Tanah Airku

img_0038

Tanah Airku tidak kulupakan

Kan terkenang…selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidakkan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau ku hargai

Walaupun banyak negeri kujalani

Yang masyur permai di kata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Disanalah ku rasa senang

Tanahku tak kulupakan

Engkau kubanggakan

Belakangan lagu Ciptaan Ibu Sud – Tanah Airku ramai terdengar, baik di televisi maupun dinyanyikan secara sendiri dan berkelompok lalu diunggah di media sosial. Tentu saya senang, karena setiap mendengar lagu ini, berhasil membuat saya bergidik, bahkan berlinang air mata. Sangat menyayat dihati dan membanggakan.

pantai5

Sebelum lagu ini hits belakangan ini, saya memang sering menyanyikannya, di manapun saya berpergian. Entah kenapa, saya sangat suka lagu ini, seiring dengan kegemaran saya melihat tempat-tempat indah di negeri ini hingga negeri lain, lagu ini yang pertama terlintas untuk dinyanyikan sambil mata menatap tak putus pada indahnya pemandangan yang tersaji gratis di depan mata.

Awalnya saya menikmati bernyanyi dengan suara paspasan saya adalah ketika saya perlu alasan untuk berisitraha lebih lama saat melakukan trekking naik gunung bersama abang-abang saya yang pencinta alam. Saat beristirahat yang waktunya hanya sejenak itu, terasa sangat cepat, karena sepertinya belum selesai napas saya kembali normal dan kaki masih pedih, mereka sudah bersiap untuk kembali berjalan. Jadi sebelum mereka tersadar untuk beranjak bangkit dan meneruskan perjalanan, saya akan bernyanyi lagu simple sambil memandang alam. Biasanya mereka akan menyambut dengan mengeluarkan harmonika bahkan ikut bernyanyi bersama, jadi kami punya waktu yang lebih panjang untuk beristirahat dan hati menjadi senang untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Kebiasaan bernyanyi inipun terus berlanjut saat letih mendera dan tak bisa berhenti untuk melangkahkan kaki, maka lagu kanak-kanak yang riang akan keluar dari mulut saya, sekedar mengalihkan rasa lelah dan menjadi penyemangat untuk terus bergerak.

sunrisekelimutu1 (Small)

Seiring dengan semakin banyak perjalanan yang saya lakukan, kebiasaan bernyanyi sambil menikmati pemandangan alam ternyata tak berhenti, kadang tanpa sadar sambil berdiri tegak diatas permukaan yang tinggi,  di mana saya dapat melihat ujung cakrawala, Tanah Airku meluncur bebas dari mulut saya. Seperti yang terjadi ketika mencapai puncak gili lawa di flores, plawangan sembalun di gunung rinjani Lombok, danau Ranu Kumbolo di semeru, pantai putih bersih di pulau Dodola, Halmahera Utara dan tempat cantik lainnya yang pernah saya kunjungi.

wpid-20140516_171958.jpg

Yang paling menyenangkan adalah ketika nyanyian saya disambut teman seperjalanan, seperti saat kami di KM 0, Sabang. Tanpa diduga Andreti dan Endah menyesuaikan suara mereka membentuk tingkatan suara sehingga menghasilkan irama yang sangat indah. Juga saat diperjalanan ke Phuket bersama teman lainnya, ketika kami diatas kapal saat menikmati keindahan pulau-pulau di phiphi island, serta merta aku menyanyikan Tanah Airku yang disambut bernyanyi bersama oleh Ichy dan Riana, dan tanpa kami sadari, sebagian penumpang yang mendengar kami bernyanyi bertepuk tangan usai kami bernyanyi.

Saya memang bukan penyanyi yang baik, sekedar untuk menyenangkan hati saja, tapi Tanah Airku sungguh punya kesan tersendiri untuk menemani perjalanan-perjalanan yang pernah saya lakukan.

Saya menantang kalian semua yang hoby traveling untuk menyanyikan lagu ini ketika melakukan perjalanan keluar negeri, mendaki puncak-puncak tertinggi, pantai-pantai indah, dan tempat-tempat cantik lainnya yang kalian temukan (saya kurang mengerti bagaimana caranya bernyanyi ketika melakukan diving, atau paralayang atau kegiatan adventure lainnya bisa melakukan ini) , nyanyikan dengan penuh rasa….lalu share bagaimana kesan kalian

 

Selamat menikmati AriReda – Tanah Airku

 

 

Iklan

4 pemikiran pada “Tanah Airku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s