu karangnya cukup banyak. Ketika om yus mulai bergabung bersama kami, mulailah kami menemukan hal-hal unik, salah satunya seekor penyu yang ngumpet dibalik karang – sedang makan sepertinya, karena menyadari ada tamu tak diundang, si penyu langsung melesat kabur (padahal kita hanya mengambang di atas dan si penyu di dasar laut).

pulauto3

pulauto5

Pulau selanjutnya yang kami kunjungi adalah pulau Kakara, tampak pasir putih mengelilingi pulau. Kali ini kapal tambat tak jauh dari pantai. Dari sini warna laut masih biru pekat. Perbedaan kedalaman laut terlihat kontras disini, dilihat dari warna lautnya yang biru tua, toska dan biru muda berjarak dekat sekali. Disini adalah spot favorit saya…luar biasa indahnya bawah lautnya. Baru disini saya liat karang otak terhampar luas dan hidup, banyak sekali karang hidup dan tak kalah dengan ikan-ikan yang ramai warawiri seakan tak terganggu dengan kehadiran kami.

Puas snorkeling, kami rehat sejenak di pantai putih berpasir halus…asiknya santai di pantai, bisa selonjoran santai di pasir lembut menikmati pemandangan.

pulauto7

pulauto6

pulauto4

pulauto8

Menjelang sore, seiring perjalanan pulang, kami masih mengunjungi satu pulau lainnya, yang tak terduga sangat cantik. Saya yang kebetulan duduk di haluan depan kapal langsung terpesona dan ambil posisi rebahan demi menikmati keindahan terumbu karang dibawah kami yang sangat indah dibalik beningnya air. kombinasi rimbunnya hutan bakau yang tumbuh diatas terumbu karang, sungguh pemandangan yang sangat luar biasa. Sewaktu kami ke Derawan juga pernah ke pulau samama yang memiliki hutan bakau yang indah, tapi di pulau Tagalaya jauh lebih indah, menurut saya ini paling indah dari beberapa hutan bakau yang pernah saya kunjungi. istimewanya hutan bakau di pulau Tagalaya, perpaduan keindahan hutan bakau dan terumbu karang menjadi satu.

Perjalanan pulang menuju Tobelo menjelang sunset dengan kapal kami yang berjalan lambat menjadi pemandangan indah dari atas kapal.

pulauto9

pulauto13pulauto14

pulauto15

pulauto12

Iklan

6 pemikiran pada “Pulau – Pulau Cantik di Tobelo

    1. aaaah….ini siy beneran nyenengin nyebur disini
      kalo di perairan yang ramai dilintasi, air lautnya pasti lengket setelah renang, kalo disini dan pulau-pulau sepi lainnya, sehabis berenang badan ga terasa lengket, malah segar, karena air lautnya juga segar tidak tercemar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s