Anak Bajo 

Dalam perjalanan-perjalanan saya ke pelosok cantik Indonesia,  saya selalu menyempatkan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal,  baik itu mamamama,  bapakbapak bahkan anakanak. 

Yang paling menarik itu saat berinteraksi dengan anakanak,  mereka selalu riang gembira dan penuh semangat. Anak-anak ini selalu punya rasa ingin tau dan berusaha kenal dengan orang asing yang tampak di tempat mereka. bahkan saat di dermaga,  biasanya mereka tak pelit untuk memberi atraksi gratis bagi kami,  dengan berlompatan gembira secara jungkir balik saking semangat karena kita photo. 

Kehidupan anak-anak yang jauh dari ibukota ini masih sangat alami,  mengingatkan saya akan masa kecil dulu.  Mereka belum terkontaminasi serunya permainan di gadget. bermain dengan apapun yang diberikan oleh alam,  atau bersepeda dari kampung ke kampung. 

Perjalanan terakhir yang saya kunjungi baru baru ini adalah desa-desa yang berdiri di atas atau tepi laut.  mereka biasa disebut masyarakat bajo. Masyarakat yang kehidupannya sangat dekat dengan laut. 

Anak-anak suku bajo terkenal dengan kehandalannya berenang, karena sudah menjadi bagian hidupnya begitu lahir langsung nyemplung ke air laut. 

 Saya berjumpa sekelompok anak perempuan yang tidak boleh kebanyakan berenang seperti anak lelaki, mereka tampak bermain pasir membuat kue dengan mencetak pasir bulat-bulat seperti kue nastar dan di sajikan dalam batok kelapa.  

Bahkan saya takjub ketika disapa seorang bocah perempuan yang banyak bertanya dan mengundang kami ke rumahnya (jadi ngerepotin, karena mamaknya jd menghidangkan kue buat kita). kami disuguhi hiburan juga karena si bocah bernama misbah dengan beraninya bernyanyi untuk kami. 

Dikesempatan lain,  ketika anak-anak berkumpul saat kami membagikan buku-buku layak baca,  mereka terlihat begiti semangat.  salah seorang teman kami bahkan meniru pertanyaan bapak presiden ‘sebutkan 3 nama ikan?’ dan berebutanlah anak-anak itu menjawab,  seru sekali. 

Kumpul sore bersama anak-anak bajo menjadi sore yang riang dan ramai.  selain anak-anak senang mendapatkan buku bacaan,  kamipun terhibur dengan tingkah polah mereka yang bersemangat dan lugu. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s