Morotai dan Perang Pacific

morotai12

Pulau Morotai ??

Dimana pulau itu ?

Masih Indonesia ?

Ada apa di Morotai

Untuk kesekian kalinya dapat pertanyaan seperti itu, sepulang mengunjungi salah satu dari beribu pulau di Indonesia.

Morotai adalah salah satu pulau paling utara Indonesia (yang paling utara sudah pasti gugusan kepulauan Talaud – Sulawesi Utara, yang berbatasan langsung dengan Philipine), berbatasan langsung dengan lautan pasific. Akses menuju Morotai adalah melalui Tobelo, menyeberang menggunakan speedboat sekitar 1 – 2 jam (bila laut tenang,jangan tanya saat laut bergejolak dengan ombak tinggi menghempas). Ada juga kapal besar lainnya melalui pelabuhan Bitung di Sulawesi Utara.

Morotai1

Apa yang membuat saya mendaratkan diri di pualu Morotai ?? Sudah pasti pesona alamnya yang indah yang memiliki pantai berpasir putih dan laut yang jernih. Tapi ada hal luar biasa dari Morotai yang membuat saya rela menempuh perjalanan jauh hingga ke ujung utara Indonesia, yaitusejarah perang pasific saat perang dunia kedua ada disini. Salah satu base kekuatan tentara America saat menggempur mundur pasukan Jepang ada di sini. Pulau yang diperebutkan oleh dua negera yang berseteru saat perang dunia kedua (sementara tuan rumahnya tak berdaya). Ada begitu banyak cerita bersejarah di Morotai. Dan bagi penggemar sejarah, khususnya sejarah perang dunia kedua, maka Morotai adalah salah satu pulau yang wajib di kunjungi.

DSC03142

Adalah Pak Muhlis Eso, guide kami di pulau Morotai, memperkenalkan kami pada peninggalan sisa perang dunia kedua yang banyak dikumpulkannya. Pak Muhlis Eso, seorang penjaga sekolah sekaligus guru sejarah di kota Morotai bercerita tak ada habisnya mengenai peninggalan perang dunia kedua yang terjadi di Morotai. Pak Muhlis yang masih muda dan bersemangat ini mengumpulkan banyak barang peninggalan perang yang berhasil ditemukannya, konon katanya, barang-barang tersebut banyak berserakan di seantero pulau Morotai. Kesemua barang temuan sisa perang itu di kumpulkan dalam sebuah rumah kecil yang disebutnya ‘Gubug Museum. Disana kami menemukan begitu banyak barang-barang pribadi peninggalan pasukan Amerika saat berada di Morotai.

morotai8

 

Ada berderet botol limun dan cocacola, granat, pistol, helm, perlengkapan makan, peneng nama, dan beragam benda lainnya. Kondisi barang-barang tersebut tampak tak terawat, tapi setidaknya ada yang memperhatikan, sehingga tak tambah rusak, maklum pak Muhlis hanya sendiri menyimpan ini semua.

morotai3 morotai10

morotai16

Menemukan barang peninggalan perang dunia kedua di pulau morotai tidaklah sulit. Kami menemukan selongsongan bom di halaman SMA Negeri Morotai, pajangan senapan di halaman muka Komando Distrik Militer Kec. Morotai Selatan,  baling-baling pesawat sebagai pajangan gapura sebuah desa, dan masih banyak lainnya, bahkan tank amphibi di tengah kebun. Konon sebelum di ‘bersihkan’ utusan dari Jakarta, ada lebih banyak lagi peninggalan tentara Amerika di Pulau Morotai, seperti mobil-mobil, pesawat, barang-barang pribadi, senapan, dll.

Perihal perang pacific yang memiliki kaitan erat dengan pulau Morotai, bisa di baca di link berikut ini, karena bukan keahlian saya untuk bicara sejarah, saya Cuma penikmat cerita sejarah.

http://ww2db.com/battle_spec.php?battle_id=203

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbternate/2015/06/03/halmahera-medan-tempur-perang-pasifik-pd-ii/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Morotai

Untuk memperingati sejarah perang pasific di pulau Morotai, saat ini telah dibangun beberapa museum yang menceritakan peranan keadaan pulau Morotai saat perang Pasific terjadi di pulau Morotai. Selain museum gubug milik pak Muhlis Eso, ada juga museum Perang Dunia II Morotai dan yang paling baru ada Museum Trikora di tepi pantai.

morotai17

Iklan

4 pemikiran pada “Morotai dan Perang Pacific

  1. Baru tau kalau pos PD 2 juga ada di sana. Sayang sejarah PD 2 di Indonesia timur malah kurang dibahas di pelajaran sejarah waktu sekolah dulu. Padahal it was a massive and big war post gitu.

    1. akupun baru mengerti bahwa pusat perang pasific sangat bersentuhan dengan Indonesia Utara, sayangnya pelajaran sejarah di sekolah lebih banyak bercerita tentang Indonesia yang terpusat di jawa. Banyak cerita sejarah perang yang kurang tergali di penghujung Indonesia.

  2. morotai memang jadi surganya pecinta sejarah PD II
    denger2 dulu pernah ditemukan di tahun 70-an seorang tentara jepang yang bertahan di hutan, dikiranya masih status perang … bener ga sih …

    1. betul om, tentara Jepang itu Teruo Nakamura, seorang warga negara Taiwan yang terkena wajib militer. baru keluar dari hutan sekitar tahun 70an, dan berhasil dipulangkan oleh pihak kedutaan Jepang sekitar tahun 80an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s