Benteng Terbesar Di Dunia

dsc05623

Sebuah artikel di media online berjudul ‘Benteng Terbesar di Dunia ada di Indonesia’ menarik minat saya untuk membacanya. Sungguh sesuatu yang ‘wow’  mengetahui ada benteng terbesar di dunia, dan ada di Indonesia. Seharusnya tempat itu bisa dijangkau. Mungkin saya terlalu banyak menonton film-film kerajaan, sehingga membayangkan sebuah kastil di balik benteng besar dengan jembatan kayu sebagai pintu gerbangnya. Membayangkan saya berdiri di salah satu bastion sambil memandang pemandangan indah dari sana, semacam Rapunsel yang menjulurkan rambut panjangnya dari atas sebuah menara tinggi sambil dadah-dadah ke pangeran ganteng dan kuda putihnya di bawah sana (kebanyakan menghayal….hapus khayalan dan kembali fokus).

dsc05593

dsc05614

Benteng Keraton Buton tercatat sebagai benteng terbesar didunia dalam Guiness Book Of Record pada tahun 2006. Memiliki luas 23.375 ha dibagian dalamnya yang memisahkan keluarga kerajaan dengan rakyat di luarnya. Dikelilingi benteng batu selebar 2 m dan tinggi 4 meter sepanjang 2.7 km. Perlu meluangkan waktu yang cukup untuk mengelilingi benteng dan menikmati suasana  serta pemandangan indah dari atas bastion. Benteng Keraton Buton memiliki 16 bastion/baluara dan 12 gerbang/pintu. Makna jumlah 12 pintu diambil dari jumlah lubang yang terdapat pada tubuh manusia (lalu berhitung mulai dari hidung, telinga, mulut dll) Disetiap bastion dan pintu terdapat meriam untuk melindungi serangan dari luar. Total jumlah meriam diseluruh benteng adalah 52 buah.

Sejarahnya Benteng Keraton Buton bernama Gafurul Wadudu, berbentuk huruf Dhal (aksara arab) yang diambil dari huruf terakhir nama nabi Muhammad SAW. Inisiasi pembangunan benteng adalah Sultan Buton ke-3 La Sangaji pada abad ke-16. Disaat itu struktur benteng hanya berupa tumpukan batu saja, baru pada Sultan Buton ke-4 Dayanu Ikhwasanuddin struktur benteng dibuat secara permanen menggunakan kapur sebagai perekat. Saat itu benteng hanya berupa bastion-bastion berjumlah 16 buah yang tersebar di kota baubau. Pada masa sultan buton ke-6 memerintahkan prajurit dan rakyat untuk menghubungkan ke-16 bastion, dan Perdana Menteri yang membuat rancangan benteng berbentuk huruf Dhal.

dsc05627dsc05713

Kami memulai perjalanan mengitari benteng dari pintu gerbang utama, yang merupakan perlintasan yang cukup ramai yang terletak dibelakang masjid keraton Buton. Berjalan santai di sore hari mengelilingi benteng sebenarnya bukan rencana awal, karena seharusnya kami berjalan menuju pojokan simpang lima yang sebenarnya jaraknya tak sampai 500 m, tapi kami mengambil jalan yang salah, sehingga kami berjalan lebih dari 2 km.

dsc05681dsc05709

Beruntung kami memilih waktu berjalan sore hari, karena udara yang cukup sejuk terlindungi dari pepohonan yang cukup rimbun sepanjang jalan. Berjalan disisi tembok besar sambil sesekali menaiki bastion yang kokoh, dengan minor kerusakan. Tampak meriam yang masih berjaga ditempatnya, hanya beberapa yang terlihat terguling atau berpindah tempat (secara itu meriam beratnyaaaaa…….sekuat tenaga aja ga geser secuilpun). Sisi dalam tembok benteng sangat terawat rapi. Rumput-rumput terpotong dengan rapi dan hijau. Tampak beberapa makam dari pejabat-pejabat keraton dimakamkan di samping tembok benteng. Rumah-rumah yang berada dibagian dalam keraton masih dipertahankan berbentuk rumah panggung berbahan kayu atau bagian belakangnya saja yang ditembok.

dsc05707

Sesekali kami melongok dari puncak bastion untuk melihat pemandangan. Mulai dari awal berjalan kami mendapati pemandangan keseluruhan kota, semakin bergeser pemandangan berubah menjadi lembah-lembah dan diakhiri dengan pemandangan pantai. Tiap bastion memiliki ukuran dan bentuk berbeda. Ada yang bulat dan kotak.

Secara keseluruhan benteng keraton Buton masih dalam kondisi baik, dibandingkan dengan benteng-benteng yang pernah saya kunjungi di Maluku. Dan tak salah bila dinobatkan sebagai benteng terbesar didunia

Cerita lebih lengkap mengenai Benteng Keraton Buton :

http://2012-52080.blogspot.co.id/

 

.

dsc05641dsc05657dsc05691

IMG_20161115_170151.jpg

Iklan

3 pemikiran pada “Benteng Terbesar Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s