Wakatobi #2

IMG-20161113-WA0000.jpg

Bangun pagi yang kesiangan, kami mengira sudah kehilangan kesempatan untuk ‘dolphin show’ seperti yang tertuang dalam itenerary yang dibuatkan rachmat. Saat kami keluar kamar, matahari sudah bersinar benderang. Kami langsung sarapan tak ketika berjumpat rachmat, kami langsung diajak ke dermaga, katanya kapal yang akan mengantar kami melihat dolphin sudah menunggu. Ternyata bermain bersama dolphin masih bisa dilakukan walau hari sudah terang.

Dengan riang gembira kami menunggu kapal kayu merapat agar kami dapat menaikinya dengan aman. Dan karena terlalu riang, kami memilih duduk diatap, bermandikan sinar matahari yang kaya vitamin D di jam 8 pagi. Perlahan, kapal kayu kami meninggalkan dermaga dan berlayar menuju lautan lepas. Laut yang tenang membiru sunggu mempesona. Walau matahari jam 8 sudah sangat terik, tapi kami bertahan berpanas-panasan.

IMG-20161121-WA0033.jpg

Tak berapa lama berlayar, pemilik kapal terlihat melambatkan laju perahu. Pemilik kapal tampak memandang jauh dan mengarahkan kapal untuk berjalan pelan. Kami mengikuti arah pandangan si bapak, dan terlihat gerombolan lumba-lumba bergelombang di kejauhan. Jarak kami masih cukup jauh, tapi kami sudah girang bukan kepalang. Perlahan perahu kami menuju gerombolan lumba-lumba. Semakin dekat terlihat lebih dari 1 gerombolan yang tampak bermain di laut yang tenang pagi ini. Beberapa gerombolan lumba-lumba yang kami dekati menjauh begitu mendengar suara mesin kapal, hingga akhirnya pemilik perahu mematikan mesin persis didekat gerombolan lumba-lumba. Satu persatu lumba-lumba mendekati sisi kapal. Kami menjadi girang. Antara senang dan pengen poto itu lumba-lumba, karena kami terlalu bahagia dikerumunin lumba-lumba. Beberapa ekor lumba-lumba tampak timbul tenggelam persis disisi kapal, seakan bisa digapai. Pemilik kapal membiarkan kami hanyut dalam euforia bermain bersama lumba-lumba.

Bila tak mengingat jadwal kapal menuju pulau hoga jam 10, kami pasti ga kepingin pulang, karena lumba-lumba yang mengelilingi kamipun seakan ga mau bubar. Beruntung kami sudah packing barang kami, sehingga sekembalinya ke penginapan, tinggal angkut dan langsung menuju dermaga antar pulau.

Sebuah kapal speed berukuran kecil mengantar kami menuju pulau hoga, menempuh perjalanan sekitar satu jam saja. Disini kami berkenalan dengan Ibing, teman Rachmat yang katanya mau refreshing usai event besar ‘Festival Tomia’. Ibing ini PNS bagian pariwisata di kepulauan Wakatobi, kebayang betapa beruntung hidupnya bisa piknik sambil kerja….oiya Ibing hanya nama julukan, aslinya Wa Ode Hasbi….yang langsung bisa dikenali ‘kebangsawanannya’ dari gelar ‘ Wa Ode’ yang disandang. Betapa beruntungnya kami bisa berkawan dengan seorang bangsawan kerajaan Buton…dan ditanggapi dengan tertawa lepas oleh Ibing, biasa aja kaliiii…demikian ujarnya.

img_20161113_111311

Kami berlabuh di dermaga cinta… eh dermaga pulau Hoga, sementara kapal melanjutkan menuju pulau Kaledupa. Sebuah dermaga panjang dengan laut bening dibawahnya. Melihatnya kami sungguh tak sabar ingin nyebur bermain bersama ikan-ikan. Tapi kita harus bersabar, kami langsung menuju hoga diving resort. Sebuah resort yang asri dengan rumah-rumah kayunya yang sangat nyaman. Kamar yang nyaman adalah malapetaka ketika berlibur,karena sangat menggoda untuk leyeh2 santai di kasur, sementara di luar sana pemandangan sangat indah tidak boleh dilewatkan, sehingga dengan bersusah payah melawan godaan kasur, kami berhasil keluar dari kamar.berjalan santai menuju pantai. Kami memilih sebuah balebali nyaman untuk menikmati pantai yang jernih siang hari itu. Ketika kembali ke penginapan, ternyata makan siang sudah tersedia, dan yeeeiii….ikan segar tersedia dengan porsi besar (yang bikin aku dan fenti kuwalahan untuk menghabiskannya). Kami memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu sebelum snorkeling bersama ikan-ikan cantik di sekitaran pulau Hoga.

Awalnya saya mengira kita akan menggunakan kapal kayu untuk mencapai spot snorkeling, ternyata saya salah. Cukup dari dermaga saja turunnya. Maka dengan membawa perlengkapan perang kami untuk snorkeling kami berjalan santai menuju dermaga dan bersiap untuk snorkeling.

IMG_20161113_152745.jpg

Seperti yang saya harapkan, snorkeling di pulau-pulau cantik di Indonesia sungguh memuaskan. Baru saja mulai snorkeling sudah banyak biota laut yang saya temukan dan semua dalam keadaan sehat. Di ujung dermaga pulau hoga ini terdapat padang lamun dan ternyata disinilah tempat pelaksanaan upacara bendara di bawah laut yang pernah dilakukan oleh para pecinta bawah laut beberapa tahun lalu.

DSCN0539.JPG

Cukup lama saya snorkeling, seandainya awan hitam di atas pulau kaledupa tidak mendekat, pasti masih belum naik ke darat. Kembali ke dermaga bukan berarti sesi main selesai, karena kami membawa serta cemilan cepuluh cebelas, usai snorkeling dan masih dilanjut sesi poto-poto gembira. Nyemil sambil menikmati pemandangan adalah opsi paling pas. Sambil juga kami menunggu kedatangan kapal kayu yang akan membawa kami mengunjungi kampung bajo yang berada di seberang kami.

Tak perlu lama menunggu kedatangan kapal kayu dan kami pun sudah beranjak menuju kampung bajo sampela. Ceritanya bisa dibaca di sini.

Kami kembali ke hoga dive resort ketika langit menjelang gelap. Malam ini bulan terlihat sempurna, konon hari ini adalah supermoon dan kami beruntung menikmatinya di tempat istimewa. Usai mandi kami kembali ke ruang tengah untuk menikmati santap malam. Lagi-lagi ikan berukuran besar menanti disantap, luar biasa nikmatnya. Selesai makan yang kekenyangan kami melangkah menuju pantai, kita akan menikmati malam dengan menyaksikan langsung pertunjukan supermoon

IMG_20161113_180150.jpg

 

Iklan

2 pemikiran pada “Wakatobi #2

    1. karena jumpa lumba-lumba di alam bebas itu hanya untuk orang-orang yang beruntung om, dan yang kami temui ini ada ratusan lumba-lumba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s